Minggu, 30 Desember 2018

Anak Aktif itu Indikator Anak SEHAT, Bukan Anak NAKAL! Setuju?

Kali ini Mamiyu mau cerita soal Abang Zack, anak kedua Mamiyu. Umurnya saat ini sudah 3 tahun 3 bulan. Abang ini sering banget dapet cap "anak nakal" dari Kakek & Tante nya. Karena Zack sering membuang barang ke got depan rumah dan sering coret-coret tembok rumah, dan Zack ini sering "ngerusakin" mainannya yang baru dibeli. Hmm.. apa lagi ya? Paling sering dapet perlakuan gak enak dari Sepupunya. Mau itu dia benar/salah, tetap aja gak ada yang bela dia. Yah begitu lah ya Bang, hidup memang butuh perjuangan.


Tinggal satu rumah dengan Orang tua dan Adik emang banyak gak enak nya sih, terutama masalah pengasuhan anak. Sepupu-sepupu Zack setiap hari selalu mendapatkan screentimes tanpa dibatasi. Dari bangun tidur udah nyari HP, gak akan berhenti kalau baterai hpnya habis. Bahkan Hp sedang di charge pun ada kalanya tetap dimainin sama mereka. Paling sering sih nonton youtube. Mamiyu gak mau komentar lebih kenapa mereka diberi kebebasan seperti itu. Yang pasti anak-anak jadi nurut dan gak nakal versi orangtua dan kakeknya.

Beda lagi sama anak-anak Mamiyu. screentimes beneran buat hiburan semata aja. itu pun dibatasi. Mamiyu lebih memilih anak yang aktif bergerak. Kamar berantakan, tembok penuh corat-coret, dan rumah berisik. Yes, Mamiyu lebih suka seperti itu. Rumah kalau sepi, itu tandanya anak-anak lagi sakit, anak aktif bergerak tandanya sehat, gitu aja. Karena aktif merupakan indikator dari seorang anak yang sehat.

Udah biasa banget denger kalau anak-anak Mamiyu dibilang "anak nakal" karena gak bisa diem. Maminya terlalu pelit gak kasih pinjam HPnya buat anak-anak, apa lagi khusus membelikan HP untuk anak-anak, Ohh tentu saja tidak! πŸ˜…

Begitulah kehidupan anak-anak milenial ya. Masih kecil-kecil sudah diperkenalkan sama gadget. Padahal kalau ingat kebelakang, Mamiyu sendiri aja baru punya HP waktu SMA. itu juga gak kayak skarang ya hp nya, sudah lebih berwarna dan segala bisa liat youtube. Jaman dulu mah bisa terima telpon dan sms-an juga udah seneng banget! ditambah maen games ular yang melegenda itu hihihi..

Untuk mengatasi kejenuhan, dan menyalurkan energi nya, Mamiyu sering membiarkan anak-anak bermain diluar rumah. Khususnya buat Abang Zack. Hobby dia main sepeda. Dan sepeda yang dia punya ini gak ada pedal dan remnya. Namanya Balance bike. Sepeda ini Mamiyu beli sebagai Birthday Present nya Abang Zack yang ketiga di akhir bulan September lalu. Seperti biasa ya, ketika Balance bike ini hadir di rumah kami, langsung dapat komentar negatif dari keluarga hahahaha.. Sepeda apa ini? mahal tapi gak ada buat gowesnya. Sepeda jelek banget gak ada pedalnya, dannnn masih banyak komentar komentar negatif lainnya. *benerin jilbab


Apa itu BALANCE BIKE?

Balance bike atau sepeda keseimbangan adalah sepeda roda dua tanpa pedal. Semacam step awal anak untuk belajar bersepeda dengan seimbang. Balance bike dapat dimainkan dengan berjalan, didorong dengan kaki. Karena tidak ada pedal, anak secara natural akan mengangkat kaki mereka dengan menyeimbangkan diri ketika mengendarai balance bike dengan cepat.

Desain balance bike ini ringan, membuat anak menjadi cepat beradaptasi ketika mengendarainya, memudahkan anak untuk belajar keseimbangan dalam menguasai gerakan berbelok, memutar, zigzag, hingga menanjak dan meluncur. Balance bike ini lebih mudah digunakan pada permukaan jalan atau tanah yang tidak rata, mudah digunakan di jalanan berbatu sekalipun.

Anak anak yang mengendarai balance bike dapat melatih keseimbangan motoriknya dan juga kesimbangan pada otak kanan dan otak kiri. Hal ini terjadi karena adanya sinergi dari seluruh aspek indera yang dimiliki anak, koordinasi total antara mata, tangan, kaki dan otak.

Bermain balance bike merupakan sebuah tantangan sendiri buat anak. Anak akan belajar menghadapi rintangan dan rasa sakit seiring jatuh dan bangun selama bersepeda. Anak akan terlatih untuk berani, berhati-hati dan memiliki penguasaan gerak tubuh yang baik.

Tapi ini masih ada yang kurang sebenarnya. Abang masih belum memakai pelindung kepala (helm), pelindung tangan dan sikut dan dengkul. Belum kebeli soalnya hehehe.. Doain aja biar cepet kebeli ya biar Abang lebih aman lagi bermain sepedanya.


Biasanya setelah bangun tidur siang, Abang langsung pakai sepatu dan minta main sepeda diluar. iya, sebelum mandi sore, Abang pasti minta main diluar rumah. Biar gak lemes-lemes banget dan lebih bertenaga, Mamiyu ngebekelin Susu UHT Kids Full Cream INDOMILK.


Kenapa Memilih UHT Kids Full Cream INDOMILK?

UHT Kids Full Cream INDOMILK adalah susu UHT tanpa tambahan gula dan garam, namun tetap tinggi kalsium. Untuk rasa cenderung lebih tawar ya. Abang suka! dan Memang sudah sejak lama, selepas ASI dan Mamiyu hamil Cece Nadine, Abang minum UHT Full cream. Cocok untuk anak diatas 1 tahun. Biasanya beli Indomilk kemasan literan gitu, terus minumnya pakai dot! πŸ€—begitu tau skarang Indomilk keluarin UHT Full Cream kemasan 115ml, ahhh senangnya πŸ’•

Dimasa pertumbuhannya, tentunya Mamiyu masih sangat memperhatikan nutrisi yang masuk. Terlebih Abang ini kan energinya banyak terkuras ya selama aktifitas. Biar gak tekor tubuhnya, selain makanan yang bergizi ya Mamiyu kasih tambahan susu seperti ini. Tapi ya gak asal sembarang susu juga yang Mamiyu kasih.

Mamiyu memilih susu yang mengandung tinggi kalsium, fosfor, & Vitamin D. Serta mengandung sumber Vitamin A, B1 & B6. Bukan anti kasih susu yang ada rasa-rasa nya itu ya, tapi Mamiyu lebih memilih susu full cream yang cenderung tawar. Mamiyu lebih mengurangi porsi gula untuk keluarga. Karena Papa Mamiyu dan Alm. Papa Papino ada riwayat Gula darah. Makanya Mamiyu cukup selektif dalam memilih susu untuk anak-anak. Setidaknya punya harapan, anak tetap dapat minum susu tanpa khawatir menjadi obesitas & giginya menjadi gampang rusak.



Susu ini merupakan variant baru ya, tapi mudah kok untuk mendapatinya. Sudah tersedia di minimarket. Mamiyu biasa stok langsung banyak, beli satu kardus, buat stok kurang lebih selama satu minggu buat Abang sendiri. Ukurannya pas (115ml), gak terlalu banyak, jadi sekali buka bisa langsung habis. Cocok buat anak yang sedang belajar lepas dari dot. Gampang nyapihnya. Kalau minum susu UHT kemasan kayak gini kan tinggal kasih aja ke anaknya. Tinggal sedot, beres. Gak repot cuci-cuci dot, dan sebagainya. Kadang Abang suka minta susu dingin gitu, jadi beberapa kotak sengaja Mamiyu taruh di kulkas, biar Abang bisa ambil sendiri kalau lagi mau minum susu. Pas juga buat Traveling. Praktis dan mudah dibawanya.


Ohya, Indomilk Full Cream sedang mengadakan Blog Competition dengan total hadiah 15juta! Syaratnya :
* Kompetisi ditujukan untuk Moms Blogger usia 25-35 tahun yang memiliki anak usia 2-5tahun
* Menulis 1 blog review tentang indomilk UHT Kids Full Cream di blog pribadi
* Menggunakan foto outdoor yang menarik dengan anak
* Informasikan dan ajak teman untuk join kompetisi ini dengan kalimat menarik di akhir blog

Akan ada pemenang mingguan yang berhak mendapatkan 1 juta rupiah setiap minggunya. Pada akhir periode akan diumumkan 3 pemenang utama dengan hadiah :
* Pemenang 1 = Rp 5 juta
* Pemenang 2 = Rp 3 juta
* Pemenang 3 = Rp 2 juta

Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 20 Desember 2018 - 31 Januari 2019. #IndomilkUHTKidsFullCream #AktifItuSehat

32 komentar:

  1. Anakku juga saat di sapih beralih ke susu indomilk ini mom. Alhamdulilah suka dan rasanya enak nggak terlalu manis... cocok banget deh buat anak2 seusia anak kita ya mom Eva

    BalasHapus
  2. Anak saya jg suka indomilk nih, yang rasa stroberi. Btw itu kompetisinya cm utk momblogger ya . sedih....

    BalasHapus
  3. Setuju banget, anak aktif bukan anak nakal. Jadi pengen susu uht indomilk nya nih

    BalasHapus
  4. Wah sepedanya lucu ya, terbuat dr kayu gitu. Baru tau ada sepeda beginian. Biasanya mainan dr plastik aja

    BalasHapus
  5. Setuju banget lagi pula mana ada anak nakal yang ada adalah anak yang harus dipahami sama orang tuanya hahaha

    BalasHapus
  6. Setuju kakak, anak aktif itu sehat, apa yang orangtua ucapkan tentang anak itu doa lho, jadi sebagai orangtua juga harus memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya.. InshaAllah anak aktif itu anak yang sehat, karena anak yang kurang sehat biasanya lemes ka.. nah itu indikatornya

    BalasHapus
  7. Wah saya baru tau ada balance bike...kelima anak sy ga ada yg diperkenalkan pd balance bike...aku kudet banget yah...hahaha...

    BalasHapus
  8. Aku salfok sama sepeda yang dipakai Zack. Lucu dan artistik karena pakai kayu. Hmmm, Mamiyu keren banget deh karena punya pemikiran positif terhadap tumbuh kembang si Zack. inspiratif.

    BalasHapus
  9. Setuju banget. Sayang ya di kita masih banyak yang bilang gitu. Anak aktif = anak nakal. Anakku yang ke-3 aktif banget. Banyak yang bilang gitu. Padahal, dari aktifnya justru dia banyak berimajinasi. Aku sih biarin aja selama gak bahaya. Aku malah support. Baik beruba dukungan motivasi, arahan, mau pun nutrisi. Biar lebih bisa optimal

    BalasHapus
  10. Benar bangat Mba, bawah anak aktif itu bukan anak nakal, justru anak aktif itu anak cerdas.

    Duuh bang Zack itu sepedanya keren sih, lucuuu hehehe

    BalasHapus
  11. Anakku pun sama mbaak, tiada kata diam lah pokoknya. Rumah selalu berantakan, tembok penuh lukisan abstrak. Jangankan mainan, pintu kamar,pintu lemari, pintuk rak dapur, rusak semuaaa hahahahahaa. Tapi alhamdulillahnya mamaku ga pernah bilang anakku nakal, meski kami satu rumah. Malahan si nenek suka komplen kalau pas anakku lg main hapenya kelamaan, jadi malah ngingetin aku anak jangan dibiarin main gadget lama-lama. Whahahahaa jadi curhat nih. Btw balance bike udah telat belum ya untuk anak 4 tahun?

    BalasHapus
  12. Yup, setuju..anak aktif itu tanda anak sehat

    BalasHapus
  13. Setuju Mom... anak aktif harus bisa diarahkan orang tua untuk kreatif dan melakukan aktifitas yang berguna untuk tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  14. Mba anaknya ko ngegemesin banget. Boleh ijin nyubitin pipinya ga :D
    saya setuju, justru kasihan sama anak yg selalu di jejali dgn gadget. Perkembangan motoriknya bahkan bisa berkurang

    BalasHapus
  15. Sepedanya abang Zack keren deh. Abang Zack ini emang aktif ya Mamiyu, terakhir lihat di paskal aktif kesana kemari hihihi. Sehat terus yaa, susunya samaan nih iyas juga lagi suka indomilk full cream ini

    BalasHapus
  16. Sangat setuju mom, orang tua harus siap untuk selalu ada dan mendampingi anak yang aktif, agar anak merasa diperhatikan.
    Saya koq naksir sama sepedanya ya, unik buat si kecil nih...hihiii

    BalasHapus
  17. Keponakanku juga gitu. Aktif banget dan usil banget. Suka corat coret di tembok. Wah, lomba blognya hanya untuk mom blogger ya. Apa daya aku belum menjadi mom blogger jadi belum bisa ikutan.

    BalasHapus
  18. Tapi sayangnya masih ada aja yang bilang anak itu nakal padahal ga ya mba, duh itu sepedanya unik banget

    Btw anakku juga suka UHT indomilk stroberi jadi pengen ikutan deh kompeteisinya hehehe

    BalasHapus
  19. Betul, anak aktif itu sehat. Gak ada anak nakal, yang ada hanya orang tua yg yang belum tau cara hadapi anak aktif kreatif. Btw, indomilk ini legend banget ya dari jaman aku kecil sampai punya anak kecil terus ada, memang enak sih rasanya.

    BalasHapus
  20. Kasian ya abang Zack masih kecil udah dicap nakal. Semoga dimudahkan juga ya buat mamiyu dalam membersamai abang zack 😘. Ngomong-ngomong aku baru tahu lho ada lomba susu indomilk ini. Kbtulan erysha suka uht indomilk juga.

    BalasHapus
  21. Setuju sol screentimes Moms, walau si bayi nsh setahunan tp sebisa mgk aku jauhkan dr paparan smrtphone hehe. Ntw boleh nih rekomendasj balance bike nya, dlu smpt heran sepeda mom ga ada pedal? Ternyata balance bike toh hehe.

    BalasHapus
  22. Bener banget nig Mamiyu, gapapa lah rumah berantakan karena anak lagi eksplorasi. Ada waktunya nanti rumah bakalan rapi krna mereka sudah besar ya. Sehat selalu Bang Zack, manti adik nafeesa boleh ya pinjem balance bike nya? Hehe

    BalasHapus
  23. Duh Abang Jack, tante boleh pinjem sepedanya enggak ..bagus bangets itu sepeda.
    Setuju banget kalau anak aktif itu sehat dan Mamiyu keren nih tentang pengasuhan perihal gadgetnya. Karena memang kontrol ada di tangan orang tua. Lebih baik tegas pada anak untuk kebaikan mereka kini dan nanti.
    Oh ya susunya si Abang Jack sama dengan susu kakak di rumah nih. Indomilk UHT Full Cream memang kesukaan anak-anak :)

    BalasHapus
  24. seuju banget mom, anak aktif itu tandanya otaknya sangat berkembang dan banyak ledakan di kepalanya. makanya harus terus diarahkn agar tumbuh baik dengan stimulasi dan asupan gizi seperti indomilk uht ini ya mom.

    BalasHapus
  25. Aku suka nih judulnya. Kadang orang berpikiran kalau anak aktif pasti di justice anak nakal. Padahal salah total. Kalau anak diam-diam aja malah bingung ya mba.

    BalasHapus
  26. Aku juga lebih suka kasih anak2 susu yg plain. Kalau terlalu banyak gula mereka jadi sugar rush. Kebanyakan kalori kali yaaa hahaha

    BalasHapus
  27. Abang yang unyu-unyu dengerin Aunty yah, bahwa kamu kan aktif dan cerdas, suka pula naik sepeda, coba deh pakai pelindung kepala, biar makin ganteng 😍

    BalasHapus
  28. Setuju mamiyu.. terkadang anak aktif bukan berarti nakal. Kita sebagai orang tua harus bisa membantu menyalurkan perhatian si anak pada sesuatu yg bersifat aktivitas fisik, daripada cuma main gadget aja..

    BalasHapus
  29. Paling demen kalau lihat anak-anak aktif sesuai dengan apa yang mereka suka, sebagai orang tua kita harus tetap mendukung apa yang ia lakukan dalam perkembangannya. Teringat zaman ngasih uht anakku dulu, aku masukkan si susu Indomilk ini kedalam dot.

    BalasHapus
  30. Asyek naik balance bike. Udah pernah ikutan lomba2 gtu blm? hehe. Yaa ibuknya mesti sabar2 ya jelasin kalau anak aktif gtu.
    Eh susu yang diminum kyk yang diminum anak2ku, Indomilk Full Cream, rasanya emang enak ya, kerasa banget kyk susu segar :D

    BalasHapus
  31. Setujuuuu. Lebih baik anak aktif daripada anak yang anteng karena gadget. Anw balance bike ini bisa dari umur berapa ya mbak? Anw Rio belum nyobain nih indomilk yang rasa ini.

    BalasHapus
  32. Wah balance bikenya bagus nih Bang. Memang anak aktif gini harus dikasih main di luar naik sepeda yaa...

    BalasHapus

Mohon maaf, komentarnya dimoderasi dulu yaa.. ^_^
Buat teman-teman yang menulis komentar dengan disertakan link hidup atau berbau pornografi dan situs judi online, langsung Mamiyu hempaskan loh ya! Bhayy~
Terima kasih