Sabtu, 23 Desember 2017

Operasi Caesar anak ketiga di RS MASMITRA dengan BPJS Kesehatan

Mohon Maaf, ini postingan super duper telat, karena kejadiannya waktu  akhir Juli 2017, sekarang Dede Nadine udah mau 5 bulan umurnya. tapi sayang untuk tidak diceritakan.

Pertama kali liat hasil tespek di hamil yang ketiga kemarin, jujur aja Mamiyu sedih dan takut. Bukan gak bersyukur ya sama Allah karena dikasih rejeki lagi kayak gitu. Senang sih sudah pasti, tapi campur aduk gitu rasanya! gimana enggak.. Teteh Nadaa aja masih 3 tahun dan Abang Zack baru 1 tahun.. belum lagi pasti ada cibiran dari orang-orang sekitar yang mungkin niatnya becanda ya.. tp tetap saja bikin jengkel didengernya. kayak gini, "buset, hamil lagi vha? doyan banget" atau "kamu hamil lagi? anak-anak kan masih pada kecil-kecil" atau "seriusan vha hamil lagi, yang sebelumnya SC kan, deket-deket gitu jaraknya apa gak kenapa-kenapa tuh?" dan sebagainya -_- emangnya kalau yang anaknya gak banyak itu pada gak "doyan" apa ya? hufff... dan akhirnya di hamil yang ketiga kemarin itu emang gak di woro-woro di sosmed.. kalau yang temen beneran, yang sering ketemu di dunia nyata, ya mereka sih pasti tau ya.. padahal lebih enak didengar kalau komentar reaksinya kayak gini aja, "alhamdulillah ya vha, hamil anak ketiga dengan jarak sebelumnya deketan, semoga sehat selalu, tambah cantik, dan seksi sesudah lahirannya entar" hahahaha....


maunya sih selalu dokumentasiin USG Dede tiap bulan, tapi apa daya.
Papino nya udah keburu rempong sama anak dua yang pada kepo ngeliatin Emaknya.
ini kayaknya USG yang kedua waktu awal-awal hamil.



Sebelum kunjungan ke RS, perasaan selalu gelisah. ngeri-ngeri sedap dengan artikel yang beredar di beranda Facebook. lupa juga sumbernya. udah keburu parno duluan! kurleb isinya tentang kehamilan yang jaraknya berdekatan dan melahirkan dengan proses Sectio Caesar.. ada yang menyatakan, rahim bisa sobek dan yang paling mengerikan katanya kalau gak anaknya, Ibunya yang akan meninggal pas proses melahirkan.. duhhhhhh

jadi pas melahirkan Abang Zack kemarin emang lumayan berat ya rasanya.. jahitannya kebuka!! awalnya bolong kecil-kecil, kelamaan jadi sobek tambah lebar.. darah rembes banyak, terus jadi bernanah dan jangan ditanya gimana rasa sakitnya ya.. apa lagi Mamiyu gak ada yang bantu buat kesehariannya.. rasanya kayak beneran hidup sendiri didunia ini.. hanya ada Suami dan Anak-anak.. Alhamdulillah yang seperti itu bisa Mamiyu lewati.. gak menimbulkan trauma sih di hamil ketiga kemarin, mungkin karena "batu" ya Mamiyu orangnya.. abis gimana ya, jadi Ibu kan kudu setrong, kalau dikit-dikit drop, kesian ke anak-anak juga kan?

Emang udah jadi rejeki anak ketiga ini ya, Alhamdulillah RS tempat melahirkan Teteh Nadaa dulu, sudah bisa terima pasien BPJS! yaiy.. 


Sudah pasti dikehamilan ketiga kemarin, Mamiyu kontrol sama Dr. (Eyang) Suharwan ya.. awal kontrol, begitu buka pintu, beliau lg lihat catatan medis Mamiyu, dan bener aja beliau langsung menebak "Hamil lagi ya" hahaha.. melegakan sekali denger omongannya, kecemasan yang Mamiyu alami seketika pudar..  gimana enggak, pas lagi di USG aja beliau sering banget bilang, yang ketiga ini cewek aja ya, terus nanti langsung promil anak ke empat yang cowok! hahaha.. Dokterrrrr.... dan begitu jenis kelamin sudah terlihat bener aja dong, hasilnya perempuan dan begitu lahir pun Alhamdulillah perempuan dan diberi nama, A. Nadine Mustofa ♥

BB : 2900 gram, Panjang : 44cm

beberapa minggu menjelang Melahirkan Dede Nadine ini lumayan bolak-balik ke RS terus. di usia kandungan 34 minggu Mamiyu Diare, melilit banget sampai masuk RS. tapi gak sampai dirawat, dikasih obat terus pulang. karena dengan BPJS jadi gak perlu keluar duit sepeser pun. tinggal tunjukin aja kartu BPJSnya. 2 minggu kemudian Mamiyu kontraksi banget-banget, perut rasanya sakit, terutama dibagian bekas jahitan sebelumnya, kenceng, perih, gerak dikit langsung nyeri. balik lagi ke RS. di IGD diperiksa, ternyata bukan kontraksi karena pas di check dedenya malah tidur. hahaha. dikasih obat penahan rasa sakit yang bentuknya kayak peluru, dimasukin lewat bawah -_- pulang kerumah, 4 hari selanjutnya balik kontrol lagi ke Dr. Wawan dan akhirnya langsung atur jadwal untuk minggu depannya (usia kandungan 37 minggu)

Waktu lahiran Abang Zack juga pakai BPJS, tapi di RS lain, bisa baca ulasannya disini :
Review RS ANNA Pekayon

Kan waktu melahirkan anak pertama di RS Masmitra dengan biaya pribadi ya, disini Mamiyu SANGAT tidak melihat perbedaannya loh dengan BPJS. dari segi pelayanan maupun ruang rawat inapnya. kalau waktu itu tinggal dateng ke RS terus pulangnya harus sedia uang puluhan juta. kali ini sebelum ke RS harus nyiapin berkas-berkas dan ke Faskes tingkat II terlebih dahulu untuk minta rujukan, sepulang lahiran lega karena gak keluar duit sama skali untuk biaya RS nya. *Alhamdulillah

kali ini Mamiyu turun kelas untuk BPJS nya jadi kelas II. di Masmitra ini satu ruangan isi 3 pasien + 1 kamar mandi + 1 TV. waktu itu ada temen barengannya. masuk ruang operasi bareng, sama-sama melahirkan anak perempuan. ini beneran, GAK ADA PERBEDAAN sama sekali karena menggunakan BPJS. namun di ruang operasi sempat ditanya sama Asisten Dokternya, "Ibu mau biaya full BPJS atau plus-plus? kalau plus-plus akan ada tambahan biaya untuk obat penahan rasa sakit pasca lahiran (kurleb 500rb) dan jenis benang nya pun akan berbeda, yah pokoknya total semuanya kurang dari 1 juta" dan kami memutuskan untuk full BPJS saja. disini Mamiyu beneran sudah PASRAH banget LILLAHITA'ALLA ya. langsung keingetan duka nya pasca SC 2x sebelumnya. mungkin memang lebay, Mamiyu langsung bisikin Papino, "kalau Mamiyu meninggal, jagain anak-anak ya, jangan sampai ditelantarin" setelah itu malah dikeplak! terus komentar "gampang itu Mih, tinggal cari Mama baru" hadeh... ngeselin! >_<


disini masih bisa ketemu Teteh Nadaa sama Abang Zack bentaran,
setelah itu mereka nunggu di mobil dan lanjut tidur (karena masih pagi banget)


AJAIBnya tangan Dokter Wawan, rumor-rumor yang beredar sirna begitu saja. Mamiyu membuktikan sendiri. tanpa biaya plus-plus, Mamiyu dapat bertahan. sakit gak? iya lah udah pasti. tapi masih bisa ditahan ketika lihat Bayi nya. lahiran hari Jumat pagi, Minggu siang udah pulang. Beneran gak ada bedanya sama lahiran anak pertama dulu. malah kali ini lebih lega, karena gak keluar biaya sama skali untuk biaya RS nya. 100% FREE. Terima kasih BPJS ♥


Papino & Dede foto di ruang rawat inap

dan dari situ rempongnya sebagai Ibu Rumah Tangga ber-anak tiga yang tanpa dibantu Asisten Rumah Tangga pun dimulai.. jrengggggg!!! *tepuk-tepuk dada uhuk...




PR selanjutnya sebelum Dede berumur 1 tahun adalah PASANG KB! mau pakai IUD yang 5 tahun. next kalau sudah dipasang nanti diceritain lagi ya.

Dede udah mau 5 bulan, sebentar lagi MPASI

16 komentar:

  1. Wahhh, ikut seneng mbak dengan kelahiran dedek nadine. Semoga rezekinya makin bertambah juga berkahnya. Seneng sih kalau lihat emak2 lahiran, apalagi rata2 temenku dah pada nikah dan punya debay wkwkwk
    Kalau aku mah, wisuda aja dulu deh #hiks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Iya kudoain biar lekas wisuda, dapet kerjaan yg sesuai terus menikah dan punya anak deh hihihi.. SEMANGATTTTT

      Hapus
  2. Semangat terus ya mba.. meski remping rempong :) lucu2 semuaa
    Aku pernah jenguk temen di RS. Anna mbaa...klo Masmitra aku belum pernah. Jadi meski pakai BPJS tidak ada perbedaan ya mbaa, perlakuan dan tindakan medisnya, ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh, kayaknya kalau di Anna itu emang udah biasa terima pasien BPJS ya, jd kayaknya ada kamar khusus gitu.. Soalnya beberapa tahun sebelumnya temenku lahiran disana juga tapi kamarnya beda gitu.. tapi kalau servicenya sama aja ah, aku gak ngerasa di jutekin gitu hehehe

      Hapus
  3. wah infonya bermanfaat, kebetulan temenku kemarin nayri info mengenai melahirkan dengan bpjs. makasih sudah berbagi yah mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, masama ya mbak.. salam kenal ya.. semoga berkenan sama postingan saya ini, terima kasih sudah mampir

      Hapus
  4. waaah teroima kasih sudah berbagi cerita mbak. Kebetulan kemarin temenku ada yang nanyain entang bpjs kesehatan untuk melahirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga berkenan dengan cerita saya ya mbak.. Salam kenal

      Hapus
  5. Waaaahhh Alhamdulillah
    Semoga dedek menjadi anak soleha kesayangan keluargaaaaa

    Duh seneng dan terharu banget liat krucil nya mams jejer tiga begitu rukun banget
    Jadi pengen punya krucil juga sayangnya pasangan aja belum punya hahahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin....

      Ayo mas, lekas disegerakan menyusul menikah dan punya anak hihihi..

      Hapus
  6. Selamat semoga menjadi anak yang sholeha dan berbakti kepada kedua orang tua nya..amiin

    BalasHapus
  7. Wah sama kita yaa ibu rempong beranak tiga yang kudu setrong biar anak2 bahagia

    BalasHapus
  8. Kalau akau cesarnya dadakan mbak, di bukaan tujuh macet :(
    Tapi normal ataupun cesar, yang penting semua sehat ya, mba :)

    BalasHapus
  9. Waaaoooo, keren banget nih mamiyu.

    Saya juga sesar kemaren pakai BPJS, tapi bayar sih, soalnya upgrade kamar inap, dan cepet banget pulangnya :)

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih