Minggu, 30 Juli 2023

Fakta dan Mitos Tentang MPASI di Wisata Rasa Royco

Inget banget, duluuuu.. Awal Teteh Nadaa baru MPASI, Mamiyu benar-benar stress! Karena Teteh Nadaa ini banyak banget alerginya. Ditambah susah banget makannya. GTM (Gerakan Tutup Mulut) sudah pasti jadi andalannya setiap makan. Pernah suatu ketika, kami menginap di rumah saudara. Nginapnya gak lama, hanya satu malam dan masih di seputar Jakarta pulak dah tuh ya rumahnya. Ini waktu jaman anak Mamiyu baru satu, ya. Nginep satu malam tapi bawaannya segambreng! Bahkan sampai bawa alat masak seperti slow cooker, saringan dan lainnya. Ribet? Enggakkk! Paling ribet itu mikirin menu nya. Udah coba segala macam, baik turun tekstur, tetep aja ga ngaruh. Anaknya tetep aja GTM. dan hal yang seperti itu berjalan sampai Teteh Nadaa umur satu tahun. Berbagai tips dari Dokter dan teman² tentunya sudah Mamiyu coba dan langsung terapkan hasilnya tetap zonk! Ada yang berhasil namun gak terlalu signifikan, karena ujungnya GTM lagi, GTM lagi. Mamiyu nyaris menyebrang ke makanan instan. Capek banget rasanya, masak udah capek-capek tapi anaknya ga mau. Tapi Mamiyu tetap diingatkan sama Papino untuk jangan menyerah kasih yang terbaik buat Teteh Nadaa, MPASI homemade tentunya merupakan pilihan terbaik dan sudah pasti terjamin kualitasnya karena kita sendiri yang membuatnya.

Dulu, seperti yang sudah direkomendasikan Dokter Anak dan berbagai praktisi, Mamiyu pasti menerapkan MPASI no gula dan garam selama awal MPASI sampai anak usia satu tahun. Makanya setelah Teteh Nadaa satu tahun, Mamiyu mulai kenalin dong perlahan dengan berbagai macam masakan yang Mamiyu masak untuk Mamiyu & Papino. Dimana artinya Teteh Nadaa sudah mulai eksplorasi rasa. Sungguh di luar dugaan, Teteh Nadaa lahap makannya apa lagi kalau makannya pakai nasi dan ayam goreng lengkuas. Wuaaahhh mo nangis dong Mamiyu, terharu banget. Apa itu GTM? Udah enggakkkk.. Ma shaa Allah

Jadi inget, beberapa waktu lalu Mamiyu menghadiri sebuah Event Wisata Rasa MPASI Royco yang berlangsung di Balroom Hotel Intercontinental, Pondok Indah - Jakarta Selatan. Tentunya di acara ini hadir berbagai Pakar sebagai pembicara, yaitu :
* Amaryllis Esti Wijono - Direktur Nutrition Unilever Indonesia
* Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN - Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University
* dr. Miza Afrizal, SpA - Dokter Spesialis Anak
* Nikita Willy - Celebrity Mom





Pastinya banyak mitos yang menganggap bahwa MPASI itu tidak perlu memiliki rasa, sehingga penggunaan gula, garam atau bumbu lainnya harus dihindari. Faktanya, penambahan gula, garam dan bumbu diperbolehkan selama masih dalam batasan rekomendasi.


dr. Miza Afrizal, SpA mengakatan, "Ibu perlu membimbing anak melakukan ‘Wisata Rasa’ di tahapan pengenalan MPASI dengan menambahkan gula, garam, atau bumbu lainnya sesuai takaran yang direkomendasikan agar membantu anak mengeksplorasi berbagai jenis bahan makanan dan rasa, sekaligus menambah nafsu makannya" 


Perlu diketahui bahwa sejak dalam kandungan, anak tuh sebenarnya sudah mulai mengenal berbagai rasa dari makanan yang diasup oleh sang ibu. Bahkan ASI, sebenarnya sudah memiliki rasa manis gurih yang merangsang bayi untuk lahap mengonsumsinya. Jadi, rasa MPASI yang hambar atau tidak enak justru menjadi salah satu penyebab utama anak melakukan Gerakan Tutup Mulut atau GTM. 

Sebagai bagian dari program Royco Nutrimenu, Royco juga meluncurkan Royco Kaldu Special (kemasan hijau) dengan rasa Jamur dan Ayam yang diformulasikan tanpa micin, lebih rendah garam dan tanpa bahan pengawet. 

“Selama puluhan tahun, Royco selalu menjadi andalan ibu dalam menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi bagi keluarga. Dengan purpose Gerakan Pangan untuk Masa Depan, Royco memiliki komitmen berkelanjutan untuk berperan mencegah berbagai permasalahan malnutrisi di tengah keluarga Indonesia, tak terkecuali dalam periode MPASI.”- Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition Unilever Indonesia

Untuk lebih menyebarluaskan pesan tersebut, kampanye "Wisata Rasa MPASI Royco" menghadirkan buku resep "Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Special" yang berisi 30 menu MPASI yang terdiri dari resep MPASI 6 bulan, resep MPASI 9 bulan, dan resep MPASI 12 bulan yang kandungan natriumnya sudah mengikuti rekomendasi Angka Kecukupan Gizi 2019 - Kementrian Kesehatan RI. Buku resep yang dapat diakses secara GRATIS melalui www.royco.co.id ini juga merupakan bagian dari program Royco Nutrimenu, sehingga dikembangkan menggunakan pedoman "Isi Piringku". Selain resep, buku ini juga membuat banyak panduan MPASI lainnya dengan informasi yang mudah dipahami. 




Nah, sekarang Mamiyu mau ceritain tentang Nikita Willy di event ini. Beberapa kali sering banget seliweran berita tentang Nikita Willy mengenai gentle parentingnya Baby Issa. Kebetulan di Event kali ini terdapat 2 sesi. Pagi dan Siang. Mamiyu hadir yang sesi kedua, siang. Nikita Willy info nih ke kita kalau sebelum masuk sesi kedua, dia pulang dulu ke rumah buat menemani Baby Issa makan siang. Wahhh! Keren banget yah naluri ke-ibu-an nya sudah melekat. 


Nikita Willy, celebrity mom turut berbagi pengalaman. “Sebagai seorang new mom, aku sangat paham betapa pentingnya untuk selalu teredukasi dengan informasi yang terpercaya. Aku sendiri terus belajar di fase MPASI ini, termasuk dalam menyusun menu MPASI yang menarik, baik dari ragam rasa ataupun bahannya supaya bisa memberikan pengalaman ‘Wisata Rasa’ yang menyeluruh untuk Issa. Seneng banget sekarang ada pilihan rangkaian Royco Kaldu Spesial dan buku resep MPASI, aku jadi lebih percaya diri mengekplorasi variasi menu yang flavorful dan bernutrisi seimbang untuk Issa.”


Gak tanggung-tanggung nih Moms, ternyata Nikita Willy langsung praktek salah satu resep MPASI yang ada di buku resep Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Special. Katanya di rumah tuh Baby Issa senang banget sama menu yang satu ini, jadi andalan banget deh. 




Yang dimasak Nikita Willy kali ini adalah Bakso Tahu Kuah Ala Royco. "Sebagai seorang new mom, aku sangat paham betapa pentingnya untuk selalu teredukasi dengan informasi yang terpercaya. Aku sendiri terus belajar di fase MPASI ini, termasuk dalam menyusun menu MPASI yang menarik, baik dari ragam rasa ataupun bahannya supaya bisa memberikan pengalaman ‘Wisata Rasa’ yang menyeluruh untuk Issa." Nikita Willy pun mengatakan,  "Seneng banget sekarang ada pilihan rangkaian Royco Kaldu Spesial dan buku resep MPASI, aku jadi lebih percaya diri mengekplorasi variasi menu yang flavourful dan bernutrisi seimbang untuk Issa.”

Tak hanya itu, Royco dan IPB University juga melakukan pemberdayaan kepada para kader kesehatan mengenai edukasi seputar nutrisi dan menu MPASI. Dijelaskan oleh Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University, “Isu malnutrisi merupakan persoalan gizi yang harus dientaskan melalui edukasi secara berkelanjutan. Kami turut mendukung dengan kegiatan training of trainers (ToT) dan demo masak MPASI ke 100 orang kader kesehatan di wilayah Bogor. Di akhir training, kami telah melakukan evaluasi, dan terbukti bahwa pemahaman para kader kesehatan mengenai MPASI telah meningkat sebanyak 56,2%. 

Selanjutnya, mereka akan menyebarluaskan pengetahuan yang telah didapatkan hingga menjangkau 1.000 ibu dengan bayi berusia di bawah 2 tahun.” Hari ini kampanye “Wisata Rasa MPASI Royco” diawali melalui seminar dan demo masak Nutrimenu MPASI yang dihadiri lebih dari 800 ibu dari berbagai komunitas untuk menginspirasi mereka agar lebih kreatif menyusun menu MPASI dengan mengeksplorasi beragam rasa dan bahan makanan.

Pihak pemerintah pun turut menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap kampanye ini. Dalam sambutannya di acara peluncuran ini, dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI menyatakan, “Mari kita bersama, berkolaborasi menekan prevalensi stunting di Indonesia. Kami mengapresiasi komitmen dari PT Unilever Indonesia, Tbk untuk membantu para ibu dalam mendukung program peningkatan gizi dan penurunan stunting melalui edukasi bertema ‘Wisata Rasa’ dan demonstrasi masak MPASI lezat bergizi seimbang kaya akan protein hewani.

Peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat kolaborasi yang sudah terjalin untuk meningkatkan kesadaran para orang tua terutama para Ibu Hebat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan gizi agar generasi muda Indonesia bisa tumbuh sehat dan semangat belajar.”

“Semoga kampanye ini dapat membantu para ibu membedakan antara mitos dan fakta tentang MPASI, serta menggerakkan mereka untuk saling menginspirasi dalam membuat menu MPASI yang tidak hanya bernutrisi namun juga mampu melengkapi pengalaman ‘Wisata Rasa’ anak, tanpa rasa khawatir,” tutup Amaryllis.




Sepulang Event, Mamiyu langsung melipir ke pasar buat belanja bahan-bahan yang akan Mamiyu masak buat anak-anak. Tentunya masakan kali ini boleh lihat dari buku resep Sajian MPASI Homemade ala Royco Kaldu Special. Cari yang mudah dan praktis, karena mau sekalian buat bekel Teteh Nadaa, Abang Zack, Cece Nadine dan Papino, jadi masakan kali ini mau Mamiyu simpan di kulkas biar besok pagi gak grabak-grubuk, karena tinggal hangatin aja. 😁


Mini Fritata Tanpa Micin Ala Royco



Biar kata ini menu MPASI, tentunya bisa dinikmati semua kalangan umur. Bahkan Paling aja doyan loh. Tinggal cocok pakai saus gitu. Kalian wajib recook juga sih, resep nya Mamiyu share disini ya.. 

Bahan - Bahan :
* 3 butir telur ayam, kocok lepas
* 1/4 Royco Kaldu Special Ayam
* Setengah ikat daun bayam
* 2 buah wortel, potong kecil-kecil
* 200 gram kentang rebus, potong kecil-kecil
* 1/2 bonggol jagung manis pipil
* Keju Cheddar parut untuk taburan di atasnya

Cara Membuat :
* Dalam wadah, kocok telur dengan Royco Kaldu Special Ayam. 
* Tambahkan semua bahan-bahan, aduk hingga merata. 
* Tuang adonan ke wadah anti panaspanas, lalu taburi keju di atasnya. 
* Panggang dalam oven selama 15 menit, keluarkan, sajikan.

Ftitata ini dapat disimpan dalam wadah tertutup pada kulkas dan untuk kandungan per porsinya adalah :

* Energi = 99.5 kkal

* Karbohidrat = 7.3 gram

* Lemak = 5.9 gram

* Protein = 4.7 gram

* Zat Besi = 0.8 mg

* Garam = 130.5 mg

Selain Tahu Bakso Kuah & Mini Ftitata, tentunya banyak lagi menu-menu yang lainnya. Karena ada 30 menu yang bisa kita recook dan kalau belum punya buku resepnya, bisa langsung cek di website www.royco.co.id atau bisa juga cek di instagramnya @roycoindonesia


2 komentar:

  1. Baru tau nih kalau mpasi ada mitosnya. Sebagai bapak2 wajib tau juga nih. Thanks ya dek buat infonya 👍

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih