Rabu, 29 Juni 2022

Amartha dan Perempuan Tangguh Indonesia

"Perempuan itu harus berpenghasilan, terutama setelah menjadi isteri dan ibu. Harus bisa lebih mandiri atau melek secara financial"

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Moms, kayaknya sering banget yah denger kalimat seperti di atas. Jadi perempuan harus bisa mandiri secara financial. Terutama ketika telah menjadi isteri dan ibu. Sebagai isteri dan ibu, Mamiyu selalu berusaha mengelola keuangan dengan baik dan bijak. Bisa dibilang, sejak awal menikah memang Mamiyu sudah berpenghasilan sendiri. Walau bukan untuk menopang kesejahteraan keluarga, tapi lebih untuk kebutuhan pribadi. Karena kan semua itu tanggung jawab Papino ya sebagai suami. Mamiyu tuh semacam yang gak mau ngerepotin Papino atau gak mau memotong uang belanja demi kepentingan pribadi. Yah walaupun sebenernya Mamiyu udah dapat jatah tersendiri ya dari Papino buat keperluan pribadi. Tapi rasanya tentu lebih nyaman lagi kalau berpenghasilan sendiri. Mau beli skincare atau baju atau tas atau bahkan sepatu, cusss langsung beli pake duit sendiri tanpa harus minta dulu ke Papino. Tapi yang udah-udah sih Mamiyu lebih sering belanja LM untuk investasi dan menyimpan sebagian uang untuk dana darurat. 


Nahh, Sabtu 25 Juni 2022 yang lalu Mamiyu menghadiri sebuah Event Blogger Gathering bersama Mom Blogger Community dan Amartha. Acara ini berlangsung di Harris Suite FX Sudirman. Dengan tema "Impact Investing and Investment Literacy". Hadir sebagai narasumber :

🌸 Anisa Aprilia - CFP (Certified Financial Planner) 

🌸 Rezky Warni - AVP Marketing Amarta




Bisa dibilang investasi punya peran yang cukup penting dalam pengelolaan kondisi finansial yang kuat. Tapi dalam berinvestasi pun kita harus lebih selektif ya Moms. Karena hingga detik ini, masih banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memasarkan berbagai jenis produk investasi bodong. Sasaran para oknum tersebut tentunya kepada orang-orang yang minim informasi tentang investasi.


Didalam kesempatan event ini, Mba Anisa Aprilia (Ica) menjelaskan tentang salah satu jenis investasi P2P (peer-to-peer) Lending Micro Finance Marketplace. Ibu-ibu pasti sudah akrab ya dengan Marketplace. Apa lagi kalau ada tanggal-tanggal kembar atau tanggal cantik. Mamiyu pasti bakalan pantengin banget tuh berbagai Marketplace buat check-out, karena biasanya banyak diskonan ataupun promo.


Microfinance Lending

Merupakan pendanaan atau pinjaman untuk usaha dalam skala mikro yang memiliki keterbatasan akses pendanaan pada lembaga keuangan formal. Dalam hal ini, investor yang memberikan pendanaan tidak semata-mata hanya mencari cuan atau keuntungan tapi juga memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan lingkungan. Untuk pendanaan usaha skala mikro, dapat dilakukan pada micro finance di marketplace.


Cukup menarik yah, karena biasanya kan namanya investasi yang utama cuan nya aja. Baru tau juga lho ini Mamiyu, ternyata berinvestasi bisa juga memberikan social impact, ya.. Kerennn! 




Tips Memilih Peminjaman Untuk Didanai Melalui Lending Marketplace

🌟 Memahami mekanisme credit scoring, pilih yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keluarga

🌟 Pelajari informasi peminjaman dan profil bisnis, buat SWOT analisis termasuk risiko pendanaan, bandingkan risiko dan imbal hasil atas peminjaman dengan grade yang sama

🌟 Pelajari track record pinjaman, apakah pancar atau tidak

🌟 Bagi pemula, dapat memilih peminjaman yang bisnisnya sudah lebih daripada 1 tahun

🌟 Pilih manfaat pinjaman yang sesuai dengan preferensi bisnis 

🌟 Jika laporan keuangan tersedia, pelajari sales, laba, total uang dan lain-lain. Kemudian bandingkan rasio keuangan antara peminjam dengan grade yang sama


Tips Memilih Micro finance Marketplace Untuk Pendana

🌟 Terdaftar dan memiliki izin usaha OJK

🌟 TKB90 minta 90%

🌟 Transparansi mengenal sistem credit scoring, informasi peminjam, latar belakang, tujuan pinjaman dan lain-lain

🌟 Sesuaikan nominal investasi dengan jangka waktu dan profil risiko

🌟 Memilih Marketplace yang memiliki mitigasi risiko



Tips Memilih Micro finance Marketplace Untuk Peminjam

🌟 Terdaftar dan memiliki izin usaha OJK

🌟 Proses pinjaman, bunga, tenggat waktu, denda dan informasi lainnya disampaikan dengan jelas

🌟 Memiliki kontrak perjanjian

🌟 Memiliki CS  dan sistem yang transparan 

🌟 Tidak membebani dengan bunga tinggi (maksimal 0.4% perhari pernah Oktober 2021) 

🌟  Terdapat program pendukung lain


Nahh, ketika sudah dapat informasi banyak nih mengenai investasi atau pemodalan usaha. Pasti sering kan ada ucapan, "mau buka usaha apa ya bingung nih". Ya gak sih? Mamiyu pernah lho, buka usaha kuliner Kedai NZNZ. Sengaja dibuka waktu awal-awal pandemi. Secara Mamiyu kan anaknya emang petakilan banget yah. Gak bisa kalau setiap hari melakukan kerjaan yang monoton itu itu aja. Makanya juga jadi Blogger yang aktif mengikuti Event di luar rumah. Semenjak corona merebak, event-event offline pun berubah menjadi event online. Mentok-mentok seminar yang dilakukan hanya melalui zoom class atau live streaming di berbagai platform sosial media.


Kenapa bisa kepikiran buka usaha kuliner? Terinspirasi dari anak-anak Mamiyu yang ga bisa dibilang sedikit. 4 anak dan jarak umur antar anak kurang dari 2 tahun semua. Mereka pada doyan makan dan ngemil. Sehari gak kehitung berapa kali Mamiyu masak. Masak nasi di magicom aja sehari bisa 2x masak dan bahkan pernah sampai 3x masak nasi perhari. Menu-menu yang ada di Kedai NZNZ ya 11/12 lah dengan makanan yang biasa Mamiyu buat untuk anak-anak. Alhamdulillah lumayan rame, apa lagi ditambah jualan online juga di ojek online.


Tapi karena tiba-tiba Papa sakit stroke hingga lumpuh, akhirnya Mamiyu stop jualan di Kedai NZNZ. Merasa sayang banget sih berhenti gitu aja, tapi lebih kasihan lagi kalau Papa gak ada yg ngurus. Soalnya anak Papa cuma dua. Mamiyu & Adik Mamiyu yang tinggal di Bogor. Adik Mamiyu itu suaminya sebulan kerja, sebulan libur. Kerja nya ditengah laut Madura. Kayaknya agak gak mungkin ya untuk Papa sama dia, akhirnya Mamiyu lah yg urus Papa. Walau kesempatan itu hanya diberi selama satu tahun, karena ternyata Allah lebih sayang sama Papa, Papa meninggal 28 Mei 2022.


Tidak ada penyesalan sama sekali dengan keputusan yang sudah Mamiyu ambi. Walau dilubuk hati yang paling kecil, Mamiyu masih mau sama-sama Papa lagi. Tapi kenyataannya kan enggak ya, in shaa Allah kami sudah ikhlas sih dengan semua ini. Memang sudah jalan terbaik untuk Papa.


Selepas Papa meninggal, apa Mamiyu mau lanjut buka Kedai NZNZ lagi? Jujur aja sih belum kepikiran ya. Satu tahun vakum jualan rasanya pasti kikuk juga. Tapi mau banget sih punya penghasilan tambahan lagi selain kerjaan yang sekarang. Biasa ya Bund.. Manusia kayak gak ada puasanya! Hahaha.. 


Rezky Warni atau biasa yang dipanggil Tya, memperkenalkan sebuah aplikasi fintech yang bernama Amartha. Amartha merupakan platform layanan financia peer-to-peer (P2P), Lending berbasis online di Indonesia. Berdiri sejak 2010, Amartha telah terdaftar di OJK dan sudah memberikan pendanaan untuk UMKM yang berada disegala penjuru Indonesia. 




Tentang Amartha Micro finance Marketplace Fintech


Amartha merupakan pionir fintech (financial technology) peer-to-peer (P2P) lending online di Indonesia. Dapat dijadikan alternatif investasi yang menghubungkan ita dengan pengusaha mikro pedesaan melalui pinjaman modal, memberikan keuntungan bersaing, dan tentunya dapat memberikan dampak sosial.


Amartha tidak hanya menawarkan peluang keuntungan bagi pelaku UMKM. Namun melalui pendanaan modal usaha dapat memberikan keuntungan bagi siapapun yang ingin menjadi pendana atau investor. Menjadi investor di Martha sangat terjamin keamanannya karena Amartha tercatat sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, yang juga sudah terdaftar resmi di OJK. 


Amartha memberiksn pendanaan untuk UMKM yang berada di wilayah pedesaan, dengan kita #MenjadiAmartha itu artinya kita sudah turut serta membantu #PerempuanTangguh dengan #100RibuSejutaPeluang 😍 Jadi uniknya memang disini ya Moms. Amartha ini memang di khususkan untuk membersamai para perempuan yang ada di Indonesia. Semua pelaku UMKM yang sudah dibantu pendanaannya oleh Amartha adalah perempuan. Para perempuan tangguh yang memiliki keinginan untuk bangkit melalui kreativitas demi membantu keluarga agar dapat hidup lebih layak melalui usaha yang diupayakan bersama Amartha. 


Pelaku UMKM di pedesaan biasanya sering kesulitan untuk akses perbankan, bisa dibilang rata-rata masih banyak yang belum memiliki mobile banking, bahkan rekening di bank sekalipun masih banyak yang belum punya. Untuk itu Amartha memfasilitasi pengusaha mikro yang berada di wilayah pedesaan dengan pemilik modal atau investor. 


Beberapa perempuan tangguh Amartha, diantaranya yaitu :

🌸 Ibu Andi Rabiatul, pengusaha Songkolo Makassar yang beromzet puluhan juta. 

🌸 Ibu Suryati, Edible Flower Cantik pembawa berkah. 

🌸 Aliran rezeki dari usaha kuliner sungai Musi. 


Amartha merupakan micro finance Marketplace yang berfokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro lewat akses pemodalan. Beberapa keunikan Amartha, yaitu :

🌟 Mitra yang didanai 100% perempuan 

🌟 Hanya menyalurkan pinjaman produktif untuk UMKM

🌟 Pendana bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat pernah tahun

🌟 Pendana bisa dapat pendapatan pasif secara mingguan

🌟 Mengusung konsep impact investing, yaitu investasi yang menciptakan dampak terukur

🌟 Mendanai di Amartha risikonya terukur dan transparan

🌟 Bisa mendanai mulai dari IDR 100K


Amartha Menghadirkan Blog Money+


Money+ adalah majalah daring yang dikelola oleh tim Amartha yang menyajikan banyak informasi terupdate dan terlengkap. 


Topik di Blog Money+

🌟 Keuangan milenial yang berisi tips investasi, perencanaan keuangan, dll

🌟 Teknologi dan berita startup di bidang fintech, dan tren teknologi terkini

🌟 Gaya hidup dan tips seputar perkembangan sosial bagi generasi milenial

 🌟 Karir, tips berwirausaha untuk UMKM, dan juga cerita perempuan inspiratif


Beberapa fitur yang ada di Money+

🌟 Money Quiz, 

Subscriber bisa ikutan kuis bulanan di Money+ dan dapat memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik dari Amartha

🌟 User Generated Content, 

Punya artikel yang ingin ditayangkan di Money+? Ternyata bisa banget, lho! Bahkan bakalan ada komisi tersendiri buat yang telikih artikelnya untuk di tayangkan di Money+


Keuntungan menulis di Money+

✅ Bisa mendapatkan komisi hingga IDR 300K per-artikel

✅ Wadah publikasi ide kita di website blog yang sudah kredibel

✅ Berkesempatan untuk mengikuti field trip gratis, kunjungan ke desa Amartha


Amartha juga memiliki program referral yang menawarkan keuntungan bagi pemilik modal dengan cara memberikan kode referral nya kepada teman ataupun kerabat yang tertarik untuk menjadi pemodal di Amartha, kalian juga bisa memakai kode referral Mamiyu untuk awalnya, yaitu : EVA254220


Lumayan banget lho ini ya. Hanya dengan 100K bisa menjadi pemodal di Amartha. Kapan lagi bisa berinvestasi dengan modal minim namun cuan maksimal? Hanya di Amartha dong ya.. 




Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Amartha, kalian bisa kunjungi Situs Resmi Amartha yaa.. Dan jangan lupa untuk follow akun instagram mereka di : @amarthaid Yuk Moms, kita berinvestasi bersama Amartha untuk membantu para perempuan tangguh di seluruh pelosok Indonesia. Atau sudah ada yang berinvestasi di Amartha? Share yaa di kolom komentar.. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih