Jumat, 20 Desember 2019

Review Skincare Yang Aman Digunakan Bayi dan Anak

Rasanya udah lumayan lama ya gak ngebahas soal skincare di Blog. Belakangan Teteh Nadaa (6 tahun) udah mulai ikut-ikutan pakai apa yang Mamiyu pakai. Alhasil Ketiga adiknya jadi ikut-ikutan (Zack 4tahun 3bulan, Nadine 2tahun, dan Zee 9 bulan) Walau ujungnya gak semua dikasih sih.

Akhirnya pas lagi ada jadwal Posyandu, kan ada tuh Dokternya dari Puskesmas, Mamiyu tanya aja. Boleh gak sih Bayi dan Anak kecil pakai skincare?




Ternyata Beliau jawab boleh. Tapi gak terlalu spesifik alasannya gimana. Karena masih kurang puas sama jawabannya, Mamiyu kembali bertanya sama Dokter Specialis Anak langganan. Kebetulan emang udah save nomer WA Beliau. hehehe. Kurang lebih seperti ini jawaban Beliau, "Bayi dan anak sangat memerlukan perawatan kulit yang lebih extra, karena kulit mereka lebih sensitif"

Alasan Bayi dan Anak perlu skincare :
✅ Kulit bayi sangat sensitif
✅ Kulit sangat rentan terhadap kerusakan
✅ Kulit mudah kering
✅ Kotor sedikit langsung ruam

DSA kami pun berpesan agar lebih selektif lagi dalam memilik produk skincare buat bayi dan anak. Karena mudah ditemukan dan bisa dibeli (tentunya) tanpa resep Dokter. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit bayi dan anak yang aman untuk kulit si kecil, yaitu :
✅ Memiliki pH (tingkat keasaman) seimbang
✅ non-alkohol
✅ Bebas pewangi. Skincare dengan pH netral dan sedikit pewangi (mild fragrance) akan mengurangi timbulnya alergi pada kulit si kecil
✅ Perhatikan lebih seksama label skincare dalam kemasan
✅ Gunakan sabun yang bebas SLS
✅ Gunakan produk skincare alami
✅ Untuk penggunaan lotion, pastikan lotion bebas DEET (N,N-Diethyl-meta-toluamide)


Foto di both Mustela yang ada di IMBEX 2019


Jumat, 29 November 2019 yang lalu Mamiyu dateng ke IMBEX, lihat talkshow nya Mustela di Active Stage. Talkshow nya tentang "KENALI JENIS KULIT BAYIMU" Pas banget nih, Mamiyu punya empat anak yang beda-beda jenis kulitnya. Kayaknya kalau masalah kulit, emang kita gak bisa milih ya. Karena sudah pemberian Tuhan. Yang penting adalah mengetahui dengan benar, apa jenis kulitnya, jadi gak salah lagi menentukan skincare apa yang akan diberikan pada si kecil.

Fakta Kulit Bayi Baru Lahir Hingga Usia Dua Tahun

✅ Jumlah stem cell (sel punca) pada bayi yang baru lahir jumlahnya sangat banyak. Didapat dari Ibu sewaktu didalam kandungan. Setelah beberapa hari, akan berkurang. Mengakibatkan kulit menjadi menipis namun sistem pertahanan kulitnya belum maksimal. Tapi setelah usia 2 tahun, otomatis akan mampu dan kuat bekerja untuk mempertahankan fungsi dan kerja kulit tersebut.

✅  Memiliki kulit yang sangat sensitif dan sangat rentan terhadap gangguan dari luar seperti cuaca, diapers, buang air kecil, buang air besar, ataupun pakaian yang dikenakan. Hal ini mudah sekali memicu iritasi dan kemerahan.

✅  Kulit menjadi cenderung kering karena kandungan air atau kelembapannya mudah sekali menguap. Untuk itu hindari memandikan bayi dengan air yang terlalu hangat.


Suasana Talkshow Mustela di Active Stage IMBEX 2019


Untuk Mustela sendiri sebenernya Mamiyu udah pakai lama buat anak-anak dan Mamiyu sendiri. Pernah juga ditulis di blog : Review mustela bebe series dan mustela maternity series tapi ternyata di talkshow kemaren, Mustela ada launching produk baru. Sekarang jadi ada empat jenis kulit, yaitu :
✅ Kulit normal
✅ Kulit kering
✅ Kulit sangat sensitif
✅ Kulit Atopik

Nah, di IMBEX 2019 ini, Mustela launching produk khusus buat kulit yang sangat sensitif, yaitu : "VERY SENSITIVE SKIN LIMITED EDITION" yang memiliki tekstur ringan, dan tidak mengandung pewangi. Nanti dibawah di review ya produknya..


Jenis Kulit Normal

Tekstur kulit bayi terasa lembut, lembab dan bersih. Jenis kulit ini sangat mudah untuk dideteksi karena tekstur nya yang halus ketika disentuh.

Untuk jenis kulit normal, Mustela menggunakan Avocado Perseose sebagai salah satu kandungannya. Avocado Perseose merupakan baham aktif yang dipatenkan Mustela. Bahan ini merupakan bahan alami yang telah teruji klinis efektif melindungi kulit dari gangguan lingkungan. Melembabkan dan mendukung pertumbuhan kulit, serta menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi.

Adik Zee (9 bulan) pakai Mustela yang warna biru ini. Karena memiliki jenis kulit normal. Setiap habis mandi, Mamiyu selalu memberikan lotion dan cream ke Adik Zee.. Lembut, wanginya enak dan gak lengket, karena langsung menyerap ke kulit gitu.


Lotion Mustela ini bisa dipakai ke seluruh tubuh (kecuali organ vital) lotionnya gak lengket


Kalau udah pake cream mustela ini, setelah mandi tuh berasa banget segernya, wanginya enak banget


Jenis Kulit Kering

tekstur kulit bayi cenderung kasar, bersisik, dan terkadang mengelupas. Jenis kulit kering dapat muncul karena beberapa faktor seperti genetik, lingkungan yang tidak bersih ataupun penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Selain menggunakan Avocado Perseose, Mustela juga menambahkan Dermo-Nutrition Complex ke dalam varian untuk kulit kering. Fungsinya adalah untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit bayi.

Jenis Kulit Sangat Sensitif

Kulit sangat sensitif ini biasanya paling susah menggunakan sembarang produk. Bahkan untuk sabun mandi sekalipun agak susah. Memang harus menggunakan produk yang di khususkan untuk kulit sensitif. Misalnya, pipi anak langsung kemerahan dan iritasi karena kepanasan, atau sedikit-sedikit kulitnya mudah kemerahan, apa lagi kalau kena biang keringat. Kasian banget lihatnya. Bayi kan gak bisa protes ya, dan gak bisa bilang juga kalau ngerasa sakit/kurang nyaman. Jadi kita sebagai orangtua yang harus lebih peka lagi sama Baby.

Karena kulit itu sudah pemberian dari Tuhan, jika anak diberi anugrah kulit sensitif, maka selamanya akan seperti itu. Jadi kalau ads sebuah produk yang claim kalau produknya itu bisa menyembuhkan kulit sensitif, kita harus waspada yaa.. Karena sebagai Orangtua, kita tinggal merawat dan menjaga kulit anak agar tidak terus menerus kemerahan karena iritasi.


3 Produk Mustela untuk jenis kulit Sensitif


Mustela memiliki 3 rangkaian untuk kulit sensitif, yaitu :

✅  Cleansing Gel (sabun cair)


Untuk sabun cair yang ini beda sama jenis kulit normal. Biasanya Mamiyu pakai yang biru buat anak-anak dirumah. Yang ini tuh hampir tidak ada wanginya. Warna nya juga putih bening. Tapi tetap kesat dipakai ke anak. Gak licin dan mudah untuk dibersihkan.

✅ Moisturizing lotion (lotion untuk tubuh)


tekstur lotion ringan, dan berwarna putih.
Cepat diserap kulit, dan tidak lengket.


Karena Moisturizing lotion ini diperuntukan untuk kulit yang sangat sensitif, jadi memiliki 0% parfum atau Fragrance free. Usapkan Mustela Moisturizing lotion pada pagi dan sore hari sehabis mandi ke seluruh tubuh.

✅ Moisturizing cream (krim untuk wajah)




Mustela Moisturizing Cream diformulasikan secara khusus untuk kulit yang sangat sensitif. Bermanfaat untuk memberikan efek melembabkan dan melembutkan kulit muka bayi. Krim wajah ini juga dapat melindungi, menenangkan dan dapat memperbaiki ketidaknyamanan kulit yang sangat sensitif. Hypoallergenic Product.


Jenis Kulit Atopik

tekstur kulit bayi terasa sangat kering, sering muncul bercak merah, terasa gatal, ada faktor genetik dan umumnya terjadi pertama kali saat bayi berusia 2 bulan hingga 1 tahun.

Untuk jenis kulit ini, Mustela mengeluarkan Stelatopia yang selain menggunakan Avocade Perseose, juga menggunakan Sunflower Oil Distilate yang teruji klinis aman dan efektif untuk merawat kulit atopik. Produk Mustela Stelatopia memperbaiki kerusakan kulit serta mengatasi gatal dan kemerahan. Tidak mengandung parabens, phtalates, phenoxyethanol, alcohol chlorphenesin, essential oils, fragrance, dan pewarna.

Jadi, sebelum menentukan mau kasih skincare untuk Bayi dan Anak, terlebih dahulu mengetahui apa jenis kulit si kecil yaa. Mustela punya semuanya. Cara membedakana juga mudah. Tinggal lihat dari warna kemasannya saja :
✅ Kulit normal dengan kemasan berwarna biru
✅ Kulit kering dengan kemasan berwarna coklat
✅ Kulit sangat kering dengan kemasan berwarna merah
✅ Kulit atopik dengan kemasan berwarna hijau toska

Info lebih lanjut bisa langsung aja follow Sosial Media MUSTELA yaa. Mereka selalu update tentang informasi jenis kulit anak, atau event-event, dan bahkan suka ada kuis-kuisnya, lho! Gak rugi sih follow. Nambah ilmu dan kalau lagi beruntung bisa menang kuisnya. Lumayan hadiahnya buat stok skincare buat anak dirumah.




Website : www.mustela.co.id
Facebook : Mustela Indoensia
Instagram : @mustelaindonesia

11 komentar:

  1. Anakku pakai nih, kulitnya jadi lebih lembut sekarang, anakku memang termasuk kulit yg sensitif, pada kaki pecah2 bahkan sampai luka & mustela terbukti dpt menyembuhkan jg kalau dipakai secara rutin

    BalasHapus
  2. Makin cinta aja sama produk mustela ya mamiyu karena Mustela ada launching produk baru yang sesuai dengan empat jenis kulit kita. Jadi bisa tinggal pilih yg sesuai deh

    BalasHapus
  3. Mustela skin care bisa buat anak juga ya ... Eits kepoin yuk Instagram-nya MUSTELA untuk bisa melihat dan mencari info tentang jenis kulit anak. Dan tentunya event yg akan datang di ignya mustela

    BalasHapus
  4. Rangkaian produk mustela kece² ya mbak.. Ga nolak nih kalo fay dikadoin.. Hahahah..

    Bener banget, kalo kulit emang pemberian Tuhan yang wajib dijaga kesehatannya! Dan Mustela recommended ya mbak.. ❤️

    BalasHapus
  5. Bener mamiyu justru perawatan bayi itu harus lebih ekstra karena kulit mereka lebih sensitif

    BalasHapus
  6. Memang bener ya mom dalam perawatan bayi itu kita ga boleh sembarang pake karena kulit bayi masih sensitif, jadi harus menggunakan produk kaya mustela ini.

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya mom, aq baru tau nih ada skincare khusus utk bayi & anak yg bisa utk kulit sensitif & kering

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu brand Mustela ini Mba, komplit ya untuk semua jenis kulit ada produknya

    BalasHapus
  9. Waktu masih punya baby belum kenal sama brand mustela, tapi nanti kalau udah punya baby lagi pengen pakai mustela, buat bayi harus pakai produk yang aman banget.

    BalasHapus
  10. Brad Mustella sangat aman buat baby, karena kulit baby sangat sensitif jadi perlu skin care yg khusus

    BalasHapus
  11. Baby juga butuh skincare yang aman,mustela pilihan mommy cerdas nih

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih