Rabu, 08 Juli 2020

Menjadi Bunda Tanggap Alergi Dengan Melakukan 3K

Gak pernah terbayangkan punya anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Nadaa, anak pertama Mamiyu. Punya riwayat alergi susu sapi berikut turunannya. Jangankan minum susu ya, baru makan keju secuil aja, diseputar mulutnya langsung reaksi ruam dan bersin-bersin tanpa sebab.

Terlebih di masa peralihan dari Pandemi menuju new normal seperti sekarang ini ya. Jujur aja, Mamiyu sangat khawatir dengan kesehatan anak-anak. Punya empat anak yang masih pada kecil-kecil, bikin Mamiyu bertekad untuk tetap "mengurung" anak-anak tetap di rumah saja dan tidak berpergian ke luar rumah.

Kekhawatiran ini tentunya bukan tanpa alasan ya. Karena kalau dilihat dari data terakhir yang dipublikasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menunjukkan kasus anak yang terkonfirmasi positif terkena virus COVID-19 di Indonesia sangat tinggi dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Tingginya angka kasus tersebut menunjukkan bahwa anak-anak menjadi kelompok usia yang rentan mengalami penularan di masa pandemi, termasuk anak yang alergi dengan protein susu sapi.


Kalau diingat kebelakang, sebenernya gimana sih awalnya Teteh Nadaa bisa dibilang alergi terhadap protein susu sapi? Yah ketauannya pas MPASI. Ketika mulai diperkenalkan sama unsalted butter dan keju. Reaksinya langsung keliatan, hitungan detik setelah anaknya makan. Gak cukup sampai situ, sepanjang malam ketika tidur si Kecil gelisah dan rewel. Apa lagi waktu belum bisa bicara ya (6 bulan) makin bingung lah, kenapa bisa kayak gitu. Ditambah Teteh Nadaa makannya lumayan susah waktu itu. GTM setiap hari. Sempat kepikiran buat kasih susu tambahan selain ASI. Karena kan rewel terus tuh anaknya. Kirain laper kan, apa ASI Mamiyu kurang atau gimana, setiap menyusui kok sering gumoh. Terus pas udah dikasih susu sapi, gak lama setelah minum susu eh malah muntah dong Tetehnya. Keluar semua isinya, termasuk makanan. Nyuapinnya penuh drama padahal. uhhh.. stress berat Mamiyu liatnya. Akhirnya Mamiyu ke DSA dan konsultasi langsung gitu, biar gak menerka-nerka. Ternyata memang benar, Teteh Nadaa alergi protein susu sapi berikut turunannya.

Ciri-ciri anak alergi susu sapi :
✅ Memiliki gangguan pencernaan seperti keram perut, perut kembung, gampang gumoh/bahkan sering muntah, dan diare.
✅ Gatal dan ruam di seputar mulut & pipi.
✅ Bengkak-bengkal dibagian tertentu.
✅ Batuk-batuk/bersin tanpa sebab.
✅ Mata berair.
✅ Rewel dan sering menangis.



Senang sekali ketika terpilih menjadi salah satu peserta webinar via zoom bersama SGM @soya_generasimaju yang membahas tentang, : "Tanggap Alergi  di Masa Pandemi Untuk Generasi Maju". Narasumbernya pun sangat ahli di bidangnya, yaitu :
✅ Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M.Kes. - Konsultan Alergi dan Imunologi Anak
✅ Anggi Morika Septie - Senior Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya
✅ Mediana Herwijayanti - Digital Marketing Manager SGM Eksplor Advance+ Soya
✅ Natasha Rizky - Selebriti & Seorang Bunda dari 3 orang anak.



Prof Budi mengatakan, “Kesehatan anak di masa pandemi ini memang rentan, termasuk anak yang alergi terhadap protein susu sapi, karena sistem daya tahan tubuhnya unik dan lebih sensitif. Untuk itu, pemahaman masyarakat khususnya orang tua mengenai penyebab terjadinya alergi susu sapi pada si Kecil perlu terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat agar kesehatannya terus terjaga dan ia tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal seperti anak-anak lainnya”

Ini sih salah satu pertimbangan Mamiyu menjadi lebih ketat lagi ke nutrisi si Kecil, terutama Teteh yang punya riwayat alergi terhadap protein susu sapi. Gak mau sembarangan kasih asupan. Karena kalau udah cuek nih, malah jadi kasihan ke Teteh. Karena alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi yang paling banyak dialami anak.



Gejala yang muncul akibat anak alergi susu sapi biasanya menyerang kulit seperti ruam-ruam merah, sistem pernapasan seperti batuk dan bersin yang berulang, atau sistem pencernaan misalnya sakit perut yang membuat si kecil menjadi rewel.

Alergi susu sapi pada si Kecil diakibatkan oleh respon sistem imun yang tidak normal terhadap protein susu sapi (whey dan kasein). Hal ini perlu menjadi perhatian karena susu adalah salah satu sumber protein yang dibutuhkan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Di sini, peran orang tua khususnya Bunda sangat penting untuk menangani kondisi anak yang alergi sapi, termasuk pemberian nutrisi alternatif yang tepat.

Sangat penting bagi orang tua untuk tetap tanggap dalam penanganan anak dengan kondisi alergi susu sapi di masa pandemi seperti sekarang ini. Orang tua harus memahami gejala-gejala yang muncul akibat alergi susu sapi, berkonsultasi dengan tenaga ahli yang saat ini bisa juga dilakukan melalui telepon maupun online, serta mengendalikan faktor penyebabnya dengan nutrisi alternatif yang tepat dan aktivitas fisik sesuai usianya untuk bantu mengurangi gejala yang muncul akibat alergi susu sapi. Jujur, Mamiyu sangat takut kalau ajak anak ke Rumah Sakit. Jadi, sekarang-sekarang ini masih sangat mengandalkan konsultasi online dengan Dokter langganan. Kebetulan Mamiyu punya nomer whatsapp DSA nya anak-anak. Lebih penting lagi, menjaga kesehatan anak agar lebih fit dan jauh-jauh dari penyakit sih, yaa. Salah satunya dengan berjemur setiap pagi sambil bermain di halaman depan rumah.

Dalam rangka mendukung World Allergy Week 2020 atau Pekan Alergi Dunia, PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) melalui brand SGM Eksplor Advance+ Soya ingin memberikan inspirasi dan mengajak para Bunda untuk jaga kesehatan si Kecil yang alergi susu sapi dengan menjadi Bunda Tanggap Alergi Generasi Maju melalui gerakan 3K, yaitu: Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan, melalui rangkaian program edukasi “Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju”. 

Mba Anggi Morika selaku Senior Brand Manager SGM Eksplor Advance+ Soya mengatakan, “Melalui rangkaian program edukasi di Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju,  SGM Eksplor Advance+ Soya sebagai pemimpin pasar ingin memberikan inspirasi dan mengajak para Bunda untuk jaga kesehatan si Kecil dengan Tanggap Alergi melalui gerakan 3K"



Kenali
Kenali gejala alergi susu sapi
Konsultasikan
Segera konsultasikan jika ditemui gejala alergi susu sapi
Kendalikan 
Kendalikan faktor penyebab alergi susu sapi dengan alternatif nutrisi yang tepat agar Si Kecil bisa tetap tumbuh dan berkembang secara optimal.

Mba Medina selaku Digital Marketing Manager SGM Eksplor Advance+ Soya mengatakan, “Untuk memberikan inspirasi dan mendukung para Bunda Tanggap Alergi Generasi Maju agar tetap memperoleh edukasi nutrisi serta cara mengatasi dan mengendalikan faktor yang menyebabkan alergi susu sapi, SGM Eksplor Advance+ Soya menghadirkan rangkaian kegiatan dalam acara ”Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju”. Kegiatan ini berupa konten-konten edukasi digital yang bisa diakses dengan mudah dan dijangkau oleh puluhan juta Bunda di Indonesia melalui akun Instagram @soya_generasimaju dan Facebook Page Soya untuk Generasi Maju.  Konten edukasi digital yang kami tayangkan antara lain interaksi langsung bersama para ahli melalui sesi Expert Chat bekerja sama dengan beberapa publishers seputar nutrisi dan penanganan anak yang alergi susu sapi, kelas Zumba Tanggap Alergi dengan gerakan olahraga ringan untuk Bunda dan si Kecil agar tetap aktif dan sehat, inspirasi kreasi resep sehat berbahan dasar SGM Eksplor Advance+ Soya yang bernutrisi bekerja sama dengan para celebrity chef serta tips-tips praktis untuk  mendukung si Kecil yang alergi susu sapi agar tetap sehat dan nyaman beraktivitas selama di rumah.”

Berhubung Mamiyu sudah follow sosial medianya, Jadi kita udah sempet ikutan Zumba dan memulai membiasakan olahraga setiap harinya biar lebih sehat lagi. Lumayan banget ya, semua kita lakukan didalam rumah saja, karena lihat kelas zumba nya pun melalui online. Praktis banget! Cari sehat gak perlu jauh-jauh dan susah, ini ada yang simple dan praktis. Bunda sekalian boleh banget ikutin cara kami ini ya di rumah masing-masing.

Kadang, kalau denger cerita seorang Bunda dengan pengalamannya bersama anak yang alergi terhadap susu sapi, Mamiyu tuh rasanya seneng banget. Ngerasa punya temen yang senasib. Kayak Mba Natasha Rizky nih. Salah satu anaknya ada yang alergi susu sapi. Mba Natasha Rizky mengatakan, "Sebagai  Bunda yang memiliki anak dengan alergi terhadap protein susu sapi, di masa pandemi ini saya dituntut untuk ekstra tanggap dalam menangani gejala akibat alergi susu sapi. Selain itu, saya sangat memperhatikan asupan nutrisi yang saya berikan kepada anak terutama untuk memastikan anak saya tetap sehat dan gejala yang muncul akibat alerginya berkurang. Kepada para Bunda yang memiliki anak dengan kondisi alergi susu sapi,  tidak perlu  khawatir dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Setelah memberikan anak saya alternatif nutrisi yang tepat, sekarang gejala yang muncul akibat alerginya sudah tidak muncul lagi sehingga dia bisa lebih aktif bermain dan belajar serta tumbuh kembangnya tetap optimal. Saya sangat mengapresiasi SGM Eksplor Advance+ Soya yang terus mengadakan berbagai kegiatan edukasi yang terkait dengan anak alergi susu sapi Rajinsehingga lebih banyak lagi inspirasi untuk Bunda di Indonesia agar menjadi Bunda Tanggap Alergi dengan Gerakan 3K”

Tapi, tidak bisa dipungkiri ya. Mamiyu tetap keluar rumah seperti ke pasar, ke toko beras, belanja keperluan kedai, dan aktivitas lainnya yang tidak dapat dilakukan secara online. Berikut tips nya :
✅ Pastikan badan dalam keadaan fit. Tidak sedang sakit, dan tidak demam.
✅ Hindari kontak jarak dekat dengan orang yang sedang demam atau batuk.
✅ Usahakan tidak mendekat dengan keramaian. Jika sedang posisi antre, jaga jarak paling tidak satu meter.
✅ Rajin mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun atau cairan antiseptic berbahan dasar alkohol.
✅ Tidak lupa memakai masker dan membawa masker cadangan jika berpergian lebih dari 4 jam.
✅ Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut, terutama setelah tangan melakukan kotak dengan benda diluaran.
✅ Membawa peralatan makan sendiri, jika perlu membawa bekal yang dimasak sendiri di rumah.

Kegiatan edukasi nutrisi melalui Pekan Tanggap Alergi Generasi Maju ini melengkapi inovasi dari SGM dalam mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak Indonesia. Nah, Mamiyu cukup sering cari info lainnya melalui website www.generasimaju.co.id/AlergiAnak yang berisi konten edukasi seperti artikel seputar alergi susu sapi si Kecil dan fitur cek alergi online. Apakah Bunda memiliki pengalaman yang sama dengan Mamiyu & Bunda Natasha Rizky? Share yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih