Rabu, 18 Agustus 2021

#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Untuk Majukan Indonesia

 Assalamualaikum, Bunda semuanya. Gimana kabar sekolah si Kecil? Sangat disayangkan sekali ya. Tahun ajaran kali ini, anak-anak kembali belajar di rumah. Sama seperti tahun ajaran sebelumnya, kali ini sekolahnya masih secara daring. Menurut Bunda sekalian, ada kendala gak Bund selama sekolah daring? Kalau Mamiyu sih ya, kendala yang paling menjengkelkan ketika akses internet (wifi) tiba-tiba mati atau loading lama, sedangkan anak ada jadwal zoom/google meet. Aduh, rasanya lumayan mumet juga. Apa lagi tahun ini Mamiyu punya dua anak yang bersekolah. Teteh Nadaa (kelas 2 SD) dan Abang Zack (TK-B). Alhamdulillah kalau Teteh Nadaa udah bisa stabil Mood nya, jadi ga pusing-pusing banget deh Mamiyu ngajarinnya. Yang agak susah masih Abang Zack nih, Mood nya masih naik-turun. Waaahhhh. Effortnya lumayan gede banget deh supaya dia bisa kembali fokus ketika gurunya sedang menerangkan via gadget/laptop.


Namun tidak hanya akses edukasi aja sih yang sulit, tapi ternyata akses nutrisi juga. Terutama buat kepala keluarga yang kehilangan pekerjaan, karena pandemi ini. Dampaknya akan terasa di masa depan, seperti apa kualitas anak-anak kita nanti. Ternya di Indonesia terdapat 9 dari 10 yang masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses terhadap nutrisi dan pendidikan. Makanya nih, Mamiyu seneng banget deh bisa hadir dalam acara Press Conference peluncuran gerakan sosial #AyoTunjukTangan dari SGM Eksplor.


Peluncuran Gerakan Sosial dari SGM Eksplor :

" #AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Untuk Majukan Indonesia'


Acara ini berlangsung tanggal 16 Agustus 2021 yang lalu. Tepat satu hari sebelum kita merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun. Tentunya semangat kemerdekaan pun turut serta dalam acara ini. Berdasarkan komitmen yang SGM Eksplor pegang, bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk berkembang, untuk itu tidak boleh ada anak yang tertinggal dalam memperoleh akses kemajuan (termasuk akses nutrisi dan pendidikan), SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial "#AyoTunjukTangan Bersama 2 Juta Bunda Majukan Indonesia". 


Adapun narasumber yang hadir, sangat berperan penting dibidangnya masing-masing, yaitu :

❤️ Kak Seto - Pemerhati dan Sahabat Anak Indonesia dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI)

❤️ Reza Rahardian - Aktor dan aktivis sosial 

❤️ Bunda Alyssa Soebandono - Aktris dan Ibu dari 2 anak 

❤️ Astrid Prasetyo - Marketing Manager SGM Eksplor

❤️ Vera Galuh Sugijanto - VP General Secretary Danone Indonesia


Ibu Vera Galuh mengatakan bahwa anak-anak adalah arsitek kemajuan bangsa. Untuk itu mereka berhak memperoleh kemerdekaan pendidikan dan nutrisi. Namun, hal tersebut masih jadi kendala terutama situasi dan kondisi pandemi seperti sekarang ini sangat berpengaruh pada situasi ekonomi, pendidikan dan kesehatan. 


Jika kita melihat ke lingkungan sekitar, tentunya pandemi ini sangat memiliki dampak yang sungguh luar biasa, khususnya masalah ekonomi keluarga. Tentunya hal tersebut mengalami perubahan gaya hidup, terutama orang tua yang memiliki anak. Yah kayak Mamiyu ini. Kalau diingat kebelakang, rasanya gaya hidup lumayan udah banyak yang berubah. contoh kecil seperi udah lama gak liburan, udah lama juga gak ajak anak jalan-jalan ke Mall. Untuk kebutuhan nutrisi pun sudah banyak yang berubah. Karena hampir selama 24jam setiap harinya kami di rumah saja, jadi ya kerjaan Mamiyu tuh ga jauh dari dapur deh. Semua kebutuhan nutrisi kebanyakan homemade! šŸ˜


Demi kewarasan bersama, Mamiyu pun mulai berdamai sama diri sendiri. Kita sebagai Orang Tua jangan sampai melakukan kekerasan terhadap anak karena alasan pendidikan. Pastinya stress banget ya kita, Bund. Kesannya tuh ngajarin anak sekolah kayak susaaah banget ngertinya. šŸ˜…


Kalau kata Kak Seto nih ya, "Kekerasan atas nama pendidikan dengan memaksa anak untuk belajar sesuai dengan kehendak orangtua, hal tersebut sama saja seperti tidak menghargai bakat anak." Semacam kita memaksa anak untuk berprestasi disekolah, namun sesungguhnya anak sudah mengerahkan segala kemampuannya tapi ternyata anak gagal meraih peringkat pertama. Padahal dalam situasi pembelajaran daring, anak-anak hanya didampingi secara langsung oleh orangtua, biasanya orangtua sering lepas kontrol sehingga ketika pembelajaran sedang berlangsung tanpa sadar kita malah jadi membentak anak, bahkan ada juga yang langsung memberi hukuman fisik ke anaknya. Gimana anak mau fokus belajar ya Bun, kalau yg ngajarinnya marah-marah gitu hehehe..




Untuk itu Kak Seto menyarankan agar orangtua dalam membimbing  anak ketika belajar secara daring, dibuat suasana yang menyenangkan. Cara penyampaiannya pun santai aja ya Bund, jangan nge-gass! Gunakan bahasa yang mudah dicerna anak, lemah lembut gitu ya Bund.


Menurut Astrid Prasetyo, "Bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan akses pendidikan dan nutrisi. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. SGM Eksplor memiliki misi untuk mendukung anak Indonesia agar menjadi Generasi Maju." Untuk itu SGM Eksplor membuktikannya dengan dukungan akan nutrisi, akses edukasi, dan fasilitas pendidikan. Di antaranya ada pembagian susu gratis, renovasi sekolah, pemberian fasilitas smartphone, internet, dan laptop untuk belajar daring. Semua dilakukan demi Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, dan tumbuh kembang yang maksimal.




Jadi, SGM Eksplor ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi gerakan sosial #AyoTunjukTangan untuk anak Indonesia agar mereka semua bisa jadi Generasi Maju. Gerakan #AyoTunjukTangan merupakan gerakan donasi untuk anak Indonesia dengan memberikan akses pendidikan. Kampanye ini didukung oleh Telkomsel, Cakap, dan kalangan Retailer. Untuk semua donasi yang terkumpul, disuport oleh SGM Eksplor dan partner.


SGM Eksplor telah menghadirkan inovasi produk susu pertumbuhan di awal 2021, dimana susu tersebut mampu mendukung pemenuhan nutrisi lengkap dan seimbang bagi anak berusia di atas 1 tahun dengan kombinasi unik Zat Besi dan Vitamin C, IronC, DHA, Omega 3&6, dan juga nutrisi penting yang lainnya. Sedangkan dalam akses pendidikan, SGM Eksplor sudah melakukan berbagai bantuan pendidikan melalui program Rumah Belajar Generasi Maju, Kelas Generasi Maju dan Edukasi Gizi Seimbang Isi Piringku untuk anak usia 4-6 tahun, sebagai upaya memberikan dukungan penuh untuk anak-anak Indonesia.


Alyssa Soebandono mengatakan, "Saya percaya bahwa gerakan #AyoTunjukTangan yang merupakan dukungan kolektif dari seluruh masyarakat Indonesia, khususnya dari para Bunda untuk membantu para Bunda lainnya untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan pendidikan  anak-anak terpenuhi demi kemajuan dalam setiap tahap kehidupannya. Untuk itu, mari kita berpartisipasi dalam gerakan ini untuk mempersiapkan SDM yang unggul untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.




Begitu juga Reza Rahardian sebagai perwakilan dari generasi muda, Reza percaya kalau kesuksesan anak-anak Indonesia bukan hanya di tangan para Orangtua mereka saja, melainkan ditangan generasi muda dan Generasi Maju.


Cara Berpartisipasi Dalam Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan


Dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini, setiap partisipasi dari berbagai pihak akan didonasikan paket nutrisi untuk usia anak di tas 1 tahun, berupa paket beasiswa online, dan juga perbaikan fasilitas belajar bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan.


Untuk ikut berpartisipasi dalam aksi sosial ini, caranya sangat mudah sekali, Bund.. Bisa langsung mengunjungi website : https://www.generasimaju.co.id/ayotunjuktangan dan langsung pilih jenis donasi yang diinginkan. Sebelumnya Bunda isi data diri dan verifikasi dulu ya, kemudian Bunda bisa share aksi Bunda ini ke media sosial yang Bunda miliki. Bunda bisa beri dukungan sebanyak-banyaknya, lho! Supaya semakin banyak anak Indonesia yang bisa jadi maju dan sukses, Aamiin.


Sebagai penutup acara, Kak Seto menyebutkan bahwa anak-anak ibarat bunga yang akan mekar sempurna jika ditanam di tanah yang subur. Nah, kita semua ini yang di ibaratkan sebagai tanah yang subur tersebut, jika saling mendukung untuk kemajuan anak Indonesia. Apa lagi menurut penelitian, selama pandemi terdapat 13% anak yang depresi akibat kesulitan akses belajar. Untuk itu kita harus hargai bakat dan minat anak. Karena tidak semua anak memiliki kecerdasan yang sama rata. Ada yang menonjol di bidang seni, olahraga, dan lain-lain.




Acara diakhiri dengan peluncuran gerakan #AyoTunjukTangan dengan bersama-sama mengangkat tangan kanan dan tunjuk tangan. Tentunya dengan satu dukungan yang sudah kita berikan, bisa membawa perubahan besar ya Bund..



Mamiyu pribadi auto ikutan aksi Tunjuk Tangan bersama 2 juta Bunda lainnya untuk memajukan Indonesia. Bunda ikutan juga yaa ❤️


#AyoTunjukTangan

GenerasiMaju

#SGMEkpslor












14 komentar:

  1. sekarang kasus stunting semakin meningkat ya. Apalagi di masa krisis saat ini. Semoga gerakan tunjuk tangan bisa membantu mengurangi angka gizi buruk balita di indonesia

    BalasHapus
  2. Acara yang seru dan menambah banyak wawasan tentang anak yaa dari SGM. Aku suka lihat emang SGM sering bikin acara edukasi yang mencerahkan.

    Aku salfok sama kak Seto tetap paripurna dari masa ke masa.

    BalasHapus
  3. keren kampanyenya ...
    Untuk bunda, dari bunda dan oleh bunda

    karena gak semua bunda paham nutrisi, mereka sering "asal anak mau makan"

    padahal tanpa nutrisi yang cukup, gimana anak mau berkembang sempurna?

    BalasHapus
  4. Emang bener kata Kak Seto, ga boleh maksain anak belajar, takutnya nalah trauma.

    Jadi inget waktu kecil itu mama ga pernah maksa aku belajar. Tapi karena mama guru, jadi aku belajar secara ga langsung dengan dibiarin ngetikin soal, baca jawaban soal murid-muridnya.

    BalasHapus
  5. Nutrisi sangat pengaruh nih di tumbuh kembang anak. Apalagi pengaruhnya hingga dewasa nanti

    BalasHapus
  6. Semoga gerakan #AyoTunjukTangan menjadi gerakan yang sangat bagus untuk kemajuan kualitas keluarga di Indonesia, tak sekadar terkait pertumbuhan anak tapi juga hubungan antar anggota keluarga dalam menjalankan peran masing-masing

    BalasHapus
  7. Suka banget dengan program dari SGM ini, makin banyak dukungan, makin banyak perubahan besar ya bisa dirasakan, apalagi tentang nutrisi ya mba

    BalasHapus
  8. Ada banyak hal yang masih harus diperbaiki pastinya nih selain pendidikan ya. Nutrisi anak-anak bangsa ternyata masih belum terpenuhi sepenuhnya. Menarik tentunya dengan adanya gerakan tunjuk tangan ini,kak. Mari bersama dukung pastinya ya.

    BalasHapus
  9. SGM Eksplor nggak hanya memerhatikan kualitas produknya saja ya. Melalui gerakan #AyoTunjukTangan, SGM juga turut dalam gerakan sosial dan membantu pendidikan anak bangsa.

    BalasHapus
  10. Wah acaranya keren pematerinya kece2 ya.

    Wah asyik banget tampaknya forumnya.
    Pernyataan kak seto ini bisa jadi melatarbelakang ptm harus segra di mulai ya.

    Sebab secara orangtua itu di era landemi emang gak siap menjadi guru di rumah sedangkan anak tugasnya makin numpuk. Hiks

    BalasHapus
  11. Aku sudah ikutaaaan. Semoga deh banyak yang ikutan juga. Demi terciptanya generasi maju di masa depan. Dan semoga fakta 9 dari 10 anak yang masih berkendala dengan akses nutrisi serta pendidikan bisa tercukupi. Dan semoga juga banyak perusahaan lain yang terinspirasi untuk melakukan hal serupa.

    BalasHapus
  12. kalau dipikir-pikir kasian ya kalau anak sampai belajar dengan terpaksa. orang tua jadinya harus pintar bikin cara agar belajar jadi menyenangkan buat anak. semoga aja nih aku nanti bisa mengajak anak belajar dengan menyenangkan

    BalasHapus
  13. Salut dengan gerakan sosial yang diadakan SGM Eksplor. Sangat membantu anak2 Indonesia untuk mengatasi masalah ketimpangan oada akses nutrisi dan pendidikan ya. Nah, saya juga sudah ikut tunjuk tangan untuk dukung kemajuan anak Indonesia

    BalasHapus
  14. Inisiatif yang bagus banget dari SGM ya.. memang harus diperhatikan nih ketimpangan akses nutrisi. Kaitannya erat dengan masa depan bangsa

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih