Senin, 19 Desember 2022

5 Tanda Ruam Popok Yang Harus Segera Dikonsultasikan ke Dokter

 Memilih popok sekali pakai (diapers) untuk anak memang susah-susah gampang ya Moms. Apa lagi buat anak yang memiliki riwayat kulit sensitif yang rentan akan ruam popok. Tentunya sebagai Ibu, kita akan lebih selektif lagi untuk menentukan diapers apa yang akan digunakan untuk si Kecil. 


Kebetulan Adik Zee memang sudah full menggunakan Popok sekali pakai dari bayi baru lahir sampai dengan sekarang. Tentunya alasan utama ya karena biar Mamiyu gak terlalu stress sama cucian numpuk! 😭 apa lagi sekarang anak sudah empat, kebayang gak tuh sebanyak apa cuciannya setiap hari kalau masih harus ditambah cucian popok bekas ompol. Hahaha.. 


Namun walaupun jauh lebih praktis, dalam penggunaan diapers, anak akan menjadi lebih rentan terkena resiko ruam popok. Terlebih kita salah dalam memilih diapers yang digunakan anak. Gak bakalan tega deh kita sebagai Ibu melihat anak yang terkena ruam popok. Melihat pas mengganti popoknya aja bikin ngilu, apa lagi anak yang merasakannya langsung ya. Gak nyaman banget pastinya, rewel juga kan yaa..


Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), jam tidur anak, dimulai dari bayi baru lahir hingga usia 1 tahun, idealnya selama 14 hingga 15 jam per hari. Dari waktu tersebut, periode paling lama tidurnya adalah di malam hari selama 8 jam. Kebayang kan ya gimana cranky nya anak kita kalau waktu istirahatnya jadi terganggu karena ruam popok. Namun apabila anak Moms sudah terlanjur terkena ruam popok, segera konsultasi ke Dokter ya! 



Apa itu Ruam Popok?

Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di daerah bokong/pantat. Ada juga yang iritasi nya diseputar paha atas dibagian selangkangan bayi. Perkara ruam popok ini, kalau gak ditangani dengan baik dan benar malah bisa mengganggu kenyamanan bayi. Bayi jadi rewel dan akan terus-terusan menangis.


Penyebab ruam popok biasanya disebabkan oleh :

✔️ Bakteri dan amonia pada kotoran dan air seni bayi. Kedua zat ini bisa melukai dan mengiritasi kulit bayi.

✔️ Cuaca panas dan keringat yang berlebihan di area kulit yang tertutup popok.

✔️ Gesekan antara kulit dan popok yang salah ukuran atau tidak pas.

✔️ Kurangnya kebersihan di area pantat bayi, apalagi ketika telat membersihkan pantat dan mengganti popok.


Untuk Adik Zee, Mamiyu biasa mengganti popok minimal 4 jam sekali (diluar pup). Karena kan kalau pup udah otomatis langsung diganti ya, gak pake ditunda-tunda lagi deh kalau pup ya segera dibersihkan dan diganti popoknya. Kesimpulannya, sangat penting bagi para Orang tua untuk menjaga kebersihan area popok. Pokoknya durasi mengganti popok gak bisa di nego lagi ya Moms. Pemilihan bahan popok dan ukuran popok juga harus sesuai, jangan kesempitan dan tentunya tidak juga kelonggaran. Selain untuk kenyamanan anak juga mencegah gesekan popok dengan kulit.


5 Tanda Ruam Popok Yang Harus Segera Dikonsultasikan ke Dokter

Sebagai Orangtua, tentunya kita akan cemas ketika anak terkena ruam popok yang parah. Berikut cici-ciri yang patut kita perhatikan :

1. Terlihat bercak yang berbeda dengan ruam popok biasanya. 

2. Ruam popok menjadi semakin parah seiring bertambahnya waktu. 

3. Kulit si Kecil mulai terkelupas dan tampak ada luka yang terbuka. 

4. Si Kecil merasa kesakitan dan menangis setiap kali buang air kecil atau buang air besar. 

5. Iritasi pada kulit si Kecil diikuti dengan gelaja lainnya, seperti : demam. 


Jika salah satu atau lebih dari gejala tersebut ditemukan pada si Kecil, please jangan ditunda lagi ya Moms, segera bawa di Kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dalam beberapa kasus ruam popok yang disebabkan oleh kulit sensitif, biasanya butuh penanganan khusus agar iritasi pada di Kecil tidak semakin parah. Namun, jika ruam terjadi karena penggunaan diapers, kita wajib evaluasi dan koreksi tentang pemilihan diapers yang cocok untuk si Kecil. Yah, apa lagi diapers itu cocok-cocokan ya Moms. Paling rumit emang untuk anak yang memiliki  kulit sensitif. Harus benar-benar diseleksi lagi, diapers apa yang akan digunakan si Kecil. 


Kebetulan sudah hampir satu bulan ini Mamiyu menggunakan diapers MAKUKU untuk Adik Zee. Karena sekarang anaknya sudah semakin aktif bergerak, Mamiyu memilih MAKUKU SAP Diapers Slim untuk Adik Zee gunakan setiap harinya. Bersyukur banget bisa berjodoh sama diapers MAKUKU ini. Karena ternyata Adik Zee terlihat nyaman menggunakannya terutama dalam beraktivitas. Menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim ini beneran kayak pakai celana dalam gitu, bentuknya ramping dan gak bulky.



MAKUKU SAP Diapers Slim

Ada yang tau apa itu struktur SAP pada diapers? Kebetulan Mamiyu juga baru tau nih. Kirain kan semua diapers sama saja ya, tinggal coba dan bedakan di kelembutan bahannya saja. Ternyata di MAKUKU ini ada SAP nya. SAP adalah Super Absorbent Polymers. Kalau bahasa awamnya mungkin isian di dalam popok sekali pakai itu, ya. Popok sekali pakai yang baik seharusnya memang memiliki SAP yang stabil sehingga tidak mudah menggumpal. Bisa dikatakan, SAP dapat menyerap air dengan stabil sehingga penyerapan dapat terjadi dengan cepat dan merata. Teknologi SAP resmi diterapkan oleh MAKUKU yang menjadi pelopor struktur inti di Indonesia.


MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan popok generasi ketiga atau terbaru yang memiliki SAP yang membuat cairan dapat diserap dengan sempurna dan tidak menggumpal di salah satu bagian popok sehingga dapat membuat nyaman anak ketika digunakan.


SUPER TIPIS πŸ‘

Sepakat ya Moms, kalau kenyamanan popok itu sangat penting. Nahh, Popok MAKUKU menggunakan inti SAP dengan ketebalan popok hanya 1.6mm, sangat tipis, ditambah dengan struktur yang pas dengan tubuh si Kecil. sangat mirip dengan pakaian dalam anak kita, moms. Gak bulky gitu ketika digunakan. Sehingga dapat membuat kaki anak menjadi lebih nyaman untuk bergerak.


✔️ Dengan desain yang tipis, popok MAKUKU SAP Diapers Slim ini dapat menampung dengan kapasitas yang besar hingga 500ml.

✔️ Lapisan permukaan yang lembut, selembut susu, mirip dengan sentuhan telapak tangan ibu, dan tidak akan mengiritasi kulit bayi.

✔ Karena memiliki ukuran yang lebih besar, otomatis juga memiliki penyerapan yang lebih besar dan perlindungan kebocoran yang lebih baik.

Size M memiliki panjang 460cm

Size L memiliki panjang 500cm

Size XL memiliki panjang 520cm

Size XXL memiliki panjang 530cm



Ekstra Kering πŸ‘

Popok MAKUKU dapat secara efektif mengurangi ruam merah pada pantat bayi. Kita semua tahu lah ya, kalau sebagian besar ruam disebabkan oleh pantat bayi yang tidak cukup kering. Belum lagi timbul gesekan antara permukaan popok dengan kulit si Kecil ketika sedang beraktifitas. Udah deh, kalau gitu sih alamat ruam popok ya Moms. Kita harus segera ganti popoknya daripada kenapa-napa anaknya.


Inti SAP pada popok MAKUKU memiliki kapasitas penyerapan yang kuat dan dapat menjaga permukaan popok tetap kering. MAKUKU juga tidak akan kehilangan air ketika berubah bentuk dengan paksa, mengunci semua kelembaban tanpa terjadi osmosis balik, dan membuat pantat bayi mendapatkan perlindungan yang menyeluruh serta mengurangi kemungkinan bayi mengalami ruam merah.


Walaupun tipis, MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar. Kalau sebelumnya hanya 400 ml, sekarang menjadi 500 ml. Melalui peningkatan kualitas ini, area penyerapan pada inti struktur MAKUKU SAP Diapers Slim meningkat sebanyak 9% untuk mengurangi kebocoran.


Tapi setelah diingat-ingat, memang ada diapers yang mudah menggumpal di tengah walau anak baru 1x buang air kecil. Jadi tuh, pospaknya akan menggendut di tengah gitu. Nah, ternyata ini terjadi karena SAP nya menggumpal. Padahal pospak yang seperti ini memiliki kecenderungan membuat ruam popok. Duh kasihan banget kan ya kalau buah hati kita mengalami ruam popok. 



Anti Gumpal πŸ‘

Popok yang menggumpal memiliki penyerapan di satu titik saja sehingga membuat permukaan lembab dan basah. Permukaan yang lembab membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah semakin cepat berkembang biak. Oleh karena itu pemilihan popok dengan daya serap dan anti gumpal sangat disarankan. MAKUKU SAP Diapers Slim menggunakan inti struktur SAP membuatnya tidak menggumpal pada satu titik sehingga penyerapan merata dan menjaga permukaan tetap kering yang mampu secara efektif mengurangi ruam merah.


MAKUKU Bersama 10 Rumah Sakit Berikan Konsultasi Kesehatan Gratis Bagi Ibu Dan Bayi Di 10 Kota Besar Indonesia

Komitmen MAKUKU dalam memberikan perawatan terbaik bagi bayi dan balita khususnya pada penggunaan popok, dibuktikan dengan berupaya untuk memberikan edukasi yang sampai kepada Ibu diseluruh Indonesia dengan tepat dan diakui oleh para ahli. Edukasi yang tepat ini diperoleh dengan membangun kerjasama bersama 10 rumah sakit di Indonesia.


Tujuannya untuk mengurangi kekeliruan ataupun hoax mengenai kesehatan anak. MAKUKU berkolaborasi dengan 10 rumah sakit ini akan dilaksanakan untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi dokter gratis. Program ini diperuntukkan untuk mengedukasi Ibu mengenai masalah ruam popok bayi. Selama program ini berlangsung, akan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak dan spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan memberikan popok gratis kepada Ibu yang datang untuk melakukan konsultasi.


Kesempatan emas nih Moms untuk bertanya langsung ke dokter secara gratis. Jangan sampai terlewat begitu saja ya, Moms. Konsultasi ibu dan anak langsung dengan dokter spesialis di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022.


Berikut daftar 10 rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi ini yaitu :

🌟 RS St. Carolus di Jakarta

🌟 RSIA Bina Medika di Tangerang

🌟 RS Lira Medika di Karawang

🌟 RS Hermina Pasteur di Bandung

🌟 RS Hermina Pandanaran di Semarang

🌟 RSIA Putri di Surabaya

🌟 RS Mitra Medika Premiere di Medan

🌟 RSIA Azzahra di Palembang

🌟 RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung

🌟 RSIA Ananda di Makassar


Alhamdulillah selama menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim, Adik Zee merasa sangat nyaman terutama ketika malam hari. Tidur malam nya menjadi lebih berkualitas dan pastinya bebas ruam popok dong ya. 😍


MAKUKU SAP Diapers Slim sudah bisa ditemukan dimana saja ya Moms. mulai dari toko offline sampai toko online atau ecommerce kesayangan para Moms seperti Shopee dan Tokopedia. Lebih lengkapnya bisa dilihat di website MAKUKU yaa.. Kebetulan kalau Mamiyu belinya offline, dibarengin pas belanja kebutuhan sehari-hari di  Superindo. Lumayan sih, pas beli lagi dapat harga promo! πŸ₯³ Yang tadinya harga Rp. 105.490,- diskon jadi Rp. 90.990,- (jadi lebih hemat Rp. 14.500,-) untuk MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran XL. Harga disesuaikan dengan waktu & lokasi pembelian ya Moms. Biasanya kalau beli di e-commerce bakalan lebih mantul tuh diskonnya kalau pas event angka kembar seperti 12.12 





4 komentar:

  1. Ruam popok bikin paribu mumet, karena anak-anak akan rewel, pernah coba yang makuku emang keren banget sih cairan terkunci n halus bgt

    BalasHapus
  2. Emang keren ini ya MAKUKU, daya tampungnya lebih banyak, cepat menyerap dan anti gumpal ya

    BalasHapus
  3. Lengkap dan bermanfaat sekali infonya mbak, makasih ya.

    BalasHapus
  4. Cece kembali ceria yang akan membuat kita happy saat pakai pampers

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih