Kamis, 28 Februari 2019

Nyobain ORYZA GRACE, Healthy Oil Dari Bekatul

Bu-Ibu, Bapak-Bapak... Apa makanan fav kalian dirumah? kalau Mamiyu tuh AYAM! Mau dimasak apa aja juga jadi, yang penting ayam. Ya di goreng apa di semur atau di rendang, dan sebagainya. Tapi fav anak-anak sih digoreng. Kayak gak ada bosennya, mereka minta ayam goreng terus setiap makan.



Sempat terbesit, ini apa gak pa pa ya kalau anak-anak setiap hari makan gorengan? Tapi ngeyakinin diri sendiri juga sih sebenarnya. In shaa Allah aman, kan masak sendiri, tau benar bahan-bahan yang digunakan apa aja, terutama minyak untuk menggorengnya.

Pernah gak sih kayak kalian jajan gorengan pinggir jalan gitu? enak kan ya apa lagi ditambah minuman dingin. Tapi kadang udahannya tenggorokan jadi sakit. Makanya kalau gorengan beli gitu, Mamiyu gak pernah kasih buat anak-anak. Biarin deh mereka nangis dan merajuk, daripada jadi sakit kan mending dirumah Mamiyu bikinin camilan aja buat mereka.




Kayak gini nih, Mamiyu bikinin Kentang Goreng Kriuk, makannya suka dicocol sama saus tomat atau saus mayo. Bikin setengah kilo bisa ludes tak bersisa dimakan Teteh, Abang & Cece. Mamiyu kebagian motoin mreka aja sama nemenin mereka bertiga ngemil. hahaha. Mamiyu tulis resepnya ya disini, menu ini juga bisa dibilang andelan Mamiyu buat bekel sekolah Teteh Nadaa. Yang pasti dibandingkan dengan kentang goreng kemasan yang tinggal goreng itu, yang ini jauh lebih murah dan mengenyangkan.

Kentang Goreng Kriuk ala Mamiyu

Bahan-bahan :
* 1/2 kg kentang, kupas kulit, potong memanjang sesuai selera
* 1 siung bawang putih, haluskan
* kaldu jamur bubuk sesuai selera
* tepung serbaguna non msg secukupnya
* merica halus secukupnya
* garam secukupnya
* oryza grace rice bran oil untuk menggoreng
* esbatu + air secukupnya

Cara membuat :
* panaskan air hingga mendidih, masukkan kentang, bawang putih halus dan garam, aduk merata, rebus sebentar kurang lebih 3-5 menit
* angkat kentang dan tiriskan, lalu masukkan ke air + es batu, diamkan sebentar kurang lebih 2-3 menit lalu tiriskan
* taruh kentang dalam wadah, tambahkan merica, kaldu jamur bubuk dan tepung serbaguna non MSG, aduk hingga tercampur rata. ini tuh kasih tepung nya tipis-tipis aja ya, gak usah banyak-banyak
* goreng kentang hingga matang, jadi deh


Kenapa Mamiyu memilih Oryza Grace Rice Bran Oil?


Oryza Grace ini masuk dalam kategori healthy oil karena terbuat dari rice bran. Rice bran merupakan serbuk halus yang melapisi bulir beras (biji padi) atau yang biasa disebut dengan bekatul. Bekatul ini ternyata banyak manfaatnya loh, beberapa nutrisi yang terkandung didalamnya yaitu :

✔️ Omega 3 fatty acids, omega 6 fatty acids dan oleic acid.

✔️ Vitamin E complex (gamma oryzanol, tocopherol & tocotrienol) yang merupakan anti-oksidan kuat, anti penuaan dini dan pelawanan 
radikal bebas.

✔️ Vitamin B complex (B1, B2, B3, B5, B6, B15) vitamin B15 (pangamic acid) yang berguna untuk menaikkan daya metabolisme tubuh.



Keunggulan Minyak Goreng Oryza Grace


✔️ Rendah lemak jenuh
Minyak goreng Oryza Grace memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA). Lemak yang seimbang yaitu berkisar antara 37% lemak tak jenuh tunggal, 33% lemak tak jenuh ganda dan 30% lemak jenuh.

✔️ Tinggi titik asapnya
Lemak tak jenuh tidak rusak saat proses penggorengan. Titik asap minyak goreng Oryza Grace  adalah 254 derajat celcius. Tertinggi di antara semua jenis minyak goreng. Menjadikannya aman pada suhu wajan saat penggorengan berlangsung, yang panasnya bisa mencapai 220 derajat celcius. Ttitik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas.

✔️ Tidak menyebabkan batuk
Terbentuknya zat akrolein dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, diantaranya dapat menyebabkan batuk.

✔️ Melezatkan makanan
Gorengan maupun tumisan akan menjadi semakin lezat. Selain itu Minyak goreng Oryza Grace ini juga dapat membuah renyah serta gurih dalam masakan.Dapat digunakan untuk memasak dengan cara di goreng (deep frying), menumis, memanggang dan bahkan dapat digunakan untuk salad dressing.

✔️ Mengandung Gamma Oryzanol
Gamma Oryzanol yaitu antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Lebih lengkapnya lagi nanti Mamiyu jelasin dibawah ya buat point yang satu ini.

✔️ Aman bagi penderita penyakit kolesterol dan jantung.




Apa itu GAMMA ORYZANOL ?


Gamma Oryzanol adalah zat yang berasal dari minyak rice bran atau bekatul yang termasuk dalam kelompok vitamin E. Kita udah tau lah ya manfaat vitamin E ini beragam banget dan telah digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Gamma Oryzanol bisa menjadi sumber tenaga, zat anti kanker, dan mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas. Zat ini juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat dari makanan, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, Gamma Oryzanol juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Gamma Oryzanol mampu melindungi kerusakan DNA sel kulit, meningkatkan regenerasi sel kulit, serta mencegah kerusakan serat kolagen dan elastin yang menjadi pemicu terjadiya pegeriputan pada kulit. Kalau di Jepang sih, secara tradisional bekatul murni digunakan untuk masker, karena kandungan Gamma Oryzanol-nya dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Dan yang paling bikin Mamiyu jatuh hati sama minyak ini, rasanya gak aneh. Kan biasanya healthy oil itu agak gak enak ya rasanya. Jadi lebih dominan rasa minyak nya ketimbang rasa masakannya. Aroma minyaknya juga strong banget! Yah udah bisa protes anak-anak mah kalau aneh gitu rasanya, gak bakal dimakan. Beda sama Oryza Grace Rice Bran Oil yang satu ini, kalau untuk masak gorengan malah jadi bikin tambah renyah dan enak! Apa lagi anak-anak lumayan doyan ngemil, terutama gorengan. Mamiyu sedikit lega deh kalau pakai minyak ini karena kan jadi lebih sehat dan risikonya pun menjadi lebih rendah.

Kalau anak-anak fav nya ayam goreng, beda lagi sama Papino, ayam panggang/ayam bakar. Mamiyu mah ngikut aja. Jadi kalau sekiranya Papino rada bosen sama ayam goreng, Mamiyu masakin menu yang beda buat Papino makan malam di rumah atau makan siang di kantor (bawa bekal dari rumah). Kalau yang difoto ini Mamiyu bikin Ayam Panggang Bumbu Rujak.





Ayam Panggang Bumbu Rujak Ala Mamiyu

Bahan-bahan :
* 1 ekor ayam (me : potong 12, kalau mau agak besar bisa dipotong 10) cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis, remas-remas biar meresap, diamkan kurang lebih 3-5 menit, bilas dengan air mengalir
* 4 batang sereh, geprek & ikat simpul
* 5 lembar daun jeruk
* 2 lembar daun salam
* 1 keping gula merah/sesuai selera
* 4sdm air asam jawa
* merica bubuk secukupnya
* kaldu bubuk jamur secukupnya
* gula dan garam secukupnya
* 1 liter santan dari 1 butir kelapa
* Oryza Grace Rice Bran Oil untuk menumis
* Bumbu halus (15 siung bawang merah,10 siung bawang putih, 5 butir kemiri, 2 batang sereh yang putihnya aja, jahe, lengkuas, kunyit, segenggam cabe keriting dan rawit merah) me : semua bahan diblender dengan tambahan minyak Oryza Grace secukupnya


Cara membuat :
* Tumis bumbu halus, sereh, daun jeruk, dan daun salam hingga harum.
* Masukkan ayam, aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
* Tambahkan santan, gula merah, air asam jawa, merica bubur dan kaldu jamur. Masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap. Sampai disini bisa langsung disimpan di kulkas untuk stok lauk, ketika ayam sudah tidak panas.
*panaskan teflon, oles dengan minyak Oryza Grace, panggang ayam hingga matang merata dan bumbu mengering, angkat dan sajikan


Biasanya Papino agak resek dan bawel kalau Mamiyu masak pakai healthy oil, dia pasti gak mau makan, katanya aneh rasanya. Tapi pakai Oryza Grace Rice Bran Oil ini enggak dong. Dia gak komplain. Malah sampai nambah gitu makannya. Entah emang karena lapar atau doyan ya itu.

Kalau kalian mau coba minyak ini, sudah tersedia ya di supermarket terdekat. Harganya juga lumayan terjangkau kok. Satu liter itu sekitar 79ribu-an gitu harganya. Bisa juga sih kalau mau beli online, langsung cek media sosialnya aja ya.

Website : www.oryzagrace.com
FB : www.facebook.com/ricebranoil
IG : www.instagram.com/oryzagrace

30 komentar:

  1. Terima kasih resepnya. Kapan-kapan dicoba ah.
    Btw, baca ini jadi tau ada minyak goreng dengan manfaat yang oke banget. Boleh banget nih dicari. TfS ya, Kak..

    BalasHapus
  2. Cocok nih kayaknya masak kali ini pake minyak yg ini

    BalasHapus
  3. baru tau ada minyak dr bekatul. jadi pengin nyoba

    BalasHapus
  4. Wah ada yaa minyak bekatul, makasih infonya mamiyu .Cuss ahh menuju sehat 2020 😊

    BalasHapus
  5. wah sehat neh, harus dicoba. nanti kalo ke spm mau beli ah. ngeri skrg makan goreng2an kalo minyaknya ga sehat malah bikin kolesterol tinggi

    BalasHapus
  6. Kandungan minyaknya buat kesehatan lengkap banget ya, rekomended nih buat di coba

    BalasHapus
  7. Ini ada ya Mamiyu di supermarket, seharusnya memang aku juga beralih ke minyak goreng sehat karena anak-anak sekarang seneng goreng-gorengan.

    BalasHapus
  8. Huhhh. Keknya enak tuh kentang. Btw ogut tuh pecinta french fries. Pecinta kentang goreng, pecinta kentang panggang. Tapi ksl juga klo kentang nya ngga krenyes. Nahh, minyaknya recommended jugatuu... Nanti ogut bakal coba hehe

    BalasHapus
  9. Ayam panggang bumbu rujaknua bikin ngiler buun, mau aku coba nih resepnyaa

    BalasHapus
  10. Makasih review n resep masakannya ya bun. Baru tau ada minyak yang ok banget. Boleh banget nih buat minyak goreng di rumah

    BalasHapus
  11. Minyak goreng favorit saya. Malah saya pakai buat skincare juga hehehe

    BalasHapus
  12. Resepnya bisa ditiru tuh, tapi aku baru tahu loh minyak merk ini, apa sudah ada di minimarket?

    BalasHapus
  13. minyak goreng baru niiih, kayanya enak nih sore sore goreng kentang , udah ada di supermarket belom ya ka

    BalasHapus
  14. Sering lihat rice bran oil di mini super. Ternyata beneran menyehatkan dan kaya manfaat ya. Hm, mesti kasih tau ortuku nih karena mereka mulai ada kolesterol.

    BalasHapus
  15. waah aku belum pernah cobain rice bran oil ini nih, ko jadi penasaran pengen nyobain juga, apalagi sehat ya ini

    BalasHapus
  16. Fix kusimpen juga halaman ini buat suruh emak masakin🤣 hehe

    BalasHapus
  17. aku sering liat nih tapi belom pernah coba beli.soalnya aku pakenya coconut oil..

    BalasHapus
  18. Aduh menarik nih. Jadi pengen main masak masakan lg. Udah lama gak masak nih.

    BalasHapus
  19. aku tu pas baca judulnya aku kira buat perbeautyan tau ka, ternyata buat masakan yah ya amplop hihi

    BalasHapus
  20. Pengen coba nih. Sepertinya lebih baik dari minyak goreng biasa.

    BalasHapus
  21. wah pasti ada rasa gurih-gurih berasnya yah.. Secarakan minyak gorengnya mempunyai andungan beras gituu

    BalasHapus
  22. Bekatul itu emang banyak banget manfaatnya yaah, aku dulu pernah bikin penelitian bikin cake & cookies dari bekatul

    BalasHapus
  23. wahh kentangnya nyenengin, jadi lapar malam-malam begini

    BalasHapus
  24. Baru tau ada minyak Oriza. Perlu dicoba nih demi kesehatan. Makasih infonya Mak say.

    BalasHapus
  25. penting banget nih di catat rice bran oil mantul biar makin sehat sekeluarga. thank you banget infonya ya

    BalasHapus
  26. Sayang aja di kosan ga bisa masak, coba bisa masak aku pasti cobain rice bran oil

    BalasHapus
  27. Wah, ternyata ada ya minyak dari bahan dasar bekatul. Dan, sehat pula gak bikin kolesterol makin numpuk. Wajib dicoba nih

    BalasHapus
  28. Wah miyu laper liat ayam bumbu rujaknya donk😋😋minyak oryza emang pilihan buat ibu ibu yang aman buat masak tiap hari yah jadi gak ngerasa bersalah deh makan gorengan tiap hari juga

    BalasHapus
  29. ah langsung dikasih 2 resep hihihi. Cobain ahhh dirumah. Makasih mbaak :)

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih