Selasa, 29 November 2016

Operasi Caesar dengan BPJS di RS Anna Pekayon

Kali ini Mamiyu mau cerita soal pengalaman melahirkan di RS ANNA PEKAYON dengan menggunakan BPJS. kalau waktu lahiran anak pertama Mamiyu belum 'gape' banget deh soal BPJS, jadi lumayan pusing juga biayanya hahaha. nah, waktu itu Mamiyu bikin kartu BPJS lewat pengurus RT disini. Beliau yg urus, Mamiyu terima beres. biayanya kurleb 200rb sudah termasuk setoran awal bulanan yg kelas I. Faskes tingkat pertama nya di Puskesmas deket rumah sini, adanya didepan komplek, jalan kaki juga bisa. tempat Mamiyu biasa imunisasi dasar buat Teteh di Puskesmas, GRATIS tanpa dipungut biaya sepeserpun #EmakIrit

Singkat cerita, BPJS gak seburuk apa yg kita dengar kok! ini sih pengalaman Mamiyu ya, dialami sendiri. mudah dan bener2 gak ada perlakuan yg dibedakan karena kita pengguna BPJS. asalkan jalur yg kita gunakan sudah benar dan sesuai prosedur yg ada, pasti gak akan ada masalah dalam penggunaan BPJS ini.

lahiran Zaki ini kan ternyata lebih cepat dari perkiraan ya, karena KPD (Ketuban Pecah Dini) di usia kandungan 37-38minggu. penyebabnya kayaknya Mamiyu lelah dan kurang piknik *curcol  untungnya Mamiyu udah ngurus surat rujukan dari faskes I (yg biasanya berlaku maksimal sampai dengan 1 bulan, dan bisa diperpanjang masa berlakunya) buat lahiran di RS dan udah booking kamar juga buat rawat inapnya, jd Alhamdulillah gak pusing2 banget karena ada kejadian ini. pas tau ketuban pecah jam 3 dini hari, woles aja.. langsung telpon RS dan segera menuju RS.

Sampai RS langsung menuju IGD dan langsung diterima dan dilayani, tanpa harus deposit uang untuk jaminan, karena sebelumnya pas di tlp Papino langsung bilang, pakai BPJS. disitu ditanya2 sama Perawat, lalu di timbang, ukur suhu badan serta di tensi sama Bidan & diperiksa sama Dokter jaga. Papino yg urus2 registrasi. gak lama, Perawatnya konfirmasi ke Pemilik RS yg notabenne Obgyn yg nanganin Mamiyu, dan langsung masuk ke ruang observasi & ruang bersalin.

Gak taunya hari itu Dokter Yenni padat banget jadwal melahirkannya, ada kali 8 orang -_- dan Mamiyu orang ke-9 rupanya masih ada 2 orang lg yg masuk sesudahnya. disini nih yg lumayan nunggu lama di kamar observasi. padahal air ketuban terus2an rembes tp pembukaan gak nambah, cuma mentok di pembukaan 2 sampai 3. beberapa kali di ctg, gak ada kontraksi sama skali, Ade lg bobo kayaknya didalem. anteng banget.

sambil nunggu Dokter yg lg bantu lahiran pasien yg lain, Mamiyu di infus terus sambil dikasih cairan apa ya namanya, lupa juga, katanya sih untuk pematangan paru-paru bayi nya dan biar bayi gak kekurangan oksigen karena air ketuban udah banyak banget yg keluar.

singkat cerita, akhirnya Mamiyu masuk ke ruangan operasi, gak bisa lahiran normal, harus SC *lagi karena udah lebih dari 12 jam air ketuban terus2an keluar dan cuma mentok di pembukaan 3. Mamiyu udah lelah banget. ngantuk pulak. puasa pun, lama banget kan tuh.

ohya, kalau ada yg minat lahiran di RS ini, gak perlu bawa baju & perlengkapan bayi ya, palingan baju buat pulang aja. karena semuanya disini sudah disediakan. kendi yg buat taruh ari2 juga disediakan, palingan dirumah tinggal dicuci kembali aja biar lebih bersih ari2nya.


Perdana Ade Zaki mandi, habis mandi langsung difoto Papino


Mamiyu peserta BPJS Mandiri kelas I, di RS Anna ini kelas I nya sekamar berdua, ada TV & kamar mandi didalam. bisa rawat gabung dengan bayi, cocok buat Bu-Ibu yg ingin kasih ASIX ke bayi tercinta. tp mohon maaf waktu itu males banget buat foto2 kamarnya, hanya fokus buat foto bayinya aja hahaha.

tapi update dari saudara sepupu yg baru lahiran di RS ini waktu bulan Oktober 2016 kemarin, dia kelas II, katanya kalau kelas II gak bisa rawat gabung sama bayinya. jadi kalau pas mau nyusuin, Ibunya bisa ke kamar bayi buat nyusuin langsung atau kasih ASIP buat bayinya. mungkin karena diruangan rawat inap yg kelas II itu banyak orangnya, kalau bayi ikut rawat gabung juga, takut gak kondusif dan malah jd ganggu kali ya.


ruang bayi nya rame, penuh banget, apa lg kalau lg pada nangis, udah kayak paduan suara
*maaf kalau fotonya blur, yg moto Bokap, harap maklum aja ya ^_^

nah, kemarin itu Bayinya kan tidak didaftarkan dalam BPJS, jadi biaya rawat inap dan perawatan bayinya bayar sediri. dan ada beberapa obat (buat Mamiyu) yg harus ditebus diluar karena bukan generik dan tidak bisa masuk ke nota BPJS. total buat perawatan anaknya sekitar 2jt-an dan obat yg ditebus sendiri sekitar 500rb-an. jadi total duit yg keluar hanya 2.5jt-an tentunya lebih irit dari waktu Mamiyu lahiran Teteh Nadaa yg habis puluhan juta >_< Alhamdulillah pas keluar dari RS Papino udah gajian, pinter nih Ade cari tanggal lahirannya hahaha


salah satu souvenir dari RS, bentuknya hardcover

Surat rujukan yg dari faskes I masih bisa dipergunakan kembali buat kontrol jahitan Ibu satu minggu setelah lahiran, dan kalau anaknya sudah aktif status kepesertaan BPJSnya, kontrol kesehatan setelah lahiran di satu minggu pertama pun bisa dengan BPJS tanpa meminta rujukan di faskes I sebelumnya. jadi saran Mamiyu, ketika kita hamil dan sudah memasuki usia kandungan 8 bulan, gak ada salahnya langsung urus surat rujukan untuk lahiran di RS, lalu jangan lupa fotokopi ktp, buku nikah, kartu keluarga, dan kartu BPJS, sebisa mungkin jadi satu bundel/map. fotocopy yg banyak aja, biar gak bolak-balik.

RS ANNA PEKAYON
Jl. Raya Pekayon no.36 Jakasetia - Kota Bekasi
Telp. (021) 8243 2211 - Fax. (021) 82419079

Terima kasih buat Dr. Yenni SpOg, Dr. Teguh SpAn, Dr. Deni SpA dan Bidan Rina yg sudah membantu Mamiyu dalam melahirkan anak Sholeh kami, A. Zakaria Mustofa

20 komentar:

  1. Mamiyuuu, calon postingan evergreen nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dannnnn.... aku baru tau dong ternyata ada komentar Mami Gesi disini #Plak #KemaneAjeLu hahahaha.. :p

      Hapus
  2. Waaah BPJS tuh mempermudah banget ya mak.. Operasi SC aja cm keluar 2,5juta.. Murah banget itu mah itungannya dibanding biaya tanpa BPJS. Hehe. Makasi sharingnya ya Maaaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangettt... aku ngerasa kebantu banget deh sama program BPJS ini, huhuhu secara waktu lahiran anak pertama kan bayar sendiri :p makasii sudah mampir dan komen ya mom Dian ♥

      Hapus
  3. Anak ke 3 ku juga lahir an sc n pake BPJS, cuma sayangnya waktu itu kelas 1 BPJS ku penuh akhir nya turun kelas jadi kelas 2. Dan menang pelayanan nya bagus ga ngebedain antara yang pake bpjs sama yang ga pake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba.. bener banget, Alhamdulillah kemarin aku dapet RS yg pelayanannya gak ngebedain mana Pasien BPJS dan mana Pasien yg bayar pribadi. itu enak loh mba kalau kelas 1 penuh, bisa minta ke kelas 2, minimal kita gak keluar duit lg kan buat bayar selisihnya..

      Hapus
  4. Uo anna ( a.k.a dr yenny)/l emang padet dan kerja keras dari muda,terharu banget bacanya liat perjuangan brliau sampai sukses ..
    aku juga rencana lahiran sama budeku ini mbak.. dr anaknya dr julizir juga bukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaaa... jadi Dr Yenny ini Bude Mbak ya? hihihi.. ke-ibu-an dan ngemong banget ya Beliau ♥ aku kemaren SpA-nya sama Dr Deni mbak.. cewek, pakai kerudung (secara kalau Dokter Anak gak bisa milih ya kayaknya pas lahiran :D kapan HPL Mbak? semoga lancar ya proses melahirkannya

      Hapus
  5. Bu mau nanya juga aku ada rencana mau melahirkan sesar juga karna masalah mata minus udah sampe minus 10, di bilang si masi bisa aja normal tapi takut juga gak kuat matanya,, klo sesar gtu sakit nya memang masi terasa lamaaa ya bu atau sekrg udah gak berasa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik konsultasi ke Dokter Spesialis Mata dulu ya Mbak.. dulu awalnya aku kayak gitu waktu SC yg pertama.. karena yg di khawatirkan karena cara mengejan kita yg salah, jd urat retina akan putus dan (amit-amit) akan mengakibatkan kebutaan.. kalau nanti setelah di cek ternyata retina Mbak tebal, in shaa Allah bisa lahiran normal ya..

      Alhamdulillah saat ini masih belum ada keluhan, karena aku lg hamil anak ketiga, sejauh ini masih aman mbak kata Dokternya..

      cuma dulu awal2 melahirkan pas jahitan luar belum kering, luarrr biasa sakitnya ya sampai berbulan-bulan, apa lg kalau aktivitas banyak dan angkat2 barang, itu nyeri banget bekas jahitannya.. posisi menyusui pun jd serba salah, apa lg kalau duduk sambil mangku anak, aku lebih nyaman nyusui sambil tiduran miring, belakang badan aku ganjel guling 😁

      Hapus
  6. Bu mau nanya juga aku ada rencana mau melahirkan sesar juga karna masalah mata minus udah sampe minus 10, di bilang si masi bisa aja normal tapi takut juga gak kuat matanya,, klo sesar gtu sakit nya memang masi terasa lamaaa ya bu atau sekrg udah gak berasa ??

    BalasHapus
  7. Hi mom Salam kenal, periksa kehamilan dg dokter yenny habis brp tanpa bpjs ya? Oh Iya, faskes 1 nya di puskesmas pekayon kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk biaya non BPJS saya kurang tau ya mbak, tapi kayaknya sama aja deh kayak Dokter kandungan lainnya, biasanya yang ngebedain kan resep dokternya, obat/vitaminnya yang bikin mahal :D

      Hapus
    2. Makasih share nya mamiyu.. Skrg saya lagi di kasih oksigen krn hasil ctg baby kurang bagus tadi. Nanti dilihat lagi hasil ctg nya. Kalau bagus bisa di usahakan normal dulu dg induksi. Kalau ga bagus ya kemungkinan Cesar

      Hapus
    3. Mbakkk... HPL kapan? Apa sudah launching bayi nya? Aku udah lama banget gak ke RS Anna ini, jadi belum update lagi perkembangannya

      Hapus
  8. mamiyu, tanya dung, sebelum melahirkan dengan BPJS di RS Anna, apa sebelumnya harus pernah kontrol kehamilan di RS Anna pakai BPJS? kalau iya, pendaftaran pasien BPJS di RS Anna ribet gak sih? please advise

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu sih cuma satu kali kontrol di Anna dengan BPJS atas rujukan dari Puskesmas (biasanya kontrol rutin bulanan di Masmitra) gak ribet sih, asal surat-suratnya lengkap jadi gak mondar-mandir buat fotocopy.. cuma ya gitu, tau sendiri kan ya Dokter kandungan antrinya lamaaaa, ditambah pakai BPJS jadi tambah lama :D

      Hapus
    2. Saran kalau pakai bpjs, ambil antrian Saat locket di buka. Sekitar jam 5. Krn RS Anna skrg kan bukan lagi RSIA tp RSU. Jd nanti hbs ambil antrian langsung daftar deh buat ke policy kandungan. Trus pulang lagi. Balik pas jam dokternya praktek langsung deh ke poli kandungan

      Hapus
    3. mbak kira2 kalo persalinan normal bisa pake bpjs juga kan ya di RS Anna itu,
      tapi faskes 1 aku di bandung mbak

      Hapus
    4. Kalau normal sih seharusnya faskes 1 mbak. Tapi kalau keadaan urgent mungkin bisa, karena lokasi mbak tinggal sekarang kan jauh banget ya dari alamat faskes 1. Ada baiknya langsung ditanyakan aja mbak ke RS Anna nya. Semoga berkenan ya

      Hapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih