Senin, 09 Mei 2022

Bahaya Penyakit Dengue & Upaya Pencegahannya

 Assalamu'alaikum semuanya.. 

Alhamdulillah yaa skarang udah Lebaran, mohon maaf lahir dan bathin yaa buat semuanya. Lebaran tahun ini Mamiyu gak mudik. Sebenarnya ada rencana untuk berkunjung ke keluarga Papino di Ciamis, tapi ternyata Allah punya kehendak lain. Papa Mamiyu kembali ngedrop pasca stroke karena diabetes. Papa di rawat di RS kurang lebih 11 hari lamanya. Sedih, karena lebarannya kami tahun ini kembali di RS (lagi). Tapi dibalik kesedihan, tentu saja ada kebagiaan. H+2 Lebaran, Papa udah bisa pulang ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, karena kondisi Papa masih belum stabil banget, sebisa mungkin kami membatasi sanak saudara yang ingin berkunjung. Jadi kalau bisa jangan lama lama gitu, dan kalau emang pas Papa lagi tidur, yaudah jangan dibangunin. Yah, kurang lebih begitu lah ya.. Mengurus Lansia itu gak mudah. Lebih sulit dari mengurus bayi/balita. 

Anyway, dari Lebaran sampai skarang tuh cuaca di Pondok Gede kayak lagi panas panasnya banget deh. Kalian gitu juga gak sih? Udah pasang AC pun rasanya masih gerah dan panas gitu. Gak berasa dinginnya. Bahkan ya, kalau hujan pun rasanya tetap gerah. Satu hari rasanya gak cukup mandi 2x, Mamiyu bisa mandi lebih dari 3x saking gerah nya.

Selama 11 hari Papa di RS, waktu banyak dihabiskan di ruang ICU. Gak bisa ditungguin di dalam ruangan, tapi wajib ada satu orang yang standby menginap di RS. Selama Papa di ruang ICU, banyaaaakkk banget dapet cerita yang menyadarkan Mamiyu untuk benar-benar besyukur karena menjadi sehat. Jadi ingat, waktu pertama kali Papa dibawa ke RS. Sempat ditolak sama 2 RS karena ruang IGD penuhhhh. Alhamdulillah di RS ketiga, masih kebagian bad di IGD. Itu pun gak lama Papa masuk IGD, langsung penuh semua bad terisi orang yang sakit. Dari beberapa kasus yang ada, ternyata banyak pasien yang kena demam berdarah atau dengue