Selasa, 23 April 2019

Hidup Sehat Dengan Makan Makanan Rumahan

Siapa disini yang jadi pejuang bekal? ahhayy.. Mamiyu sih yes. Setiap Senin sampai Jumat, Alhamdulillah dari awal menikah hingga sekarang selalu rutin membuat bekal buat Papino. Dan ketika Teteh Nadaa udah mulai masuk sekolah, pasti nya Mamiyu buatin bekal juga.


Anak-anak tuh dah terbiasa makan makanan rumahan buatan Mamiyu. Apa lagi Teteh Nadaa di sekolah belum dikasih duit jajan juga, jadi kerjaan Mamiyu tiap pagi itu membuat bekal untuk Teteh Nadaa sekolah dan Papino kerja. Alhamdulillah lagi mereka ini gak pernah bawel soal makanan. Apa yang Mamiyu buat yaudah pasti dimakan. Cuma Teteh Nadaa ini fav nya ayam goreng dan Papino itu kerupuk! Iya ih, apa apa mesti kerupuk. Eh, bukan hanya kerupuk aja sih tapinya. Pokoknya yang kriuk-kriuk gitu deh. Ya emping, ya rempeyek, dan sebagainya.

Untuk ngebekel kan mau gak mau ya dengan wadah terpisah. Kalau nyatu dengan nasi dan lauk pauk ya jadi gak kriuk lagi dong. Jadinya Mamiyu buat di kerupuk itu masukin kantong plastik aja. Tutup rapat dengan isolasi. Alhamdulillah Aman sih, gak melempem begitu sampai kantor dan masuk jam makan siang.



Ada kalanya Papino sering skip sarapan karena buru-buru berangkat kerja. Sejadinya Mamiyu bawain bekal tambahan. Roti oles sama kopi. Nah, daripada bawa tempat bekel banyak-banyak, rotinya Mamiyu bungkus dengan plastik, lebih simple dan praktis. Jadi ketika sampai kantor bisa langsung dimakan rotinya, dan plastiknya dibuang ditempat sampah. Siang nanti baru makan bekelnya.


Sama seperti kantong keripik tadi, Mamiyu menggunakan plastik berukuran 15x30 buat taruh roti di bekal nya Papino. karena bentuk rotinya kan lebar ya, jadi biar masukinnya gampang ya pakai ukuran yang lebih besar. Nah, kantong plastik ini juga sering Mamiyu gunakan buat mengepal nasi untuk bekalnya Teteh Nadaa. Mamiyu suka buat bento kan di bekalnya Teteh Nadaa itu. Hasil kreasi bento yang Mamiyu buat bisa dilihat di instagram ya dengan hestek #BekelSekolahTetehNadaa

Kemasan Lama

Untuk stok kantong plastik dirumah, Mamiyu menggunakan Plastik PP Wayang ya. Ini juga tau dari Nyokap sih. Awalnya waktu itu lagi ada arisan keluarga gitu kan, biasaaaa lah sebagai tuan rumah pasti menyediakan kantong plastik buat sodara yang mau bungkus bawa pulang makanan. Nah waktu itu nyokap titip pesan ke Mamiyu, beli plastiknya yang merk wayang. Eh keterusan sampai skarang. Kalau beli kantong plastik buat makanan ya belinya merk Wayang ini.

Karena plastik wayang ini menggunakan seal yang dibuat dua lapis untuk benar-benar memastikan kekuatan kantong plastik selalu prima dan terjaga serta gak gampang jebol. Udah gitu plastik Wayang ini juga udah ada logo HALAL dari MUI, Penting tuh! Secara kan bersentuhan langsung ya dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi, jadi gak bisa ditawar lagi soal HALAL nya, WAJIB malahan. Udah gitu, plastik Wayang ini juga memiliki berbagai ukuran yang lengkap. Details ukurannya berapa aja, Mamiyu lupa. Hahaha.. Tar ya, kalau lagi ke toko plastik Mamiyu tanya deh sama yang jual.

Kemasan Baru


Tentang Kantong Plastik PP WAYANG
Kantong plastik wayang merupakan produk kantong plastik jenis PP (Polypropylene). Dimana kantong plastik PP sendiri adalah jenis kantong plastik yang memiliki karakter warna yang transparan, bening & jernih dengan permukaan yang mengkilap.

Kantong plastik PP Wayang mempunyai tagline “Bening dan Berkualitas” serta berkomitmen memberikan yang terbaik bagi konsumen dengan menggunakan bahan biji plastik berkualitas grade A, yang akan membuat tampilan plastic menjadi lebih bening dan jernih, sehingga akan lebih memperlihatkan keaslian warna dan bentuk dari produk yang dikemasnya. Selain itu kualitas bahan yang baik juga mengurangi resiko plastik lebih cepat menguning. Ini kadang yang bikin BT sih ya. Mamiyu ada beberapa kali aja tuh punya kantong plastik yang warnanya jadi berubah, padahal masih baru, belum dipakai.

Kemurnian dari biji plastik yang dipergunakan juga menjadi factor penting yang sangat diperhatikan. Dengan menggunakan bahan standard Food Grade (tidak mengandung bahan biji plastik daur ulang), makan kantong plastik PP Wayang sangat aman untuk digunakan dan bersentuhan langsung dengan produk makanan dan minuman.

Beberapa sertifikasi yang telah diterima plastik PP Wayang :
1. Sertifikasi ISO 9001 = Sertifikasi dalam hal manajemen produksi & penjamin mutu produk
2. Sertifikasi Halal MUI
3. Indonesia Best Brand Award (2011 – 2018) = Penghargaan untuk produk pilihan masyarakat

Contoh penggunaan  plastik PP Wayang :
- Plastik pembungkus laundry
- Plastik pembungkus kue jajanan pasar
- Plastik pembungkus kerupuk tradisional
- Plastik pembungkus bumbu kering (bumbu masak)
- Plastik pembungkus perhiasan & aksesoris perempuan
- Plastik pembungkus gadget ketika hujan, dan sebagainya

Tapi ya, sebisa mungkin penggunaan kantong plastik dilakukan dengan bijak aja ya. Kalau gak penting-penting banget mendingan tunda dulu deh menggunakan plastiknya. Dan jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan sembarangan, apa lagi kalau dibuang di selokan/kali.



10 komentar:

  1. Wah menyenangkan ya, Mamiyu kalau warga rumah senang untuk menyantap semua yg disiapkan 😁 Untuk kerupuk memang plastiknya mesti yg bagus ya, biar gak cepet melempem. Dan yg pasti, mesti plastik yg aman untuk makanan ya 😍

    BalasHapus
  2. Betul aku setuju banget kalau gak urgents jangan keseringan pakai kantong plastik...yuk sayangi bumi kurangi plastik.

    BalasHapus
  3. Terkadang kantong plastik dibutuhkan dan pilih yang aman

    BalasHapus
  4. Ibu yang bijak nih , gunakan kantong plastik seperlunya saja, dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya

    BalasHapus
  5. Emang ya kl masak makanan sendiri,selain bisa hemat, kita jg bisa menentukan sdh cukup aman dan sehat kah makanan yg kita buat,begitu pula dgn kemasannya, pasti kl d rumah langsung menggunakan perabotan ya, gak pake kantong plastik lg, hehehe ..

    BalasHapus
  6. Orang kita memang rada berlebihan sih kalau pakai kantong plastik. Terus masih suka buang sembarangan juga. Duh mindset masyarakat ini harus diubah deh..

    BalasHapus
  7. Makanan sehat sekarang harus banget mamiyu, karena sehat itu mahal. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah swt, aamiin

    BalasHapus
  8. Wah semua bisa di kemas ya kl ini, yg penting aman

    BalasHapus
  9. penting agar makanan jadi sehat dan higenis ya :D

    BalasHapus
  10. Waahh ini mahh bisa buat bungkus apa aja ya miyu😍 tosslah kita samaan kang bekel kemana2 bawa bekel yaa biar sehat. Btw, plastik wayang dijual gak sih kek gt? Beli dmn? Kelud nggak nyampek🤭

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih