Kamis, 28 September 2023

8 Bagian Yang Wajib Dicek Saat Service Motor

 Semenjak anak-anak sudah sekolah, Mamiyu memilih menggunakan motor untuk alat transportasinya. Karena kalau jalan kaki ya lumayan juga, capeknya. Hehehe.. Alhamdulillah sekarang ini kan udah ada tiga anak ya yang sekolah. Teteh di SD kelas 4, Abang SD kelas 2 dan Cece di TK-B. Tiga anak ini gak ada yang sama jam masuk sama jam pulang sekolahnya. Sejadinya ya Mamiyu mondar-mandir aja dari sekolahan ke rumah, repeat! Baru rebahan sebentar udah harus siap2 jemput lagi. Yahh begitulahhh yaa..


Sampai pernah beberapa waktu lalu, sehabis antar Abang sekolah, ditengah jalan motornya mogok. Iyaaa, mogok gak bisa nyala. Ada beberapa yang bantu nolongin gitu, ternyata hasilnya nihil. Alhasil Mamiyu jalan kaki sambil dorong motornya sampai rumah. Mau nangis aja rasanya. Pengen Mamiyu langsung tinggalin aja tu motor, tapi gak bawa hape wkwkwk. Stress banget rasanya, masih pagi lho padahal. Mana setelah itu harus anter Cece sekolah, akhirnya minta bantuan temen buat anterin Cece ke sekolah (makasii banyak Ibuk Giwang). Begitupun Teteh, kebetulan dianterin sama Kakak sepupu (makasii ya, Mas Ardi).


Setelahnya, langsung telpon Papino buat ceritain semuanya. Berhubung Papino sudah berangkat kerja, dan juga ini merupakan motor satu-satunya buat antar-jemput anak, jadi kalau motor ini bermasalah ya lumayan Pe-eR juga kan jadinya. Pokoknya Papino sampai rumah, langsung eksekusi itu motor ke bengkel, hari itu juga harus beres, gak mau tau. ๐Ÿ˜




Yah emang sih urusan motor, mesin dan sebagainya Mamiyu gak begitu paham. Sepenuhnya memang Papino yang ngurusin. Tapi malah jadi keribetan sendiri juga sih ya jadinya. Kapok banget rasanya, sejauh itu dorong-dorong motor. Gak mau sampai terulang lagi dikemudian hari. Untuk itu, Mamiyu mencoba untuk mencari tau nih tentang pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasa dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Ternyata ada 8 bagian yang wajib dicek saat service motor, yaitu :


1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya kita perlu rutin mengganti oli sesuai dengan jarak tempuh yang tercapai, dimana rata-rata pabrik merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya biaya yang perlu kita bayar meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Tapi beberapa tahun terakhir, sudah ada pabrik/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Hal seperti ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi lebih lama dari oli biasa, ya karena memang base oil tertinggi di kelas oli.


2. Oli Gardan

Motor kalian matic sama dengan yang Mamiyu gunakan? Nahh.. buat para pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variabel Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.


3. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka dapat menyebabkan motor menjadi sulit untuk dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.


4. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kamas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Untuk itu pengecekan kampas rem harus selalu dilakukan saat melakukan service motor.


5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.


6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3 - 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, biasanya terdapat kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau gak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan secara terperinci. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kita dapat menggunakan motor dengan nyaman.


7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kita dapat memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun ada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan lain sebagainya.


8. Tune up motor rutin

Service motor tune up adalah service rutin yang meliputi periksaan semua komponen, terutama komponen - komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantau, rem, dan klakson.

Namun adakalanya tune up disertai dengan ganti oli motor matic, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Tapi biasanya sih, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu. Kalau kita udah oke dan setuju, baru mekanik melakukan perbaikan yang sudah disetujui tersebut.


Bengkel Servis Motor Terbaik


Kalau untuk service motor, Mamiyu selalu ke Planet Ban yang ada di dekat rumah. Kebetulan rekomendasi dari Alm. Papa juga. Semasa hidupnya, Beliau selalu ngajak Mamiyu service motor ke Planet Ban. Jadi ya kayak udah kebawa gitu deh, sampai skarang kalau mau service motor ya udah pasti ke Planet Ban. Di bengkel ini, kita bisa service motor rasa mesin baru. Jadi tuh fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Details banget deh mereka melakukannya, puas banget.


Tapi karena kejadian yang motor mati tiba-tiba kemarin itu, Mamiyu kan emang blas ya gak ngerti mesin sama sekali. Sambil nunggu Papino sampai rumah, Papino tuh kayak manggil orang gitu buat bawa motornya ke bengkel rumahan yang ada di depan komplek. Gak tau juga deh tuh apa yang dibenerin. Pokoknya Mamiyu ngeluarin duitnya lumayan ๐Ÿ˜† iya sih, motornya jadi nyala. Gak mogok lagi tapi kok pas di jalan kayak ada suara "kretek-kretek" nya gitu ya? Gak tau juga asal suaranya darimana.


Entah lah, apa yang harus diganti sparepart nya.
Yang jelas harganya lumayan ๐Ÿ˜ญ


Ngedumel lah Mamiyu sama Papino yekan. Daripada ini motor kenapa-napa lagi pas antar jemput anak sekolah besok, akhirnya sama Papino dibawa ke Planet Ban buat di service ulang. Sama sekalian ganti ban juga katanya. Okelah gak apa. Yang penting beres aja. Capek juga kan drama-drama motor mogok apalagi Papino gak ada hehehe..


Sekalian ganti ban ๐Ÿ˜


Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban


Di Planet Ban, mereka menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet dan jadi jarang rusak. Kalau dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian motor pun menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikannya juga enteng.

Untuk ganti oli, Mamiyu bisanya 4-6 bulan sekali, setiap mencapai jarak tempuh 5000km. Jadi ya emang gak terlalu sering ke bengkel juga sih. Otomatis biaya service bulanan pun jadi jauh lebih hemat.


Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.


Jika kalian servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor, kan ya? Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Kalau udah begini Mamiyu jadi kesal. Karena yang namanya habis service maunya kan ya beres semua dong ya. Padahal kalau kalian melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.  Mantap banget kan ya ๐Ÿ˜ Pokoknya nih ya, service motor di Planet Ban bisa bikin motor kita seperti punya mesin baru! Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Kalau untuk harga service nya gimana Mamiyu? Nahh.. Untuk harga service motor di Planet Ban yang paling lengkap, terjangkau banget kok harganya. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-


Motor sudah siap diajak tempur buat antar-jemput anak sekolah setiap hari ๐Ÿฅณ


Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kalian service motor? Kalau perlu service motor, yuk ke Planet Ban saja ya dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

5 komentar:

  1. Saat motor mogok maunya tinggalin ajah yaah tapi trus gimana, kan perlu diperbaiki apalagi jadi kendaraan andalan antar jemput anak sekolah.
    Alhamdulillah udah beres servis di Planet Ban. Semoga bisa diajak kerja sama yaaah, aman, ga mogok lagi.

    BalasHapus
  2. Lebih suka servis di tempat resmi kaya planet ban gini sih, jelas gk getok harga, dan hasilnya juga puas.

    BalasHapus
  3. Aku juga suka ganti di planet ban karena sering promo juga. Apalagi saban hari ngojek kudu cakep performa ban kendaraan biar bisa satset di jalan.

    BalasHapus
  4. Pasti panik banget kalo tiba² motor mati. Untung ada bengkel terpecaya ya yg ga ketok harga semena mena. Makasih infonya bermanfaat

    BalasHapus
  5. Aku paling sering tambah angin,gratis. Mayan kan?!

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih