Selasa, 26 Juni 2018

INTERLAC PROBIOTICS - Tips Mengatasi Gangguan Saluran Cerna Pada Bayi dan Anak

Sabtu, 2 Juni 2018 kemarin Mamiyu dateng ke acara imbex Mommy n' Me di JCC. di Main stage nya ada acara talkshow dari Interlacprobiotics bersama Momblogger Community.


Dr. Maria Magdalena bilang, banyak banget penyebab gangguan saluran cerna. Mulai dari virus, bakteri, atau penurunan imunitas.

Qodratullah, ini juga kejadian deh sama Dede Nadine, 1 minggu sebelumnya Nadine diare! kalau di ingat lagi, makanan yang masuk, gak ada yang aneh-aneh loh. semua sudah aman karena masih homemade dan belum jajan yang aneh-aneh diluaran sana. Tapi kan gitu ya, di usianya yang baru 10 bulan ini, dia itu lagi gencar-gencarnya memasukan apa yang ada ke dalam mulutnya (fase oral) Apa lagi dia lagi seneng-senengnya explore keliling rumah dengan cara merangkak dan lagi belajar jalan juga. ada benda kecil aja dia lihat loh, lengah sebentar bisa langsung mendarat dimulut, entah kotoran entah mainan entah makanan yang tercecer dari kapan tau mami juga gak jelas >_<

berhari-hari diare plus muntah, bikin Dede lemes! makan masih mau, tapi gak bisa banyak. karena ketika mual langsung muntah. masih ingat, satu bungkus popok sekali pakai isi 34pcs bisa habis dalam waktu 2 hari. itu artinya dalam waktu satu hari dia bisa BAB lebih dari 15x. akibatnya berat badan langsung turun drastis, SATU SETENGAH KILO! nangis bombay loh Mamiyu.. naek stengah kilo aja rasanya susah banget, ini sekalinya turun langsung banyak banget kayak gini T_T

kalau Untuk Dede, Mamiyu kasih yang Drops ya. dosisnya 5 tetes sekali minum dalam satu hari. biasanya dia agak susah masuk obat2an, pasti langsung dilepeh. Tapi karena interlac ini bukan obat, dan plain (tanpa rasa) jadi mudah banget kasih ke Dedenya, aseli tanpa drama dan paksaan!



Alhamdulillah sekarang sih Dede udah sehat ya, udah gak diare lagi tapi masih rutin Mamiyu kasih interlac setiap harinya. karena dalam satu botol = 125 tetes, dan bisa untuk penggunaan selama 25 hari. Perlahan nafsu makan kembali normal. Berat badan kembali bertambah. Dan sudah ceriwis kembali. Gak rewel tentunya, riang gembira dan ngoceh tiada henti. Ma Syaa Allah ❤️

Enaknya interlac ini gak ada pantangannya ya, karena ini kan emang bukan obat. Tapi untuk yang drops ini, alangkah lebih baik jika langsung menggunakan sendok aja terus kasih ke anaknya. tanpa dicampur ke makanan atau minuman terlebih dahulu. Karena ini kan dosisnya emang gak banyak ya, cuma 5 tetes loh! kalau kata Bapak Moh. Nurhadi (Brand Manager Interlac) kalau dicampur ke makanan atau minuman, apa iya yang 5 tetes itu dijamin masuk semua? sayang aja kalau nyisa, jadi gak sesuai dengan dosis yang diajurkan dong, lagian gak ketauan juga kan seberapa banyak yang masuk kalau udah dicampur-campur gitu. iya juga sih.

Apa itu PROBIOTIK


PROBIOTIK : bakteri hidup yang dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO -2002)

PREBIOTIK : Makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contoh : oligosakarida/fructooligasaccharide (FOS)

Sinbiotik (Eubiotik) : kombinasi probiotik dan prebiotik

Bakteri baik (Friendly Bacteria) : Bakteri komensal. Memberikan manfaat kesehatan, menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikroorganisme berbahaya, serta dapat membantu proses pencernaan.

Bakteri patogen (Unfriendly bacteria) : menyebabkan kerusakan usus, menghasilkan toxin, beresiko menyebabkan efek karsinogenik dan menyebabkan sakit/gangguan saluran cerna.

Apakah probiotik obat? Bukan. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Probiotik adalah bakteri baik yang memegang peranan penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.

TENTANG INTERLAC


Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis (salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia)

Keamanan produk interlac ini sudah terjamin ya. Hingga akhir Febuari 2018, Interlac sudah teruji klinis pada lebih dari 15.500 pasien di 184 uji klinis. Interlac terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk : bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil, dan pasien dengan gangguan imun (seperti pasien HIV)

Probiotik Interlac, juga mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.

Profil keamanan dan manfaat interlac yang sudah terbukti klinis membuat interlac menjadi probiotik pilihan Dokter di lebih dari 90 negara, dan bahkan dipakai langsung di unit NICU Rumah Sakit untuk terapi bayi prematur.

Bayi yang terlahir secara normal, dalam ususnya mengandung bakteri baik dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang lahir melalui operasi sesar. Hal ini terjadi karena saat bayi melewati vagina Ibu, bayi tersebut terpapar bakteri baik yang tumbuh di area vagina ibu. So Moms, ini FAKTA ya BUKAN mitos.

Penemuan medis terbaru mengungkapkan bahwa bayi yang lahir dari operasi sesar lebih beresiko terkena alergi dan asma, dan ternyata pemberian probiotok dapat menurunkan risiko alergi pada bayi. Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun.

Sama seperti anak-anak Mamiyu, ketiganya sesar :D Khusus untuk Teteh Nadaa Bayi, lumayan direpotkan dengan berbagai macam alergi dan kolik. Setiap malam Nadaa selalu rewel. lagi tidur tiba-tiba kebangun dan nangis kenceng banget. Minum ASI pun banyak jedanya.. per lima menit sekali harus berhenti dan disendawakan terlebih dahulu, kalau gak bisa langsung muntah dia. Pernah ya, Mamiyu lupa makan makanan pencetus alerginya Nadaa, gak lama Nadaa minum ASI, badan dia langsung beruntusan merah-merah. sebegitu reaksionernya tubuh Nadaa. Kulit menjadi kering, berwarna kemerahan, pecah-pecah serta gatal.

Baca juga :


KOLIK INFANTIL


di Indonesia, pengertian mengenai kolik infantil masih sangat sedikit, padahal diketahui angka kejadiannya mencapai 40% bayi.

Kolik infantil atau kolik pada bayi biasanya terjadi pada bayi berusia 2 minggu sampai 4 bulan, kadang disebut juga sebagai sindrom 4 bulan.

Kolik infantil adalah keadaan dimana bayi terlihat rewel dan menangis berkepanjangan, sampai 3 jam atau lebih dalam satu hari. minimal 3 hari seminggu, dan berlangsung setidaknya dalam 1 minggu.

Gejala klinis utama berupa tangis keras yang berlebihan dan berlangsung terus-menerus. selama keluhan berlangsung, bayi terlihat kesakitan, rewel, menarik kedua tungkainya, muka menjadi merah, mengerutkan dahinya dan bising usus meningkat.

Gejala ini umumnya terjadi sore hingga tengah malam dan seringkali membuat orangtua sedih, kesal dan frustasi karena sulit dihentikan.

Ini bener kejadian sama Mamiyu, STRESS banget jadinya. setiap malam Nadaa bayi selalu rewel. sampai ada Tetangga yang nyaranin supaya Nadaa dibawa ke "orang pintar" katanya Nadaa itu kena sawan, terlebih Nadaa bayi itu kurus banget! BB nya sulit banget naik karena sering muntah dan waktu tidur dan istirahatnya dia gak berkualitas banget! :(

Langsung paham ketika ke Rumah Sakit, buang jauh-jauh soal MITOS & TAHAYUL. DSA menyarankan agar Nadaa diberi probiotik, INTERLAC ORAL DROPS. Untuk terapi dan pencegahan kolik, gunakan 1 x 5 tetes sehari selama 3-4 minggu.

Jadi penyebab kolik ini sendiri sebetulnya masih belum dapat dipastikan, riset menunjukan bahwa bayi yang terkena kolik mempunyai ganguan pencernaan. Probiotik interlac adalah satu-satunya jenis probiotik yang teruji klinis efektif mengatasi kolik pada bayi.

74% pengurangan waktu menangis setelah 1 minggu pemakaian.

95% bayi mengalami pengurangan waktu menangis yang signifikan setelah 1 bulan pemakaian.

100% tingkat kepuasan orangtua bayi setelah 3 minggu pemakaian.

Alhamdulillah setelah melakukan terapi pencegahan kolik, hidup kembali tertata. jadwal istirahat dan tidurnya Nadaa kembali normal. perlahan berat badannya bertambah. Selepas satu tahun alerginya mulai berkurang dan hilang. Bahkan sekarang ini dia sudah bisa konsumsi Susu sapi, coklat, keju dan sebagainya.

Nah, kalau untuk Zaki & Nadine alhamdulillah gak mengalami seperti Tetehnya itu ya.. aman banget, mereka bayi enak ngurusnya. kebangun malam cuma beberapa kali, itu pun karena haus ingin minum ASI, setelah kenyang kembali tidur, gak ada rewel dan nangis kenceng tanpa sebab macam Tetehnya waktu bayi.

Tapi Zaki & Nadine ini rentan banget sama diare. Untuk Zaki, dia itu kan seneng banget ya main diluar rumah. Mamiyu gak pernah larang untuk dia main kotor-kotoran. anak laki yekhan~ :p biar aja dia menyatu dengan alam. sering Mamiyu mergokin Zaki lagi makan daun! iye, dia metik daun dihalaman terus cepet aja gitu tau-tau itu daun mendarat di mulutnya. Tangan kotor tau-tau tanpa sadar emut-emut. belum lagi Zaki seneng banget main hujan-hujanan, kotor kan airnya itu. Hahaha. Mau gak mau ini mah Mamiyu kudu beri perlindungan lebih ya untuk saluran cernanya anak-anak.

Karena kan 80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna ya. Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri yang baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat. Cara mengatasinya dengan memberikan suplemen bakteri baik, yaitu probiotik.



Dari acara talkshow ini Mamiyu jadi lebih banyak tau soal interlac dan soal ganggguan saluran cerna yang lainnya. Dari pengalaman Teteh Nadaa bayi dulu, ya mikirnya interlac itu hanya untuk bayi. wah ternyata nambah wawasan banget deh ini, interlac  bisa digunakan dari bayi baru lahir hingga orang dewasa dan lansia sekalipun.


INTERLAC DROPS
Komposisi :
Tiap 5 tetes mengandung lactobacillus reuteri protectis
Kegunaan :
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan Interlac oral drops adalah satu-satunya probiotik dengan sediaan oral drops di Indonesia, yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun. Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi interlac oral drops sama sekali tidak mengandung laktosa, sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa
Aturan pakai :
5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran Dokter
Keterangan :
kocok dengan baik sebelum digunakan. Dianjurkan untuk menggunakan sendok. Rasa netral (plain) Untuk bayi dan anak-anak 0-3tahun

INTERLAC TABLET KUNYAH LEMON & STRAWBERRY
Komposisi :
Tiap tablet kunyah mengandung lactobacillus reuteri Protectis
Kegunaan :
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan pencernaan. Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi interlac chewable tablets tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa
Aturan pakai :
1 tablet kunyah, 1x sehari atau sesuai dengan anjuran Dokter
Keterangan :
Tablet kunyah memiliki dua rasa, yaitu lemon dan strawberry. Cocok untuk anak-anak usia 6-12 tahun

INTERLAC SACHET
Komposisi :
Tiap sachet mengandung lactobacillus reuteri Protectis
Kegunaan :
Suplemen untuk membantu memelihara kesehatan penceraan. Formulasi interlac sachet tidak mengandung lactosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa
Aturan pakai :
1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran Dokter
Keterangan :
Larutkan dalam sedikit air. Dianjurkan untuk menggunakan sendok. Rasa netral (plain) untuk bayi & anak 1-5tahun

Menurut Mamiyu, Interlac Probiotics ini salah satu barang WAJIB yang ada dirumah, buat kesehatan saluran cerna keluarga. Karena Interlac ini bukan obat yang dikonsumsi ketika kita sakit saja. Interlac bisa dikonsumsi kapanpun ya (dalam keadaan sakit maupun sehat) Karena kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, hygiene yang buruk, stress, diare, maupun pemakaian obat yang berlebihan. Bagaimana cara mengatasinya? Memberikan suplemen bakteri baik, yaitu Probiotik.

REKOMENDASI INTERLAC


Diare : 5 hari pemakaian
Konstipasi : 2 minggu pemakaian
Gumoh : 4 minggu pemakaian
Kolik : 3 minggu pemakaian
Imunitas : pemakaian jangka panjang

Bisa dibeli secara offline di Guardian, Baby shops, dan Viva Health. Untuk pembelian secara online bisa didapat di mothercare.co.id, JD.ID, dan Orami.

Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics 

48 komentar:

  1. Keren Interlace bisa dikonsumsi siapa saja. Harus punya persediaan nih di rumah. Siapa saja membutuhkan tinggal pakai deh. Bayi sampai lansia bisa, hemmm... Gak akan mubazir ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener teh, apa lg buat lansia.. konon sering banget bermasalah pencernaannya, kayak sembelit gitu..

      Hapus
  2. Kalau anak diare itu kasian yes,, rewel juga. Semoga anak kota sehat selalu ya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mba, aku aja kalau diare rasanya gak kuat lemes banget! apa lg anak2 ya.. Aamiin.. sehat2 selalu buat keluarga ya mbak ❤️

      Hapus
  3. wah kudu banget stock produk ini kalau begitu ya. kaya manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba, interlac ini kan emang bukan obat.. jd gak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu berhenti, karena emang gak ada efek samping juga kan

      Hapus
  4. Anak anak memang rawan masalah pencernaan karena memang lagi seneng seneng nya bereksplorasi sampai berkotor kotor ria, Interlac ini sepertinya wajib stok dirumah apalagi yang masih punya anak balita seperti saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, rawan diare banget deh anak-anak itu.. saranku sih wajib ya stok interlac dirumah

      Hapus
  5. Pasti senang ya Bun, setelah dede Nadine sakit diare langsung ketemu sama obat yang cocok dan menyembuhkan seperti Interlac ini. Sepertinya untuk keluarga yang punya balita wajib juga stock supplement ini di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Alhamdulillah Bun, dede udah sehat.. sedih rasanya kalau anak lagi sakit :(

      Hapus
  6. Interlac buat siapa saja ya, dari muda hingga tua. Fix, sedia buat dirumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang.. semoga sehat selalu ya keluarganya ❤️

      Hapus
  7. Duh gak tega ya mbak liat anak muntah2 gitu, apalagi kl sampai nurunin berat badan sedrastis gitu. Harus sedia stok Interlac mbak buat jaga2. Semoga anaknya sehat sellu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener.. susah payah naikin BB, sekalinya sakot langsung drastis gitu huhuhu..

      Hapus
  8. anak saya juga konsumsi interlac mbak, untuk menjaga kesehatan saluran cernanya..dulu waktu bayi pakai yg vrian tetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaiy! sama kalau gitu.. sehat selalu ya mbak buat anaknya

      Hapus
  9. Duh interlac andalan aku banget, cocok banget saat anak-aak diare, padahal bukan obat melainkan suplemen tambahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, interlac ini bukan obat sebenernya..

      Hapus
  10. Pencernaan bayi masih sensitif dan penyakit saluran cerna juga macem macem. perlu ada yang menjaga keseimbangan bakteri jahat dalam saluran cerna bayi. Ibu merasa aman dan wajib menyediakan dirumah ya moms. mencegah lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, sedia interlac dirumah untuk menjaga kesehatan pencernaan keluarga :D

      Hapus
  11. Saya tahu produk ini awalnya dari mertua saya yg seorang bidan. Beliau dapat samplenya lumayan banyak, saya coba ke anak baik hasilnya. Pupnya jadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enak banget mbak punya Mertua Bidan :D jadi gak bingung ya untuk konsultasi ke anak, gak jauh2 jadinya..

      Hapus
  12. Interlac ini manfaatnya bagus ya buat pencernaan anak.. udah gitu bentuknya macem2 lagi.. ada yg drops, sachet, tablet.. hebatnya lagi, semua usia dari anak kecil sampai lansia bisa ngerasain manfaatnya.. sangat recommended 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,bener banget.. bisa untuk segala usia :D

      Hapus
  13. Wah aku mau ini beli interlac. Kebetulan anak aku yang satu sudah hampir 3 tahun, dan yang kecil masih 8 bulan. Cocok bangey buat nyetok dirumah dan dipake harian. Thank you kak reviewnya. Pas banget aku lagi butuh asupan vitamin buat anak akunih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sehat selalu ya mbak buat anak anak nya.. :D

      Hapus
  14. Interlac drop ni andalan anakku pas bayi juga, Bun. Soalnya dulu sering sembelit dan dsa-nya ngeresepin pakai ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok juga ya mbak? alhamdulillah.. interlac banyak direkomendasikan Dokter juga kok

      Hapus
  15. Oh interlac ini buat obat saluran pencernaan ya. Waktu lebaran kemarin anak saya kena diare. Karena ga tahu obatnya langsung dibawa ke dokter aja ama saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bun, semoga cocok ya buat anak-anak.. tapi interlac ini bukan obat ya, jd walaupun lg gak sakit bisa terus dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas anak ya :D

      Hapus
  16. Waktu anak pertamku juga ngalamin kolik mamiyu. Tapi sayangnya belum kena interlac da dokternya jga nggak ngasih rese itu. Sekarang sih bsa beli di drugstore terdekat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai umur berapa moms koliknya? aku gak sanggup banget waktu itu, udah mana masih nyeri kan jahitan ditambah anak rewel terus sepanjang hari hihihi

      Hapus
    2. Wah..aku lupa deh sampe usia berapa waktu abang Gie. Pokoknya hampir tiap malam sampai usia sebulanan kalau ga salah. Capek banget deh waktu itu

      Hapus
  17. Tersedia dua pilihan sachet dan tablet kunyah. Perlu juga nih buat tiga Ponakan, persiapan di rumah dengan Interlac ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tiga jenis mbak.. drops (tetes) sachet (serbuk) dan tablet (kunyah) rasa strawberry dan lemon..

      Hapus
  18. Aku baru tahu tentang Kolik ini. Duh suka sebal ya kalo ada yang nyuruh ke orang pintar gitu, lebih baik bawa langsung ke DSA aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener.. waktu itu aku juga sebel banget rasanya! masa disuruh ke orang pinter, bukan ke RS hihihi.. ada ada aja yah

      Hapus
  19. iya mbakk kasihan banget itu anak-anak kalo kena masalah pencernaan.. liat tetangga klo pup bisa nangis ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ponakan aku juga ada yang kayak gini mbak.. gak pernah makan sayur dan buah dah gitu susu bubuknya bisa berbotol-botol perharinya.. tiap bab sering banget nangis :(

      Hapus
  20. Anak aku juga pernah kena diare, sedih banget ngelihatnya. Alhamdulillah ga berlangsung lama, hanya diberikan oralit dan zinc. Baru tau kalo ada obat ini jadi pengen sedia di tas untuk jaga-jaga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, tp interlac gak hanya digunakan ketika sakit ya mbak.. bisa juga ketika sehat buat imunitas, biar kesehatan pencernaan lebih terjaga :D

      Hapus
  21. Aman ya mba klo dkonsumsi rutin seperti vitamin

    BalasHapus
  22. aku juga suka banget sama produknya Interbat. Sudah hampir setahun ini menggunakan Interlac untuk si kecil dan anggota keluarga lainnya.

    BalasHapus
  23. Wah, baru tahu. Harus sedia nih jika perut anak sering mengalami gangguan dan bikin reweel banget yam thx buat sharingnya

    BalasHapus
  24. Wah, makasih infonya mba. Bisa buat dewasa lagi, secara saya entah kenapa sensitif banget perutnya. Kalo kurang bersih atau salah makan bisa langsung mules. hehe.

    BalasHapus
  25. Interlac memang cocok banget buat anak-anak ya mba. Anakku kemarin pup nya hampir kehitaman bikin aku resah, aku coba kasih interlac keesokkannya warna pup nya sudah kuning cerah mba.

    BalasHapus
  26. produknya masih belum terlalu booming dipasaran..
    but, kandungannya yang bagus bagi pencernaan..

    BalasHapus
  27. Baru paham mbak soal imun tubuh itu 80 persen di saluran pencernaan ya, trims

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih