Minggu, 05 Agustus 2018

Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini bersama HALODOC

31 Juli 2018, Mamiyu dan Mom Blogger Community hadir di acara Talkshow Halodoc  dalam rangka memperingati hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli. Yang diadakan di Paradigma Cafe, Jakarta. Tema talkshownya yaitu "Tips Menjaga Psikis Anak Sejak Dini". Menarik banget ya pembahasannya.. Narasumbernya pun seorang Psikiater anak dan remaja di RSCM, Dr. Tjhin Wiguna Sp.KJ.

Mamiyu nyempil di belakang dan Nadine gak keliatan sama sekali *hahaha


Acara ini ditujukan untuk pasangan muda dan orangtua yang memiliki balita. Tujuan talkshow ini, agar orangtua bisa mendidik anaknya dengan cara yang lebih baik dan lebih sehat menurut anjuran Dokter. Halodoc mengajak para orangtua untuk lebih memperhatikan kesehatan anak. Penting bagi anak untuk tumbuh dengan baik agar bisa menjadi penerus bangsa yang sehat secara fisik dan mental dikemudian hari.

Mamiyu paling demen nih ikutan acara seminar atau talkshow yang kayak gini, ilmunya pasti berguna banget dikehidupan. Dan Alhamdulillah diacara ini diperbolehkan membawa anak. ❤️


Yakin deh, Semua orangtua pasti ingin anaknya tumbuh dengan baik kan ya (secara fisik maupun psikis/mental) tapi banyak yang terlalu fokus dengan perkembangan fisiknya saja, dan cenderung melewatkan perilaku dan psikis anak. Padahal pembentukan perilaku dan psikis anak adalah satu kesatuan sebagai pondasi anak untuk tumbuh di lingkungan sosialnya kelak. Untuk pertumbuhan fisik anak, bisa didukung dengan pemberian makanan sehat dan bergizi seimbang. kalau untuk kesehatan psikis anak gimana? susah ya kalau kita sebagai Orangtua gak mau caritahu, karena untuk menjadi Orangtua kan emang gak ada sekolah resminya ya. Salah satu caranya ya ikut seminar atau talkshow kayak gini nih..

Menurut Nana Nirmala, Offline Marketing Manager Halodoc, "Umumnya orangtua mendidik anak sesuai dengan norma dan budaya yang ada di masyarakat saat ini, tapi belum tentu itu hal yang dibenarkan secara medis. Apalagi sekarang zamannya sudah mulai berubah, anak sudah sangat aware dengan teknologi, jadi sebagai orangtua perlu arahan untuk mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman".

Nana Nirmala, Offline Marketing Manager Halodoc, dan MC

Dr. Tjhin Wiguna menyampaikan bahwa peran orangtua sangatlah penting dalam perkembangan karakter dan moral anak. Anak biasanya mencari panutan dalam membentuk bahasa, perilaku, dan sikap mereka. Sebagai orangtua, penting untuk memastikan bahwa bahasa, sikap, dan perilaku mereka menjadi panutan yang positif bagi anak.

Dr Tjhin Wiguna dan MC

Biar lebih jelas, Dr Tjhin Wiguna memberi sebuah tontonan film pendek yang beliau ambil dari youtube buat kita lihat. Children See, Children Do. Merinding Mamiyu liatnya! "Jika kita ingin tujuan kita tercapai dalam mendidik anak, pilih lingkungan yang mempunyai satu tujuan dengan kita" jadi Orangtua harus bersinergi dengan orang-orang terdekat yang juga turut serta mengasuk anak, termasuk Asisten Rumah Tangga juga loh ya.




Jangan heran kalau tiba-tiba anak jadi suka teriak-teriak, berkacalah pada diri sendiri. Kita gitu juga gak ya? atau lingkungan seperti itu juga gak ya? Makanya gak heran kalau ada anak yang memiliki hobby mengkoleksi barang-barang branded yang mahal-mahal. dari atas kepala hingga kaki, bisa geleng-geleng kepala ketika tau jumlah harganya berapa. Pepatah Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. itu benar adanya. ternyata ya emang orangtua nya juga seperti itu sih.

Singkatnya, jangan kasih pembenaran ke anak jika perbuatannya itu salah. Terlalu sering berkata, "gak apa kayak gitu, namanya juga anak kecil" wah.. BIG NO ya Moms.. Dr. Tjhin mengingatkan, hal yang paling penting adalah dengan fokus menjadi panutan yang baik dan positif bagi anak. Caranya :
* Sebagai orangtua kita harus bersikap dan berperilaku yang positif
* Beri contoh tentang kebaikan dan ingatkan ke anak jika anak berbuat kesalahan
* Tunjukkan pada anak bahwa orangtua mempunyai tujuan dan keinginan yang baik
* Sebisa mungkin hindari bersikap dan berperilaku negatif didepan anak
* Tunjukkan pada anak bahwa untuk mencapai sesuatu itu pasti ada prosesnya, tidak instant. Misalnya : kalau lapar, pasti kita makan kan? tapi gimana caranya? gak mungkin dong tiba-tiba aja gitu ada makanan didepan mata. Ajak anak kedapur untuk memasak bersama. Sambil dijelaskan, dengan kata dan kalimat yang lebih sederhana agar mudah dipahami anak.

Begitu juga dalam menentukan masa depan, kita pasti ya memiliki impian agar anaknya kelak akan menjadi apa dan seperti siapa. Misalnya Dr. Tjhin Wiguna nih, yang ingin anaknya jadi Dokter juga seperti Beliau. Ternyata cara Beliau untuk mendoktrin anaknya tuh lumayan unik loh! Anaknya diberi tontonan film tentang Ilmu kedokteran. Bacaan-bacaan tentang Dokter yang terkenal dan sukses. Tanpa disadari anak jadi terbiasa dengan pekerjaan Dokter kan? Boleh juga nih Dok, idenya.. Mamiyu mau coba juga ah buat anak-anak. Secara impian Mamiyu kala itu juga ingin jadi Dokter sebenarnya.. tapi karena gagal lulus ujian SMPB di Fakultas Kedokteran Universitas Negri, eh malah belok memilih Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Swasta yang ada di Jakarta Selatan! :D yah namanya juga ikhtiar ya.. mana tau anak-anak Mamiyu kelak salah satunya ada yang jadi Dokter, Aamiin..

Tentang Halodoc



Halodoc merupakan aplikasi kesehatan terpadu berbasis online yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya dalam memenuhi kebutuhan kesehatan bagi pengguna aplikasi Halodoc.

Aplikasi Halodoc dilengkapi dengan tiga fitur utama, yakni :

✔️ Apotek antar (Pharmacy Delivery)

layanan yang dapat membantu para pengguna dalam membeli suplemen, vitamin dan obat dengan Resep Dokter dengan cepat aman dan nyaman. Fitur layanan Apotek antar 24jam yang bebas biaya pengantaran.

Kebetulan beberapa hari yang lalu, Papa Mamiyu pernah menggunakan fitur Pharmacy Delivery ini. Jadi kan waktu itu Beliau kontrol rutin di RS Pelni Pertamburan, Jakarta. ketika sudah sampai rumah, Beliau di telpon sama pihak Rumah Sakit. Ternyata ada beberapa obat yang tertinggal. duh, mau balik lagi kesana lumayan jauh, makan banyak waktu dan pastinya capek banget kan ya, mana udah Kakek-kakek pulak! hihihi. Papa bilang, palingan diambil nanti saja pas jadual kontrol rutin berikutnya saja. Tapi masih lama, dan ternyata ada obat yang harus segera dikonsumsi. Akhirnya dapat solusi dari Rumah Sakit, katanya nanti diantar sama Gojek melalui aplikasi Halodoc hari ini juga, dan itu GRATIS. Alhamdulillah ya, jadi terbantu banget. Terima kasih Halodoc.



✔️ Hubungi Dokter

Layanan yang memfasilitasi para pengguna aplikasi untuk berinteraksi secara langsung dengan ribuan Dokter melalui voicecall, videocall atau chat. Aplikasi Halodoc memiliki tim medis mulai dari Dokter umum, Spesialis anak, Internis, hingga Spesialis mata yang online 24jam.


Gambar diatas adalah beberapa contoh Dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Ketika kita klik tulisan selengkapnya, profile Dokter akan terbuka. Beliau lulusan Universitas mana, dan tempat prakteknya pun terlihat. jadi jika merasa cocok dengan Dokternya, suatu saat kita bisa langsung datang ketempat praktek Dokter tersebut buat konsultasi secara langsung.

Untuk konsultasi dengan Dokter di aplikasi Halodoc ini, kita tinggal klik REQUEST, untuk yang ada tulisan BERITAHU SAAT TERSEDIA, itu berarti Dokternya lagi gak available ya.. Kita dapat waktu satu jam per sesi buat konsultasi dengan Dokternya.

✔️ Lab Service

Halodoc bekerjasama dengan Prodia dalam memberi kemudahan bagi pengguna aplikasi untuk melakukan pengecekan kesehatan dirumah maupun dikantor.

lengkap ya pilihannya banyak dan tertera harganya, kita tinggal klik PILIH

Cara Menggunakan Aplikasi Halodoc

1. Download aplikasi Halodoc di Appstore (IOS) atau Playstore (Android)
2. Registrasi menggunakan nomer telpon yang aktif, dan lengkapi data pribadi
3. Tambahkan anggota keluarga seperti suami, anak dan bahkan orangtua kita juga bisa
4. Pilih fitur yang dibutuhkan ; Pharmacy Delivery, Hubungi Dokter, dan Lab Service

Metode Pembayaran Halodoc

Pembayaran dapat melalui Creditcard, DOKU, ePay BRI, dan ATM transfer.
1. Klik fitur lainnya
2. Klik dompet
3. Klik saldo yang diinginkan
4. Klik isi saldo sekarang
5. Klik metode pembayaran
6. Ikuti instruksi pembayaran selanjutnya
7. Jika berhasil, maka saldo akan otomatis masuk dan siap digunakan

Artikel Kesehatan di Aplikasi Halodoc

Selain tiga fitur utama, Halodoc juga menyediakan ratusan artikel yang selalu update setiap harinya. Artikel ini tentunya berguna banget buat Mamiyu. Biar gak pusing sama artikel-artikel menyesatkan yang sumbernya gak jelas, ya mending baca artikel kesehatan di aplikasi Halodoc ini kan, sumbernya jelas dan terpercaya! Artikelnya banyak banget loh ini, komplit banget. Beauty, Sex, Diet, Kids, Fitness, Pregnancy, dan Food.

Nah, Aplikasi Halodoc ini cocok banget buat Ibu muda kayak Mamiyu ini ((( Ibu muda ))) hahaha.. gimana enggak? misal nih ya, anak sakit, terus langsung update di medsos.. Seketika langsung banyak komentar yang rata-rata isinya mendadak jadi "Dokter" semua.. kasih saran obat ini, obat itu, harus begini dan harus begitu.. iya kalau cocok, kalau malah jadi memperparah sakitnya anak gimana, hayooo? mending langsung konsultasi ke Dokternya aja kan.. Simplifying healthcare.



Instagram : @halodoc
Facebook : HalodocID
Twitter : @HaloDocID
Office : Mensa 2 building
Jl. HR. Rasuna Said Kav B-34, 4th floor,
Kuningan, Jakarta 12940 - Indonesia
www.halodoc.com

#HaloDocxMBC #PakeHaloDoc #HaloDocHariAnak

40 komentar:

  1. Setuju banget ini. Saya termasuk ibu yang nggak suka basa si atau jaim kasih tahu anak depan orang langsung kalau salah. Jadi kebiasaan lho enak anak tahu salah benar dari kecil. Bekal dia juga di pergaulannya kelak kan.

    BalasHapus
  2. Aplikasi Halodoc ini sangat membantu para orangtua untuk lebih care terhadap si buah hati. informasi dari macam artikel bisa mengedukasi orang tua dlm mendapingi anak.

    BalasHapus
  3. Asyik ya sekarang ada aplikasi halodoc membantu banget buat para mama muda seperti kami-kami ini :)

    BalasHapus
  4. Wah saya baru tahu nih aplikasi halodoc. Save dulu biar mudah bacanya lagi kalau sudah siap :)

    buat buibu di kampung macam saya, ini memudahkan dari pada konsultasi ke dokter yang jauh dan pastinya mahal

    BalasHapus
  5. Halodoc ada apotik antarnya? Wah kerrn deh fiturnya. Kepedulian halodoc untuk anak2 perlu diapresiasi nih. Setuju sama kalimat "anak melihat anak mencontoh"
    Jadi kudu hati bersikap pada anak2

    BalasHapus
  6. Halodoc ini sangat membantu para mommy muda dalam pola pengasuhan anak ya. Jadi orangtua kan belajarnya tiap saat, halodoc ini membuat mommy2 muda jadi bisa dapat info dan lebih banyak tau dalam mendampingi anaknya

    BalasHapus
  7. Jaman semakin canggih, apapun bisa dengan smartphone, contohnya hallodoc ini, bisa tanya jawab, bisa juga pembelian obat, keren deh...

    BalasHapus
  8. Bener bgt ni anak kebanyakan mencontoh perilaku orangtua. Jadi harus terus memperbaiki diri demi kebaikan anak2 kita. ❤

    BalasHapus
  9. Semakin mudah dan dekat dengan dokter mudah2an efek kedepannya penyakit apapun lebih mudah terdeteksi dan lebih banyak yang sehat aamiinn

    BalasHapus
  10. Enak ya mbak Hallodoc. Pengen tau tentang apapun dunia anak tinggal klik tanya di hallodoc. Mau beli obat jg bisa, gratis lagi ongkirnya.

    BalasHapus
  11. Orang tua memang jadi role model utk anak ya, oleh sebab itu sebagai orang tua kita harus jaga2 sikap. Untuk segala informasi kesehatan juga sudah ada banyak aplikasi yg bisa kita akses, salah satunya ya Halodoc ini.

    BalasHapus
  12. Anak sbg peniru yg ulung, anak jg sbg cerminan orangtuanya. Maka dr itu kita sbg orangtua harus serba hati2 dlm berkata maupun bertindak d dpn anak2... Self reminder banget ini

    BalasHapus
  13. Aplikasi HaloDoc memang memudahkan kita untuk mendapat pelayanan kesehatan tanpa harus antri di rumah sakit.

    Trims info'a Mamiyu*

    BalasHapus
  14. Mendidik anak harus pandai-pandai yah, apalagi zaman now yang boleh dikatakan anak-anaknya mulai kritis. Ini jadi bahan renungan dan pengingat untuk semua orang 👌

    BalasHapus
  15. Setuju dengan paparannya, anak lebih melihat contoh daripada mendengar nasehat, jadi kita harus benar2 berhati-hati dalam bersikap karena akan dicontoh oleh anak-anak kita :)

    BalasHapus
  16. Ternyata Halodoc tuh lengkap juga ya..senang nya, semuanya jadi dipermudah.
    Mamiyuuu beruntung banger bisa ikutan sharing session ini.
    Memang benar kalo kata pepatah yang bilang, buah ngga jauh dari pohon nya, begitu jaga anak kita. Kadang perilaku kita cepat sekali ditiru oleh anak kita.
    Mencoba memperbaiki diri agar anak-anak tumbuh dengan baik masa depan nya

    BalasHapus
  17. Lengkap banget ya aplikasi Halodoc, untuk acaranya bermanfaat banget dan friendly bawa anak plus pasangan ya

    BalasHapus
  18. Ga cuma ortu ya mba. Anak anak pun harus dijaga psikisnya. Bahkan bayi ya :D

    BalasHapus
  19. Bener ya anak itu lebih efektif kalau diberi contoh ketimbang dinasihati pake kata2, makanya duuh pr banget jangan bikin kelakuan yg aneh2 di depan anak. Btw halodoc ini berguna banget ya tinggal klak klik dapet seh info seputar kesehata.

    BalasHapus
  20. Iya mba menjaga psikis anak dari sejak dini ya. Agar kita selalu menjadi tempat ternyamannya anak kita ��

    BalasHapus
  21. Emang berasa banget ini keuntungan dari download aplikasi halodoc. Konsultasi sama dokter gak perlu dateng ke rumah sakit, tiap nemu keluhan,gak perlu dateng dan antri di rumah sakit. Tinggal chat aja lewat aplikasi halodoc.

    BalasHapus
  22. Ngomong-ngomong halodoc ini bisa diakses dibanyak kota kah? atau kota yang memiliki cabang prodia/

    BalasHapus
  23. Bener banget Mba, peran orang tua dan lingkungan sangat berpengaruh untuk kembang tumbuh anak. Boleh juga nih untuk unduh aplikasi Halodoc.

    BalasHapus
  24. Bagus banget temanya. Sayang banget enggak ikutan. Terima kasih sudah dirangkumin mbak.
    Memang sebagai ortu apa yg kita perbuat ditiru oleh anak, makanya kudu ati2 banget ya...

    BalasHapus
  25. Enaknya sekarang sudah ada layanan dokter online. Jadi disaat ada yang sakit ada pertolongan pertamanya. Trus kalau tebua obat ga oerlu jauh2 dateng. Mana skrg masih ada free ongkir ya. Seneng deh pake halo doc nih.

    BalasHapus
  26. Halodoc mang keren nih, jadi ga ribet n antri kalau perlu ke dokter atau beli obat, keren juga tema dan ilmunya, bermanfaat bnget

    BalasHapus
  27. sebagai ortu saya sejak lama sudah banyak membaca dan melihat tontonan tentang parenting
    kadang penerapannya tidak bisa optimal karena lingkungan tidak mendukung
    seperti suami atau keluarga besar khususnya nenek yang masih dengan pola asuh lama
    sehingga apa yang kita terapkan menjadi tidak sesuai
    tapi setidaknya memberikan contoh dan teladan yang baik dari sikap sehari hari bisa membentuk karakter anak

    BalasHapus
  28. Gak papa ya namanya jg anak kecil. Hihi. Ini kok aku banget. Emg kt sbg ortu hrs memberi contoh baik kpd si kecil ya. Boleh ni ah ikut unduh halo doc jg biar makin pinter pengetahuan psikis pd anak..

    BalasHapus
  29. bagus banget nih halodoc, tak perlu jauh-jauh ke dokter para orang tua jadi dapat banyak info perihal kesehatan

    BalasHapus
  30. Waaah ada layanan apotek antarnya. Kadang suka malas jalan klo pas vitaminnya krucils habis semua.

    BalasHapus
  31. Mau nyoba ah caranya untuk memotivasi anak sesuai profesi. Hehhee. Bener juga ya kalau kita ajarkan dan berikan info tentang profesi yang baik akan dipilih. Beneran deh ntar aku niru

    BalasHapus
  32. Menjaga kesehatan anak secara fisik dan mental memang penting banget ya, karena keduanya menjadi modal awal bagi masa depan anak. Semoga anak-anak kita selalu sehat ya.

    BalasHapus
  33. Bagus ya Halodoc. Sakit ringan ga perlu ke dokter nih. Mau ah coba unduh.

    BalasHapus
  34. Anakku yang pertama suka teriak-teriak nih. Kayaknya niru aku kalau manggil tukang bakso yang lewat rumah. Hal sesimple itu langsung terekam sama anak ya.

    BalasHapus
  35. Praktis bener Halodoc, tinggal klik saja bisa membantu kesehatan kita, mau obat , konsul dokter atau lab, ayo ajaaa

    BalasHapus
  36. Zaman akhirnya membawa kita sampai menemui kemudahan ini. Konsultasi masalah kesehatan hanya bermodal kuota dan smartphone. Fitur layanan penngiriman aja udah ada. Bagus ni buat mom atau pun yang masih single.

    BalasHapus
  37. Aku pernah nih pake Halodoc, pas banget Rio sakit dan ga bisa ke RS berdua aja.

    BalasHapus
  38. Halodoc ini lengkap banget ya Mba, aku baru tau deh. Langsung install ke smartphone dulu ah biar makin update dan ga ketinggalan info kesehatan ^^

    BalasHapus
  39. Aku udah pernah nonton videonya sebelum acara jadi pas di acara aku ga berani nonton lagi. Mbrebes mili :(( sediiiih banget lihat ilustrasi yang memang terjadi di dunia nyata.

    BalasHapus
  40. Artikelnya bermanfaat..
    Thanks infonya..

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih