Minggu, 29 Juli 2018

Berkenalan dengan Metode Montessori bersama Montessori Haus Asia


Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasarkan pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

Jadi sebenernya metode Montessori ini sudah ada lama banget ya.. Tapi jujur aja, Mamiyu BARU TAU ketika jaman Mamiyu punya akun Instagram.. Bermula dari anak baru satu, stalking informasi tentang Parenting, terus Teteh Nadaa mulai MPASI di tahun 2014. disitu sempet tuh ngikutin Montessori dan nerapin ke Teteh Nadaa. Bermodalkan nekad, tanya sana-sini dan kurang lebih seperti ini nih beberapa Montessori yang Mamiyu kasih ke Teteh Nadaa :




Begitu Mamiyu dapat kesempatan dari Mom Blogger Community untuk hadir di acara Nurture The Nature, Montessori Approach in Parenting Young Children #MontessoriMadeSimple pada tanggal 22 Juli 2018 di Gedung Multivision Tower Kuningan, Jakarta. Wuaaa EXCITED banget! kesempatan Emas kan, langsung dapet ilmu soal Montessori dari yang berkompeten di bidangnya, Montessori Haus Asia (www.montessorihausasia.com )


Mr Allan Ang, founder Montessori Haus Asia - Singapore

Miss Rosalyn, Founder Montessori Haus Asia - Indonesia

Begitu Mamiyu berdiri samping Miss Rosa, Dede langsung akrab dan minta gendong sama Miss Rosa ^_^ MAGIC!


Tentang Montessori Haus Asia


Montessori Haus Asia Singapore didirikan oleh Mr. Allan Ang untuk membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar Montessori. Didukung oleh yang terbaik dan profesional di Wilayah Asia Pasifik, kantor pusatnya berkantor di Singapura. Dan telah menjalin kemitraan strategis dengan Indonesia memiliki ahli Montessori dan Awal Tahun yang populer dan terkenal, Miss Rosalynn mendirikan PT Montessori Haus Asia Indonesia pada tahun 2017.

Montessori Haus Asia menyediakan layanan dengan cara terbaik, yaitu melalui :
1. Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas
2. Kerja tim adalah kunci pertumbuhan
3. Kerja keras adalah dasar kesuksesan
4. Inovasi dan kepemilikan individu didorong dan dihargai komitmen terhadap penelitian dan pengembangan
5. Kepuasan dan kesuksesan mitra sangat penting.


Tentang Montessori


Montessori mencakup LIMA area utama dalam proses pembelajaran, yaitu :
1. Practical life atau praktik kehidupan sehari-hari
2. Sensorial atau sensorik
3. Language atau kemampuan berbahasa
4. Maths atau kemampuan matematika
5. Cultural atau budaya

Mamiyu sempat bertanya ke Miss Rossa, "Anak cewek dan anak cowok itu sama atau beda pola pengajarannya? Soalnya yang udah-udah, kalau lagi main bareng nih, yang gak pernah bisa bertahan lama itu Abang Zack. Belum ada lima menit, SELESAI. Gak mau ngelanjutin dan pergi menjauh" ternyata perbedaan gender itu ya gak ngaruh. Yang benar adalah disesuaikan dengan usia anak. Teteh Nadaa saat ini usianya (4 tahun 7 bulan), Abang Zack (2 tahun 10 bulan) dan Dede Nadine (1 tahun) iya juga sih! Bisa jadi karena permainan itu terlalu sulit atau terlalu gampang jadi anak kurang tertarik. Teteh udah bisa menggunting mengikuti Pola, Abang belum bisa, apa lagi Dede. Teteh sudah paham konsep warna dan mengurutkan beberapa warna. Abang masih ketuker dalam penyebutan warna. Dan Dede belum ngerti sama sekali.

Didalam Montessori terdapat tahapan usia belajar anak, 0-6 tahun, 6-12 tahun, 12-18 tahun, dan 18-24 tahun. Dalam perjalanannya akan ada perubahan paradigma saat anak mengalami perubahan tahapan tersebut. Untuk itu Orangtua, terutama Ibu memiliki peranan penting dalam pola pengasuhan, sesuai dengan tahapannya. Miss Rossa pun menunjukan beberapa contoh permainan Puzzle sebagai perbandingan. ada yang potongan-potongan besar (cocok buat usia tiga tahun kebawah) dan untuk potongan-potongan yang lebih kecil, cocok buat anak lima tahun keatas. Jadi biar gak mubazir, mainan dibeli dengan harga yang mahal dan tetap dimainin sama anaknya, ya harus disesuaikan dengan umurnya ya Moms.

Bagaimana dan kapan anak-anak berkonsentrasi?
Jujur, ini yang masih jadi PR besar Mamiyu untuk Abang Zaki. Anak yang gampang bosan dengan sesuatu. gak sampai lima menit langsung udahan, pindah kemainan yang lainnya. begitu terus. Tapi kalau sudah fokus dengan yang dia suka, nah itu bakalan bisa anteng berlama-lama. Tapi gak banyak memang, hanya dengan mainan tertentu. Ternyata, anak-anak memang suka mengulang dalam melakukan kegiatan yang menarik perhatiannya. Anak dapat berkonsentrasi pada suatu kegiatan yang menarik perhatiannya.

Apa yang sebenarnya anak inginkan?
keadaan yang teratur dan jadwal yang jelas, khususnya anak usia dibawah 3.5tahun. Sama halnya ketika anak masih didalam kandungan. secara otomatis sudah mempunyai jadwal yang teratur. Bahkan ketika lahir pun sudah mempunyai jadwal rutin, kapan minum asi, kapan tidur, kapan bangun, kapan mandi, dan sebagainya. Jadi kita sebagai Orangtua wajib konsisten dalam menerapkan jadwal sehari-hari. Agar anak terbiasa dan memilih melakukan kegiatan hidup sehari-hari dengan tujuan tertentu dibanding bermain. Menggunakan alat-alat yang sebenarnya dibanding alat untuk mainan. ketika awal MPASI misalnya, semua peralatan digunakan dengan bahan yang aman (bukan pecah belah) secara bertahap bisa kita kenalkan dengan peralatan sehari-hari, barang yang sama seperti yang digunakan sama Ayah dan Ibunya.

Bagaimana cara anak belajar?
Dengan tidak perlu mendapatkan hukuman ataupun iming-iming hadiah. Alangkah lebih baik, anak diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya sendiri. Misal anak numpahin minuman, jangan langsung dimarahi ya Moms.. beritahu solusinya. diawal bisa kita kasih contoh, berikutnya biarkan anak sendiri yang melakukannya.. dia ambil lap dan membersihkan tumpahan air tersebut.

Montessori made simple! Padahal tanpa kita sadari sebenarnya kita sudah menerapkan metode montessori bersama anak dirumah. Point nomer satu, Practical life..


Permainan Angka 1-10



Material :
1 set kartu permainan 1-10
jepitan baju

Aktivitas :
1. Ajak anak untuk duduk bersama
2. Letakkan kartu di tumpuk didepan anak
3. Minta anak untuk mengambil satu dan berhitung objek gambar dikartu
4. Setelah itu minta anak untuk mengenali angka yang tertera satu persatu
5. Jepit di angka yang menurut anak adalah benar

Tujuan :
1. Mengulang perkenalan simbol 1-10
2. Mengulang menghitung 1-10
3. Mengasah motorik halus

Menanam Kacang Hijau



Material :
Cup plastik, kapas & kacang hijau secukupnya

Aktivitas :
1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan
2. Letakkan kapas pada dasar cup plastik
3. Berikan sedikit air
4. Tabur kacang hijau didalamnya
5. Letakkan di dekat jendela sehingga matahari dapat menyinarinya
6. Ajak anak untuk memperhatikan pertumbuhan kacang hijau dari hari ke hari

*Jabarkan dalam kata-kata yang sederhana. Ajak anak untuk terlibat dalam diskusi. Berikan waktu untuk anak-anak mengobservasi


Siklus Hidup Kacang Hijau



Aktivitas A
1. Berikan gambar kepada anak mengenai siklus hidup tumbuhan
2. Jelaskan bahwa siklus kehidupan dimulai dari biji
3. Biji yang ditanam didalam tanah, mendapatkan nutrisi dan sinar matahari, maka akan ada pertumbuhan
4. Tunjukan bagaimana pertumbuhan dimulai dari keluarnya calon akar, berakar, diikuti dengan keluarnya daun lembaga hingga menjadi tumbuhan dewasa
5. Jelaskan kepada anak bahwa kehidupan memerlukan air, udara, panas marahari dan bahan makanan supaya bisa bertumbuh
6. Pembahasan dilanjutkan dengan memberikan kartu siklus hidup

Aktivitas B
1. Berikan kepada anak, gambar siklus hidup tumbuhan
2. Minta anak menjelaskan sekali lagi proses siklus hidup tumbuhan
3. Berikan kartu dengan nama dan minta anak mengurutkannya
4. Bantu anak membaca kosa kata dibawah gambar
5. Berikan kepada anak, kartu tanpa nama untuk dicocokkan

Aktivitas C
Mewarnai siklus hidup kacang hijau

Aktivitas D
Membuat pengamatan siklus hidup kacang hijau

Tujuan :
1. Mengenal siklus kehidupan tanaman
2. Memahami bagaimana tumbuhan bertumbuh
3. Dapat mengurutkan siklus hidup tumbuhan
4. Memberikan kesempatan kepada anak untuk mempresentasikan
5. Menambah kosa kata

Ternyata belajar montessori itu menyenangkan ya. gak hanya anaknya aja yang happy, Ibu nya pun dijamin ikutan happy loh! karena bisa ikutan main bersama, mengabiskan waktu bersama dan menciptakan waktu yang berkualitas.

Bahkan enaknya lagi nih, untuk menerapkan ilmu Montessori itu sangat mudah, tidak memerlukan barang-barang khusus yang harga lumayan mahal. Gunakan saja benda-benda yang ada dirumah. Bahkan benda-benda yang keliatannya sudah tidak terpakai sekalipun sebenernya bisa loh digunakan sebagai media bermain.

Seperti kardus, plastik atau kotak susu yang biasanya langsung kita buang ketempat sampah. Sempet diledekin sama Papino, ini ngumpulin "barang bekas" buat apaan sih Mih? kayak Pemulung aja! hahaha.. Biarin deh diledekin kayak gitu, daripada isterinya minta duit terus buat ngebeliin mainan anak yang mahal-mahal, mending kayak gitu kan? :p

Awalnya emang agak ribet ya, harus siapin ini itu terlebih dahulu, setiap harinya. Tapi kalau sudah terbiasa akan lebih menyenangkan bahkan bisa membuat ketagihan loh! serius.. tiap hari anak bakalan tanya, "hari ini main apa Mih?" hahaha.. kalau udah mentok ide, kasih aja permainan yang sama seperti hari-hari sebelumnya. Tinggal kita improve aja cara bermainnya, suasana dah lokasi bermainnya, biar anak tidak bosan karena memainkan permainan yang sama.

Tentang Sponsor


→ INTERLAC PROBIOTIK



Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis (salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia)

Keamanan produk interlac ini sudah terjamin ya. Hingga akhir Febuari 2018, Interlac sudah teruji klinis pada lebih dari 15.500 pasien di 184 uji klinis. Interlac terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk : bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil, dan pasien dengan gangguan imun (seperti pasien HIV)

Probiotik Interlac, juga mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.

Yah, namanya juga anak-anak ya. disediakan tempat bermain yang bersih didalam rumah pun, mereka malah minta main didepan rumah. mau dikasih alas juga mereka gak mau. kayak yang didalam foto ini nih, Teteh Nadaa sama Abang Zack lagi main bareng Kakak Sepupunya. Mamiyu gak ada suruh mereka pose kayak gini, aseli lah.. gegulingan kayak gitu juga Mamiyu gak khawatir, karena Mamiyu udah kasih perlindungan lebih untuk pencernaan mereka. Sebelum main diluar, Mamiyu udah kasih interlac sachet satu bungkus/anak. Setelah main, tinggal mandiin deh! In Shaa Allah AMAN.

Karena kan 80% dari sistem imun kita terletak di saluran cerna ya. Saluran cerna yang sehat memiliki kandunhan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat. Cara mengatasinya dengan memberikan suplemen bakteri baik, yaitu probiotik.


Rekomendasi Interlac

Diare : 5 hari pemakaian
Konstipasi : 2 minggu pemakaian
Gumoh : 4 minggu pemakaian
Kolik : 3 minggu pemakaian
Imunitas : pemakaian jangka panjang

Bisa dibeli secara offline di Guardian, Baby shops, dan Viva Health. Untuk pembelian secara online bisa didapat di mothercare.co.id, JD.ID, dan Orami.

Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics 


→ AYAM GEPUK MPO ONENG


IG : @ayamgepukmpooneng

Penyelamat dikala lapar melanda banget ini sih. Kebetulan pas sampai lokasi udah laper dan masuk jam makan siang. Ihiy.. ternyata makannya pake ayam gepuk. Baru pertama kali coba, wah ayamnya empuk dan pedas sambalnya mantep banget! Ayam gepuk Mpo Oneng ini punya dua outlet ya. Kalau ternyata kejauhan lokasinya, bisa banget di order dengan aplikasi Go-Food.

Menunya juga ternyata ada banyak. Selain ada ayam gepuk, juga ada nasi kerucut, Dimsum, bakmie, Sate Meranggi, Rujak Cingur dan lain sebagainya. ahhh jadi ingin cobain menunya satu persatu. Kapan-kapan ah, minta anter Papino ke Tangerang makan ke salah satu outletnya bareng anak-anak.

Outlet 1
Bukit dago cluster pasadena blok.f8 no.12 Serpong

Outlet 2
Jl. kencana loka blok.j5 no.8 (waroeng hangout BSD)





→ GRANOLA HONEY CINNAMON

IG : @healthy.food.partner
Sepulang event bongkar-bongkar godiebag, dannn ternyata ada sebungkus granola honey cinnamon! ahahaha.. ini kok bisa ngepas banget sih? jadi tuh beberapa hari sebelumnya, Mamiyu emang sempet ngidam pengen ngemil kacang-kacangan sehat model granola ini ❤️

Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga biaa ditambahkan dengan minyak, dan madu sebagai penguat rasa. Yang Mamiyu dapet ini jenis Granola Honey Cinnamon ya. Isinya terdiri dari rolled oat, pumpkin seeds, sunflower seeds, cranberries, raisin, exta light olive oil, honey-dates, cinnamon, organic sea salt himalayan.

Kacang-kacangan dalam granola ini mengandung lemak sehat ya. Jadi makan granola ini aman kok buat Ibu menyusui, Ibu hamil dan anak-anak sekalipun. Bisa sebagai topping smothies atau langsung dimakan gitu aja sebagai camilan. enakkk! Mamiyu suka dan sudah habis. Next mau order ah, sekalian beli healthy food yang lainnya.

shopee.co.id/healthyfoodpartner

→ Aneka Makanan & Minuman lainnya


IG : @babahgemoek

IG : @toru.id

IG : @makkeik

Ohya, Jangan lupa follow Instagramnya Montessori Haus Asia ya. ( https://www.instagram.com/montessorihausasia/ ) Karena Setiap sore sekitar jam 5, Miss Rosa akan Live di instagram. Biasanya Miss Rosa akan kasih contoh-contoh permainan Montessori made simple, Montessori for everyone, yang dapat kita berikan ke anak (montessori bersama anak). dan kalau kita ngikutin pas jamnya, kita bisa langsung tanya-jawab sama beliau. ILMU BERMANFAAT loh ini. Semua tentang Montessori bakalan Miss Rosa bagikan buat kita semua secara GRATIS!

Jakarta Montessori

40 komentar:

  1. Memang 5 area Montessori ini seyogyanya orang tua memahami demi tumbuh kembang anak Dan masa depannya nanti.

    BalasHapus
  2. Tulisannya lengkap yaa, aku jadi lebih tau lagi nih apa yg ms.rosa omngin dan mr.angg kabarin meskipun pake BHS.inggris wkwkwkwkk... Bener, bener, bener banget metode ini selalu berhasil jika di sesuaikan dgn usianya juga. Dan cara kerja nya memang menyenangkan anakku juga suka. Tp kalo Poto yg iterlac itu lagi pada mainin trial box smpe ngedeng ya hehehe...

    BalasHapus
  3. Mamiyu ,mainan nanam toge bikin mpo senang karena unik cuma pakai kapas dibasahin dan kacang ijo, jadi toge. Pelajaran ini bisa jadi profesor pertanian

    BalasHapus
  4. Saya suka dengan metode montessori ini mba. Dan memang benar sekali semua pembelajaran anak itu harus pelan-pelan dan bertahap

    BalasHapus
  5. Makin tercerahkan setelah membaca banyak postingan terkait metode montessori ini. Thanks mom, infonya bermanfaat banget.

    BalasHapus
  6. Metode montessori ini banyak manfaatnya buat anak-anak yah.. Dan btw, goodiebag nya banyak juga Mamiyu, kirim napah buat saya, hahaha

    BalasHapus
  7. asik mbak pasti.. belajar dan bermain itu memang lebih seru.. terus selain itu anak juga lebih paham lagi. secara ngga langsung udah bisa berhitung dan baca. padahal cuma dari mainan begini

    BalasHapus
  8. Sikecil bertambah kreatif dan cerdas ya dengan metode ini

    BalasHapus
  9. Kartu itu bikin aku senyum2. Hihi. Ingat dulu pernah bikin ini trus dilaminating buat media pembelajaran anak TK di TK Mama. Montessori emg efektif ya, simple dan menyenangkan. :)

    BalasHapus
  10. Iya mbak, Montessori bikin anak dan ortu jd makin dekat ya? Trus masing2 punya peran aktif belajar, anak bertanya, ortu menjelaskan, begitu jg sebaliknya. Tapi ya gtu ya, butuh kesabaran khususnya ortunya spy kalau ngajarin anaknya jgn cepet pengen anaknya bisa ataupun mudah give up hehe :D

    BalasHapus
  11. Asyiikkk dipraktekin langsung. Paling wow itu saat belajar matematika, bisa gitu ya penjumlahan ribuan jadi sesuatu yang nyata dan dan mudah dipahami

    BalasHapus
  12. Yampun gemesh banget nyuapin minion! Mau bikin juga ah hihihi

    BalasHapus
  13. Waaahh sponsornya banyak ya mbak �� acaranya juga seru, ilmunya bisa langsung dipraktekan di rumah.

    BalasHapus
  14. Ide ide nya aku conteeek semuaaa karena butuh banget buat anak aku yang lagi golden age. Kirain bakal mahal banget makanya murung buat ikutan montessori, ternyata bisa dilakukan dirumah ya asal niat.

    BalasHapus
  15. Thank you mbaaa infonya. Aku coba ini ya buat referensi belajar di rumah sama anak hihihi

    BalasHapus
  16. Wah asyik ternyata ya, belajar dgn metode montessori. Anakku pasti suka, cuss ah..mau praktekin yang nanam kacang hijau..

    BalasHapus
  17. Siklus hidup kacang hijau ini saya baru pelajarin waktu SD dulu. Anak-anak sekarang hebat yaa bisa menyerap pelajaran lebih cepat ^^

    BalasHapus
  18. Metode baru ini ya mbak? Baru tau juga mengenai metode baru2 ini dari artikel teman.
    Jadi ingat pelajaran sekolah dulu, diminta bawa plastik gelas aqua, kacang ijo kira2 10 biji sama kapas.

    BalasHapus
  19. Marwah tuh beberapa bulan lalu dia lagi penasaran sama siklus hidup kacang hijau, sampai dirumah bikin 5 gitu diamati terus sampai bener - bener ada yang tumbuh

    BalasHapus
  20. Wah.. Kayaknya untuk metode montessori adalah metode yang paling menarik diterapkan sebagai metode mengajar anak-anak ya.
    Selain bisa menstimulasi anak jadi lebih kreatif dan aktif, metode ini juga gak bikin anak bosen saat belajar

    BalasHapus
  21. Akhirnya... saya menemukan ulasan yang lengkap tentang acara ini. Makasih banyak Mamiyu... Dari kemarin tiap kelar baca tulisan tentang Montessori HAUS Asia saya nggak kunjung ngerti perkara si matematika dan kacang ijonya gimana dan diapain. Hahaha...

    BalasHapus
  22. Anakku juga konsumsi interlac rasa stawberry. Mereka suka rasa dihisap-hisap

    BalasHapus
  23. seperti mamiyu, saya juga baru tau tentang metode montessori, menarik juga cara pengajarannya, edukatif tapi tetep fun

    BalasHapus
  24. Aku lagi banyak nerapin montessori terus nih mba buat dede zalwa
    Tp tiap hari juga cari bahan hehe

    BalasHapus
  25. Ikut acara begini banyak manfaatnya ya, buat bekal ilmu sebagai ortu mendidik anak

    BalasHapus
  26. Duh, jadi kepengen bisa metode Montessori ini. Pengen mraktekin ke anak-anak. Mereka pasti suka.

    BalasHapus
  27. Penuh kreativitas ya mba metode montessori ini cocok bnget buat kidos dan kita sbg ortu jadi lansung sku praktekan ini nice share bnget��

    BalasHapus
  28. Itu kecambahnya di rumah skrng tumbuh gede2 banget, sama anakku tiap hari dimainin diliat2in hehe.
    Ternyatab Montessori emang menuntut ortu buat belajar dan belajar ya, mencari bahan dan konsep yang tepat buat diransfer ke anak2 :D

    BalasHapus
  29. Ngga perlu mainan mahal ya mba dengan permainan sederhana juga bisa.. yang penting selalu distimulasi ya mba ada interakasi agar anak semakin paham, semangat Montessori dirumah!

    BalasHapus
  30. Asyik nih dari dulu nyari sekolah dgn metode ini..skrg mah anknya udah gede2..xixixi

    BalasHapus
  31. Saya baru tahu metode Montessori ini, bagus bangat untuk belajar baik orang tua juga anaknya karena bisa praktek langsung.

    BalasHapus
  32. metodenya cukup menarik juga ya... bisa jadi refrensi

    BalasHapus
  33. Metode dan konsep Montessori bagus banget, apalagi dengan mencakup lima area.

    BalasHapus
  34. Jadi kantornya di Singapura. Kalo ddi Indonesia kayaknya belum booming nian ya. Aku aja baru mulai tahu

    BalasHapus
  35. Bagus banget neh informasinya mba. Bisa buat referensi untuk metode dan konsep montessori anak.

    BalasHapus
  36. ah si baby yang anteng ya ikut mamanya kemana pun pergi, pasti jadi anak pinter, dari kecil udah ikut belajar sama mama ya sayang..

    BalasHapus
  37. Aku suka sama metode montessori ini soale anak-anak lebih have fun ga stres open book.

    BalasHapus
  38. impianku mau sekolahin anak2 montessori tapi sayang nya di Makassar belum ada sekolah montessori kalau belum masuk SD jadi preschoolnya gak ada. enak banget ya di sana lengkap , metodenya keren2 pula

    BalasHapus
  39. Senang ya dot ilmu. Zaman Saya blm bnyk info semacam ini

    BalasHapus
  40. Dirimu kan kreatif bgt pasti ilmu montesori kepake bgt ya di rumah

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih