Rabu, 14 April 2021

Memilih Produk Berlogo Centang Hijau (Pilihan Lebih Sehat)

Selasa, 6 April 2021 yang lalu Mamiyu bersama Mom Blogger Community menghadiri Webinar yang diselenggarakan oleh Frisian Flag. Adapun tema dari webinar kali ini adalah, "Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan". Dimana pada kesempatan webinar kali ini hadir beberapa narasumber, antara lain :

☑️ Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM

☑️ Seala Septiani, S. Gz, M. Giz, Nutrisionis

☑️ Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia 


Jumat, 02 April 2021

3 Cara Untuk Pantau Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil

 Semenjak menjadi Ibu, rasanya apa - apa yang diutamakan selalu kebutuhan anak. Termasuk asupan dan nutrisi. Soalnya pernah punya pengalaman gak enak waktu Teteh Nadaa masih bayi. Teteh Nadaa sempat mengalami konstipasi. Konstipasi merupakan kondisi dimana anak mengalami kesulitan saat Buang Air Besar (BAB). Kasihan banget waktu itu setiap Teteh mau BAB pasti sampai ngeden yang mukanya sampai merah gitu, udah susah payah sampai nangis - nangis tapi gak keluar juga. Sedih banget kalau diinget lagi.


Jadi kan, Teteh Nadaa dulu tuh termasuk anak yang banyak tidur dan sedikit minum ASI, ditambah kolik juga. Kebayang kan Mom, gimana rewelnya itu anak? Setelah mulai MpASI deh tuh, mulai timbul gejala pencernaan seperti alergi & konstipasi.


Menurut Dokter Specialis Anak langganan kami, penyebab konstipasi bisa bermacam-macam, mulai dari kurang asupan serat, kurang minum air putih, jarang bergerak atau olahraga, dan juga mempunyai kebiasaan sering menahan buang air besar. Konstipasi (sembelit) sering terjadi karena pergerakan feses di saluran pencernaan terlalu lambat atau tidak bisa dikeluarkan secara efektif, sehingga menyebabkan feses menjadi keras dan kering. 


Yah, namanya juga anak pertama ya. Beneran Mamiyu jadikan pengalaman yang sangat berharga, dan gak mau terulang untuk ade-adenya. Termasuk Adik Zee, ini. Saat ini usianya sudah 2 tahun. Alhamdulillah diusianya yang sekarang ini, Adik Zee masih aman. Belum pernah mengalami konstipasi. Aduh, jangan sampai pokoknya.


Makanya Mamiyu selalu cek nih kondisi fesesnya Adik Zee. Biasanya kalau dia kayak lagi gak enak badan (sakit) dari aroma fesesnya aja udah langsung terlihat perbedaannya. Pokoknya makanan sehari-hari Ibu yang mempunyai anak lah ya, ngecek kondisi feses anaknya! Hehehe..


Tapi yang pasti sekarang ini Mamiyu udah gak perlu repot bolak-balik ke RS atau nge-WA suster buat konsultasi ke Dokter Specialis Anak, buat cek kondisi feses Adik Zee. Soalnya sekarang udah mudah dan praktis banget nih Moms, Mamiyu langsung bisa mengenali kondisi pencernaan Adik Zee melalui TUMMYPEDIA.


Sabtu, 27 Maret 2021

Tips Menjaga Imunitas Keluarga Bersama Imugard

Senin yang produktif. Senin, 22 Maret 2021 Yang lalu Mamiyu mengikuti webinar : "Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga" Bersama Imugard. Hari senin biasanya hari yang teramat sibuk buat Mamiyu. Tapi karena sekarang anak-anak juga masih Sekolah Online, jadi hari senin pun terasa seperti hari sabtu/minggu. Setiap hari rasanya gak masalah bangun siang. Hehehe..


Tapi yang namanya anak-anak, tetep aja dari pagi udah pada bangun dan langsung demo minta sarapan. Yes, Mamiyu memang selalu membiasakan anak-anak untuk segera sarapan, jangan sampai skip. Namanya sarapan gak perlu berat. Kayak waktu itu, Mamiyu hanya menyiapkan segelas susu, telur rebus dan beberapa sayuran + kentang yang kukus. Alhamdulillah hari minggu nya udah banyak stok di kulkas. Jadi seninnya sedikit lebih ringan karena tinggal masak nasi dan tumis sayuran. Lauknya tinggal keluarin dari kulkas dan dihangatkan, gak sampai satu jam, persiapan untuk makan siang sudah selesai.


Berhubung ada waktu luang lah, makanya Mamiyu bisa menyempatkan diri buat mengikuti webinar ini. Tema webinar kali ini lumayan menarik sih ya buat Mamiyu. Seorang Ibu merupakan penggerak roda keluarga dan rumah tangga. Peran seorang Ibu sangat vital dalam memelihara, merawat, membimbing, serta menjaga setiap anggota kelurganya. Terutama di situasi seperti pandemi sekarang ini. Mau gak mau, seorang Ibu harus mencari cara untuk meningkatkan imunitas keluarga supaya terhindari dari berbagai virus yang menyeramkan seperti Covid-19 ini.



Jumat, 26 Maret 2021

Rekomendasi Karbol Wangi Eucalyptus Yang Efektif Membunuh Kuman

Buat Mamiyu, rumah dengan banyak anak kecil itu gak perlu rapih sepanjang hari, namun wajib bersih dan terbebas kuman. Apa lagi di masa seperti ini ya, dimana Covid-19 masih aja belum hilang. Yang punya balita dan batita pasti udah gak heran kalau anak-anak nya lebih suka tiduran di lantai ketimbang di kasur. Belum lagi ketika lagi main, mereka paling suka guling-gulingan di lantai. Iya gak sih? Soalnya anak-anak Mamiyu kayak gitu semua.


Beberapa waktu lalu, ada temen yang ngajak ngobrol lewat whatsapp. Kurang lebih isinya kayak gini : 

"Vhaaaa.. seriusan lu empat anak, gak pake ART atau ada yang bantu-bantu buat beberes di rumah? Kok bisa sih!" 

Belum aja kan dia main ke rumah, liat secara langsung berantakannya ini rumah kayak apa. Mainan berserakan dimana-mana. Gak sekali dua kali, bahkan Mamiyu sering banget kalau lagi jalan nginjek mainan 😂


Gak apa lah, rumah berantakan, asal tetap bersih dan bebas kuman, iya gak? Gak kebayang kan, kalau kondisi lantainya kotor? Aduhhh... itu kotoran pasti pada nempel semua dibadan anaknya, iyuhhh!! Tapi tenang, Mamiyu udah punya solusi buat itu semua. Di rumah Mamiyu menggunakan SUPERSOL Karbol Wangi Eucalyptus, Pembersih Multifungsi yang efektif membunuh kuman.

Rabu, 24 Maret 2021

Ayo #SikatGigiSekarang! Untuk Senyum Sehat Keluarga Indonesia

Dalam rangka Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di tanggal 20 Maret 2021 kemaren, Mamiyu dan beberapa teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger turut hadir secara virtual di Webinar yang diselenggarakan oleh Pepsodent.


Di Event virtual kali ini, Pepsodent bekerjasama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengadakan talkshow di aplikasi Zoom yang menghadirkan beberapa narasumber yang mumpuni di bidangnya, yaitu ada :

* Ira Noviarti - Presiden Direktur PT. Unilever Indonesia, TBK
* Dr. Gerhard Seebergers - Presiden FDI World Dental Federation
* Drg. Oscar Primadi, Mph - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
* Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. - Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation
* Dr. Drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K). MM - Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia
* Duma Riris Silalahi - Celebrity Mom


Kamis, 18 Maret 2021

Review Mama's Choice Calming Tummy Oil

Dear, Mama..

Waktu tidur yang cukup, sangat berperan penting terhadap perkembangan kognitif bayi dan anak. Kemampuan kognitif ini yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, dan belajar bahasa. Jadi, jika memang bayi dianjurkan untuk banyak tidur, ya salah satu alasannya seperti itu ya. Selain dapat merangsang tumbuh kembang otak, hormon pertumbuhan pun dikeluarkan ketika bayi tidur.


Namun yang jadi masalah adalah ketika bayi tidur, namun tidurnya gak berkualitas. Anak jadi rewel dan sering nangis di sela-sela jam tidurnya. Dari pengalaman pada empat anak Mamiyu, kalau mereka tiba-tiba jadi sering rewel, nah Mamiyu langsung cek tuh kondisi perutnya. Biasanya kalau kayak gitu, perut kembung, perut masuk angin, atau kolik. Bisa jadi faktor utamanya karena masalah pencernaan. Ciri-cirinya perut gembung, ketika di tekan menjadi keras, dan kalau di tepuk dengan kedua jari suaranya nyaring (kayak penuh udara gitu).


Mamiyu tipe yang gak gampang kasih obat ke anak-anak. Apa lagi masalah obat tuh sering banget cocok-cocokan. Obat A cocok dipakai sama anak pertama, tapi belum tentu juga bisa cocok buat anak kedua. Begitu juga sebaliknya. Setelah keliling cari rekomendasi, ketemu lah sama Mama's Choice - Calming Tummy Oil.



Senin, 08 Maret 2021

Pentingnya Menjaga Mood Untuk Seorang Ibu Rumah Tangga

Beberapa kali seliweran berita tentang kekerasan yang terjadi di dalam rumah tangga. Pelakunya seorang Ibu, dan korbannya adalah anak kandungnya. Kadang Mamiyu sebenernya sering skip untuk membaca atau melihat videonya. NGERI BANGET!!! Sumpah gak tega, kalau diinget lagi jadi merinding.  Sebenernya yang kayak gitu gak bisa sepenuhnya disalahin sama pelaku juga sih. Pasti banyak faktor yang ada dibelakangnya. Tapi mamiyu juga enggak membenarkan perihal yang salah kayak gitu ya. Tidak boleh ditiru. Jangan sampai kita sampai seperti itu. Menurut Mamiyu, seorang Ibu WAJIB menjaga kesehatan mental (jiwa) dan kesehatan raganya. Seorang Ibu WAJIB bahagia dengan caranya masing-masing. Tentunya sangat dibutuhkan suport dari Suami yang paling utama. Kemudian keluarga besar. Jikalau Ibu bahagia, otomatis anak-anak pun akan menjadi sehat dan bahagia juga.


Beberapa gangguan mental yang kerap muncul tanpa kita sadari sebenernya sering banget terjadi. Misalnya mudah terbawa emosi, stress, cemas berlebihan, depresi, dan sebagainya. Kecemasan dan gangguan mental yang kemudian menimbulkan ketidakseimbangan otak, pada akhirnya akan menjadi gangguan psikis atau psikosomatik.


Menurut Wikipedia, Psikosomatik adalah sebuah cabang medis interdisipliner yang mengeksplorasi tentang hubungan sosial, psikologis, dan faktor kebiasaan fisik serta kualitas hidup antara manusia dan hewan. Ketika kita mengalami stess, tubuh menghasilkan kortisol dan adrenalin yang memicu radang. Lebih lanjut, gangguan psikosomatik juga memicu masalah fungsi organ tubuh. Mulai dari tekanan darah tinggi, gula darah melejit, gangguan pencernaan seperti maag dan lain lain.


Emang ngeri sih ya, kalau udah mental yang sakit. Makanya, sebisa mungkin Mamiyu selalu menyempatkan diri untuk "me-time". Apapun itu jenisnya. Gak harus mewah dan lama. Soalnya penting banget kan ya menjaga mood. Apa lagi buat Ibu Rumah Tangga seperti Mamiyu ini. Yang memiliki empat orang anak yang jarak umur antar anak masing-masing kurang dari dua tahun semua. Jujur aja nih ya, rasa jenuh dan kesal sewaktu-waktu bisa saja datang. Rumah gak pernah rapih, rumah selalu berisik, anak-anak sering banget rebutan mainan, anak-anak nangis silih bergantian atau bahkan ya nangisnya barengan. Wkwkwk. Buat temen-temen yang pernah main ke rumah Mamiyu pasti tau deh, gimana hebohnya rumah dari pagi sampai malam. 😀


Nah, ketika mood lagi gak bagus nih yang agak repot. Ngeri banget kalau Mamiyu sampai "bablas" melampiaskan ke anak-anak. Biasanya, untuk mengembalikan mood agar tetap bagus, Mamiyu perlu melakukan mood booster.