Senin, 27 Maret 2023

Tidak Perlu Khawatir Lagi Karena Sekarang Sirop Obat Sudah Aman Untuk Anak

 "Karena nila setitik, rusak susu sebelangga. Karena EG setitik, rusak sirop senegara - dr. Piprim"

 

Assalamu'alaikum semuanya.. Sebagai Ibu yang mempunyai 4 anak yang masih kecil-kecil, tentunya kejadian Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) yang melonjak tajam secara massal selama periode Januari 2022 hingga Oktober 2022 kemaren, asliiii.... bikin Mamiyu parno banget! Pasalnya, kasus GGAPA ini disebabkan oleh tercemarnya sirop obat. Seluruh instansi dan organisasi terkait telah melakukan investigasi dan evaluasi ulang secara menyeluruh dan menyimpulkan bahwa satu-satunya penyebab kasus GGAPA yang terjadi karena adanya cemaran bahan pelarut Propilen Glikol (PG) / Propilen Etilen Glikol (PEG) yang diganti dengan Etilen Glikol (EG) / Di etilen Glikol (DEG) oleh salah satu oknum perusahaan supplier kimia. Hingga saat ini, pemberitaan kasus sirop obat masih meresahkan masyarakat dan menyebabkan terjadinya konversi bentuk obat dari sirup menjadi resep bentuk puyer, yang secara higienis belum tentu memenuhi persyaratan kualitas obat yang baik.


Sebagai Ibu yang mempunyai pengalaman pahit ketika anak demam, tentunya hal seperti ini beneran bikin panik karena anaknya juga masih belum bisa konsumsi obat selain sirop. Saat itu juga, stok obat pereda demam yang ada di rumah untuk anak-anak langsung Mamiyu buang! Saking parnonya.


Sabtu, 04 Maret 2023

3 Menu Seafood Kesukaan Anak-anak & Keluarga

 Assalamu'alaikum Ibu-ibu semuanya. Selama sepuluh tahun menjadi Isteri & Ibu, jujur aja ya sampai sekarang tuh Mamiyu masih sering banget bingung mau masak apa untuk hari ini. Alhamdulillah anak-anak gak terlalu ribet perkara makan. Apa aja mereka mah hayuk, dan doyan-doyan aja. Apa yang Mamiyu masak ya pasti mereka makan. Tapi ya gitu deh, ujung-ujungnya paling kalau gak ayam ya telor. Gitu aja udah setiap harinya. Hahaha..

Padahal ya, sumber protein yang bagus dan sehat tuh masih banyak lagi yang lainnya. Salah satunya ikan. Iya, ikan dan teman-temannya kayak udang. Tapi kalau lagi kepengen makan ika, auto kebayang ribet pengolahannya pas masak. Belum lagi cucian perabotan yang kotornya 😭 Susah banget kan ya hilangin bau amisnya. Ampuuunnn~ nyerah deh kalau harus sering-sering masak seafood! Padahal anak-anak doyan banget sama seafood.