Senin, 04 Juni 2018

Parasetamol Sebagai Pertolongan Pertama Ketika Anak Demam

Salah satu obat penurun panas atau antipiretik yang WAJIB ada dirumah yaitu parasetamol atau asetaminofen. Gak hanya untuk anak, dewasa juga bisa menggunakannya. Tapi disini Mamiyu mau bahas tentang parasetamol buat anaknya aja ya..

Nah, Parasetamol dan Termometer ini juga jangan sampai ketinggalan ya ketika kita hendak mudik nanti. Biar kita gak bingung dan panik ketika didalam perjalanan anak mendadak demam. Bisa dibilang parasetamol ini sebagai pertolongan pertama ketika anak demam.



Adakah disini yang anaknya gak pernah mengalami demam? agak mustahil kayaknya ya.. anak lagi tumbuh gigi aja suka demam kan ya. Tapi apakah semua orangtua tahu cara pakainya?  Mengingat parasetamol ini merupakan obat yang bisa dijual bebas dan kita dapat membelinya tanpa membutuhkan resep Dokter. kayaknya cukup ya dengan membaca petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan karton atau botol kaca/plastik! iya gak sih?

Mungkin bagi sebagian Orangtua yang dapat dengan mudah menuju akses RS atau DSA sih sebenernya gak masalah ya, tinggal terima beres aja semuanya. dapat resep dari Dokter, pas tebus obat, Apotekernya langsung kasih tau berapa dosis parasetamolnya sekali minum.

Tapi kalau kayak Mamiyu nih, yang sering terkendala waktu macam orang super sibuk! sering bingung mau ke RS sama siapa, apa lagi kalau bukan hari libur.. dirumah cuma Mamiyu beserta tiga anak balita. jadinya ya kalau demam ringan tanpa menimbulkan kecurigaan penyakit aneh-aneh yang lainnya, Mamiyu lebih baik tetap dirumah aja, gak terburu-buru langsung pergi ke RS.

Biasanya, didalam kemasan parasetamol suka ada selembar kertas gitu kan? kurang lebih berisi petunjuk singkat pemakaiannya.
Di bawah 2 tahun : gunakan parasetamol drops
2-6 tahun : gunakan parasetamol syrup
Di atas 6 tahun : gunakan parasetamol forte

Nah, ini Mamiyu dapet rumus cara menghitung dosis parasetamol dari Dokter Apin ya. Makasii ya Dokter Anak andalanque! ❤️ Menurut Dokter Apin, Ada tiga hal yang harus dipahami semua orangtua sebelum menggunakan parasetamol.
1. Kemasan obat mencantumkan sediaan parasetamol cair dalam bentuk mililiter (ml), bukan miligram (mg)! Padahal dosis obat ditentukan berdasarkan miligram per kilogram berat badan anak, bukan mililiter per kilogram BB. Berapa dosis parasetamol? Ya, 10-15 mg/kg BB.
2. Kemasan obat memberikan aturan pakai berdasarkan usia, bukan berat badan (BB)! Apabila anda punya beberapa merek dagang parasetamol, baca baik-baik semua cara pakainya. Adakan yang memberikan informasi berdasarkan BB? Hmm, sepanjang pengamatan Saya : Tidak ada. Yang ada adalah : (contoh) usia < 1 tahun sekian ml, lalu 1-3 tahun sekian ml, dan > 3 tahun sekian ml. Mungkinkan seorang anak yang berusia 1 tahun ada yang BB-nya 6kg dan ada yang 10kg, bahkan 15kg? Apakah bisa disamakan dosisnya dalam ml?
3. Petunjuk yang saya jelaskan diatas "mematok" sediaan drops adalah untuk usia sekian, sirup sekian, dan forte sekian. Bolehkah kita sebagai orang dewasa minum parasetamol sirup, bahkan drops? atau bayi berusia 4 bulan minum parasetamol sirup? bisa saja! asal sesuai dengan takarannya.

Singkatnya, dosis parasetamol disesuaikan dengan berat badan anak! bukan berdasarkan umur.. cek gambar dibawah buat rumusnya ya..



ini Mamiyu kasih contoh hitungan untuk anak 10 bulan dengan Berat Badan 8kg dan menggunakan parasetamol drops (duh mungil banget yah dia) *skip


dan yang ini contoh hitungan buat anak 4 tahun 5 bulan dengan BB 26kg yang menggunakan parasetamol sirup..




TAPI perlu diingat ya, demam itu harus di observasi juga pencetus utamanya apa. sekiranya demam gak juga reda setelah dikasih parasetamol selama 2-3hari, lebih baik langsung ke RS atau DSA ya.. soalnya rata-rata anak kecil itu kalau sakit pasti dikasih alarm demam terlebih dahulu.. yang penting kita sebagai Ibu jangan langsung panik! keep calm and perbanyak stok sabar.. biasanya kalau anak sakit rewelnya kebangetan.. belum lagi drama yang lainnya.. SEMANGAT yaa!

77 komentar:

  1. Kalau dirumah, paracetamol selalu disediakan ibu. Meskipun sebenarnya aku jarang meminumnya, tapi itu penting banget ada buat jaga-jaga. Soalnya, adekku juga sering demam karena kebanyakan minum es atau pengaruh cuaca. Nah, kalau datangnya demam pas malam hari, itu bener-bener buat kami sekeluarga kelimpungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sehat sehat selalu ya mbak buat keluarganya..

      Hapus
  2. Wah, jadi ingat pelajaran dari apoteker rs tempat saya bekerja nih, mbak.
    Alhamdulillah, kami jarang gunakan parasetamol. Tapi yg ini, perlu dicatat juga deh.

    Salam
    @nuzululpunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren.. mas nya Apoteker ya.. semoga sehat sehat selalu ya mas buat keluarganya..

      Hapus
  3. saya juga andalannya paracetamol kalau anak demam, makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga sehat2 selalu ya mba buat keluarganya..

      Hapus
  4. wah, baru tahu kalau tidak boleh sembarangan memilih dosis paracetamol, anggapan saya semakin tinggi dosisnya, semakin cepat menyembuhkan demam

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya saya juga seperti itu kalau buat diri sendiri.. tapi setelah dijelasin Dokter Apin, lebih baik sesuai takaran dosisnya aja deh..

      Hapus
  5. aku sudah coba tidak panik di saat anak sakit tapi pada kenyataan nya tetap panik dan malah suka mewek sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kudu setrong mbak, jangan tunjukin panik sama sedihnya didepan anak ya.. aku mah depan anak sok kuat.. padahal ya mewek juga sih, gak tegaaaaa.....

      Hapus
  6. saya baru tau, kalo urusan dosis obat memang ngga boleh sembarangan, dan kalo feeling saya udah ga enak biasanya anak saya bawa ke dokter supaya pengobatannya juga lebih tepat dan ngga over dosis. terima kasih infonya bermamnfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ngeri juga kalau sampai over dosis.. sehat sehat selalu ya buat mbak dan keluarga.. biaya RS mahal yaa.. huhuhu

      Hapus
  7. Wahh ilmu banget.. tenryata ada xara hitunh2nya.. tandain ah..

    Saya biasanya anak3 kalau masih cuma deman kecil dan panas dikasih paracetamol aja. Kalai ga sembuh dalam 3 hari baru kaish obat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, biasa banget kan anak kecil demam.. apapun jenia penyakitnya mesti diawali dengan demam..

      Hapus
  8. Ponakan saya kalau minum es suka demam dia. Jadinya selalu sedia obat penurun panas. Tapi kalau lihat ada rumus kimia gitu, jadi inget jaman sekolah, hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi.. sedikit kepake juga jadinya ya pelajaran hitung2an jaman sekolah.. biasa ngitung duit, kali ini ngitung dosis obat :D

      Hapus
  9. Wah penting nih. Bener banget Bun, bisa jadi usia sama tapi BBnya kan beda. Harus beda takaran dosisnya ya. TFS ya. Aku save beneran nih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. sebenernyabkhusus parasetamol ini dosisnya memang bukan dari umur tapi dari berat badan.. boleh kok kalau bingung sama rumusnya nanti aku bantu hitungin :D

      Hapus
  10. Aku juga yang selalu sedia paracetamol dirumah Mbak, biasanya kalau anak demam selain di kompres, aku kasih paracetamol.

    Wahh.. Noted niy Mba ilmu itung2an takaran pemberian obatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketiga anak aku pada susah deh kalau dikompres, pada gak mau gitu! >_< jadinya aku sibin aja atau suruh mereka berendam abis itu handukan sampai kering dan pakai baju, abis itu agak segeran jadinya walau masih demam juga sih hehehe

      Hapus
  11. Oooh ternyata kita sendiri bisa hitungin ya Mba berapa dosis obatnya buat anak-anak, saya baru tahu rumusnya seperti itu. Noted! Makasiih ilmunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan kalau kita ke Dokter pasti ditanya berat anaknya berapa, nah disitu Dokter sambil ngitung sambil nulis resep hehehe.. diinget aja waktu itu BB anaknya berapa, kalau masih sama ya pakai aja yang dari Dokter itu :D

      Hapus
  12. Wah komentar saya tidak masuk ya? Padahal kemarin sudah kasih komentar lho disini. Saya bilang ini ilmu baru secara sebagai orang awam saya gak pernah tahu tentang parasetamol sebelum nya. Apalagi aturan dosisnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh.. gak ada aku hapus sih mbak komentarnya, baru ini aja yang masuk :D semoga sehat2 selalu ya mbak buat keluarganya

      Hapus
  13. Dokter Apin dokter anakku saat masih tinggal di Pasar Minggu :D
    Alhamdulillah jarang minumin obat kalau gk perlu banget, biasanya lbh milih panasnya membunuh virusnya sendiri, trus demamnya turun sendiri, tapi tetep sih di rmh jaga2 sedia parcet :D TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa bener mbak, parasetamol buat jaga2 aja.. aku juga termasuk ibu yang kejam dan pelit.. anak2 gak langsung dikasih obat ketika demam, kecuali kalau udah 39derajat celcius dan anaknya terlihat lemes gak kuat hehehe.. soalnya anak pertamaku (dia paling jarang demam sebenernya) 39 lebih aja masih aktif :D

      Hapus
    2. Hehehe sama mbak. Cuma pas anakku yang pertama mulai sekolah dia kalau demam mulai agak lamaan. Bisa sampai 5 hari, akhirnya mau gak mau krn khawatir cek lab. Eh, hasilnya oke, pulang dr RS ya dia sembuh. Jd ortunya cuma disuruh "sedekah" ke dokter. ada sekitar 2x pernah gtu huhuhu

      Hapus
  14. Paracetamol ini memang membantu banget ya ringankan demam, panas. Aku juga pernah menggunakan untuk demam

    BalasHapus
    Balasan
    1. parasetamol bisa buat penahan rasa nyeri juga sih.. kayak sakit kepala, misalnya :D

      Hapus
  15. pernah tuh diajarin dokter, cara hitung dosis parasetamol. memang harus pas takarannya kalau ngk panas bisa ngk sembuh, atau ngk kelebihan obat dan itu tidak baik. memang anak-anak biasanya pernah demam, harus waspada dengan sedia parasetamol di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mbak.. kalau BBnya tetap, di ingat2 aja dosis yang dari dokter..

      Hapus
  16. Aku ikut yg tertera di kemasan. Eh , waktu usia Hamid 8 bulan..DSA malah ngasih ukuran 2 x dari yg tertera di kemasan. Karena gakwmpan dibawah..itu..mungkin patokan berat badan ya..bukan sekedar umur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mbak, BB Hamid diatas rata2 sepertinya.. kayak Nadaa tuh, rata2 seumuran dia BBnya dibawah 20kg, sedangkan dia udah 26kg hihihi.. jd kalau untuk parasetamol ini emang BB yg jadi patokan, bukan umur..

      Hapus
  17. Kalau kata dokter anak di tempat saya bekerja, untuk anak lebih baik pakai obat puyer daripada sirup agar dosisnya tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau tablet sulit mas buat anak2.. sedangkan puyer itu sudah dilarang penggunaannya bukan?

      Hapus
  18. karena banyak orang yang salah kaprah, panas dikit malah dikasih antibiotik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. batuk, pilek, demam sebenernya gak butuh obat.. apa lago antibiotik.. tp ada beberapa anak yg punya riwayat kejang karena demam, itu yg bahaya.. lebih baik sedia parasetamol buat jaga2

      Hapus
  19. Jangankan anak anak. Dewasa aepertiku juga pasti menyediakannya untuk ngebantu kalo lagi demam. Klo malem terutama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, kalau malem berasa banget gak nyaman kalau demam, mau tidur juga susah

      Hapus
  20. Ilmuku nambah lagi nih. Makasihninfonya mbak. Bisa di note dulu kalau nanti punya anak. Mudah2an anak-anak mamiyu sehat2 terus ya.

    BalasHapus
  21. Aku baru tahu mbak kalau paracetamol ada rumusnya, selama ini kalau keponakan atau keluarga panas langsung minum paracetamol padahal itu ketentuannya ya, noted banget infonya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita sehat2 selalu ya.. pokoknya diingat aja mbak, khusus parasetamol ini dosisnya disesuaikan dengan BB anak ya, bukan umur yang jadi patokan

      Hapus
  22. Anakku juga pakai parasetamol, anak balita mah udah umum klo suhu badan kadang naik turun, boleh nih d praktikin hitungan dosis ini, kayaknya mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh japri aku mbak kalau bingung dengan rumusnya, nanti aku bantu hitungkan.. tinggal di info aja BB anak, jenis parasetamolnya dan konversi kandungan obatnya berapa :D

      Hapus
  23. Wah, ilmu baru nih..secara selama ini ngandelin aturan pakai yg ada di kertas atau di kemasan obatnya. Ternyata ada rumusnya, jadi berdasar bb bukan umur ya Mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, khusus parasetamol ini memang berdasarkan berat badannya

      Hapus
  24. Aku juga kalo demam minum parasetamol, tapi baru tau ternyata kalo untuk anak sesuai dengan berat badan anak. Makasih infonya Mamiyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena BB anak itu kan beda2 ya.. kayak anak aku yg pertama, padahal baru 4tahunan tapi BBnya sama dengan sepupunya yang udah 10tahun :D

      Hapus
  25. Huhu aku sering banget kebingungan pasal dosis obat untuk anak terutama paracetamol ya mbak. Suka heboh tanya wag sana sini trus kadang ada jawaban bener ada juga yang emg dia hasil liat google. Thanks loh ini informasi nya bermanfaat sekali. Semoga anak-anak tumbuh sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. semoga kita sehat-sehat selalu ya mbak.. waktu berasa berhenti berputar kalau anak sakit, rumah berasa banget sepinya :D

      Hapus
  26. Pengetahuan jadi bertambah . Terima kasih atas ilmunya. Kalau mpo label petunjuk apotik jangan sampai kerobek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mpok, biar gak lupa jangan sampai disobek label obatnya :D

      Hapus
  27. Noted mamiyu, makasih yaa infonya. Btw berat nadine sama kaya si iyan, kalah ya iyan sama dd nadine

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu duluuuuu... hahaha! efek sakit diare kemaren, parah BBnya Nadine berkurang sampai 1.5kg :(

      Hapus
  28. Akupun dirumah selalu sedia parasetamol buat dua anak aku. Kira kiranya sakit ini pertolongan pertama sebelum ke dokter. Dan memang manjur banget ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apa lg kalau demam dateng pas tengah malam.. hujan pulak! hehehe..

      Hapus
  29. Anak ku kalo demam selalu menggunakan yg ditempel di jidat. Dibalurin minyak tawon dan bawang merah. Pertolongan pertama selalu dengan itu. Paling cemas minum obat. Khawatir ginjal dan organ tubuh lainnya. Oh ya apakah Paracetamol ini juga bisa menghilangkan sakit gigi untuk anak anak? Thanks for sharing mbak. Semoga anak anak dan keluarga sehat selalu dijaga Tuhan Yang Maha Esa. Aaaaaamiiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess.. yang seperti itu juga bisa banget dilakukan.. tp anak pertamaku sensitive kulitnya.. gak bisa dia dibalur pakai minyak tawon dan bawang merah :( parasetamol ini bisa juga sebagai obat penahan nyeri..

      Hapus
  30. sedih kalo liat anak panas apalagi dokter ngewarning sebisa mungkin naufal jangan smpe panas tinggi takut stepnya kambuh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, naufal ada riwayat kejang ya mbak? :( Ya Allah.. semoga naufal sehat2 selalu ya Nak.. jangan sampai panas tinggi Aamiin

      Hapus
  31. Simpen aah link mamiyu. Ini informatif banget. Kalau2 suatu saat nanti diperlukan. Daripada salah kasih dosis kan bahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuh.. ngeri kalau dosisnya berlebihan.. kalau kurang juga jd gak efektif kan..

      Hapus
  32. wah mbaknya pintar bgt ya. emg ya jadi ibu harus cerdas. ga bisa sembarangan kasih obat ke anak. pas bgt ini aku bacanya sblm punya anak, bs jadi pengetahuan dasar parenting. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aku juga dapet bocorannya dari Dokter Apin kok..

      Hapus
  33. Udah punya 2 anak eeh aku baru tau kalo kasih parasetamol itu ada rumusnya sendiri biar ga salah itung dan takarannya tepat. Makasih bnyk Mamiyu atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gpp mbak baru tau, kan nanti ada anak ketiga, ke empat dan ke lima hehehe..

      Hapus
  34. Paracetamol harus benar2 takaran itu ya mbak, kl nggak ya bisa bahaya juga apalagi buat anak2. Saya baru tahu ada hitungan takaran seperti ini, karena biasanya saya ikut anjuran dokter aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih jelas nya lagi sih ikut dosis dokter ya.. hehehe.. tapi khusus parasetamol ini yang kudu diingat, dosis disesuaikan berdasarkan berat badan anak ya

      Hapus
  35. saya juga selalu sedia parasetamol di rumah
    trauma banget anak pernah panas
    mau beli obat udah malam dan suami lagi dinas

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini nih, iya banget! kadang demam datengnya emang gak tau waktu hihihi..

      Hapus
  36. Aku simpen rumusnya ya mba. Kebetulan punya bayi dan selalu sedia paracetamol di rumah. Tapi ya gitu kadang ga ngerti sama takarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, silahkan.. semoga bermanfaat ya mbak.. pokoknya parasetamol ini dosisnya disesuaikan sama BB anak ya, bukan berdasarkan umur yang jadi patokan

      Hapus
  37. Aku selalu sedia paraceParac dirumah, tapi jarang dipake karena kalo panas gak pernah sampe diatas 39. Ilmunya aku save dulu sapa tau nanti bisa dipraktekin. Sejauh ini aku belum ada pengalaman soal penggunaan parasetamol soalnya. Punya mah punya sampe beberapa kali kadaluarsa. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip2 aku nih, beberapa kali kudu ganti parasetamol yang baru karena udah kadaluarsa hehehe

      Hapus
  38. Pemberian obatnya *wajib* menggunakan aturan yang tepat ya mak, biar anak optimal masa penyembuhannya dan tidak menjadi resistant terhadap obat.

    BalasHapus
  39. Aku save dulu nih infonya. Punya anak emang harus selalu sedia paracetamol di rumah, tp kadang bingung sama takarannya.

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih